Senin, 07 Juni 2010

Pasaran Biaya Jasa Pengacara Untuk Perkara Perceraian

Sesungguhnya pengacara tidak boleh mengiklankan dirinya di suatu media massa, baik di koran, majalah, tv dan sejenisnya. Hal tersebut melanggar kode etik profesionalisme kepengacaraan. Namun dalam rubrik ini perlu dikemukakan biaya pasaran penggunaan jasa pengacara untuk perkara perceraian. Dianggap perlu diinformasikan berapa biaya pengacara perceraian karena pada umumnya orang yg menghadapi perkara perceraian ingin menggunakan jasa pengacara namun sering terkendala akan tingginya biaya jasa pengacara.

Jasa pengacara relatif lumayan mahal bagi orang yg berbudget minim karena jasa pengacara bisa 10 kali lipat lebih dari biaya pendaftaran perkara gugatan di pengadilan. Kenapa biaya jasa pengacara mahal? Karena mereka adalah pakar dalam bidangnya dan umumnya bekerja secara kelompok (team).

Berikut pasaran biaya jasa pengacara untuk menangani perkara perceraian:

  • Pasaran biaya jasa pengacara yg dianggap murah = Rp 5jt

Bagi pengacara yg mematok tarif jasa kisaran harga 5jt, maka harga tersebut tergolong murah, namun umumnya harga tersebut akan terbatas pada ruang lingkup pekerjaannya. Umumnya harga Rp 5jt murni hanya untuk biaya jasa pengacaranya saja, belum termasuk biaya pendaftaran gugatan dan biaya-biaya lain yg dikenakan di pengadilan.

  • Pasaran biaya jasa pengacara "midle/menengah" = Rp 8-10jt

Jasa pengacara kisaran harga tersebut cukup lumayan, tergantung dari tingkat kesulitan perkaranya. Jikalau banyak penuntutan/permintaan dalam perkaranya (perkara tergolong rumit) maka harga tersebut tergolong wajar.

  • Pasaran biaya jasa pengacara di atas Rp 15jt

Biaya jasa diatas Rp 15jt umumnya syarat dengan unsur kesulitan perkara yg tinggi, seperti: salah satu pihak tidak mau bercerai+perebutan hak asuh anak+pembuktian zinah/perselingkuhan+perebutan harta gono-gini+pembuktian kepemilikan harta+kesepakatan diluar pengadilan+perjanjian diluar pengadilan, dllnya

Biaya-biaya tersebut di atas merupakan harga patokan saja, karena tentunya setiap kantor pengacara mempunyai standard tarif yg berbeda-beda. Bahkan terkadang penggunaan jasa pengacara di zaman sekarang sudah seperti membeli baju ber-merk.

Selain itu, perlu diketahui dan dimengerti bahwa suatu jasa pengacara umumnya ditentukan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:

  • Biaya gaji para pegawainya
  • Biaya operasional kantornya (sewa kantor, kertas, tinta, printer, listrik, pulsa, dll)
  • Biaya transport. Jika pengadilan yg memproses perkara cerai jaraknya jauh dari kantor si pengacara maka tentu pengaruh terhadap biaya tranportasinya, mengingat si pengacara akan sering bolak-balik sampai 10 kali sidang ke pengadilan...lumayan kan biaya bensinnya?
  • Waktu & tenaga si pengacara. Pergi bersidang tentunya memakan waktu berjam-jam, bahkan umumnya disaat ia pergi bersidang waktunya akan habis 1 hari penuh hanya untuk kepengurusan 1 sidang perkara cerai. Selain itu perlu diingat bahwa 1 perkara cerai umumnya dilalui 8-10 kali tahapan sidang. Dan 1 proses perkara cerai umunya selesai dalam waktu 4-5 bulan. Jadi dapat dibayangkan terhadap jasa pengacara yg Rp 15jt itu diperuntukkan untuk pengerjaan 4-5 bulan, tentu bukanlah sekali bayar lalu langsung perkara selesai seperti kita membeli emas di toko emas...Tidaklah seperti itu pekerjaan pengacara. Dibutuhkan rencana dan ketelitian yg tinggi dalam menghadapi suatu perkara perceraian.
  • Ilmu. Para pengacara adalah para profesional murni yg (seharusnya) handal dan pakar pada bidangnya tersebut. Oleh sebab itu jika suatu perkara cerai ditangani oleh pengacara maka selayaknya-lah si pengacara memberikan servis dan strategy perkara yg terbaik bagi klien-nya. Suatu ilmu tentu tidak dapat dihargai dengan apapun apalagi dengan uang, ilmu merupakan bekal dan modal yg dicapai oleh seseorang yg mana bekal dan modal tersebut dapat dipergunakan untuk menghidupi kehidupannya...itulah seorang profesional

Adapun saran saya untuk menyewa (meng-hire) pengacara, yg utama dan terpenting adalah carilah pengacara yg spesialis pada satu bidang hukum. Ingat! bidang hukum itu sangat banyak, sama halnya seperti kedokteran, ada bidang internist, THT, syaraf, gigi, mata dll, oleh karenanya ada dokter spesialis internist, THT, syaraf dll-nya. Begitupun dalam dunia ke-pengacaraan, ada pengacara saham, pengacara pajak, pengacara perusahaan, dll.

Dalam masalah perceraian maka carilah pengacara yg menguasai hukum keluarga atau perceraian.

414 komentar:

  1. Saya menikah secara KATOLIK di gereja. Apakah bisa bercerai?

    BalasHapus
  2. Yth Ale,
    ya! tentu anda dapat bercerai yg mana diproses di pengadilan negeri berwenang.
    Demikian pak, trimakasih, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. mau tanya pak, kalau misalkan suami istri akan bercerai secara baik2 karena sering cekcok, mereka beragama Buddha. posisi si istri & anak2 ada di bekasi dan suami ada di jakbar. yg saya mau tanyakan adalah :
    1. kalau sidang ingin diadakan di pengadilan jakbar, siapa yg harus menggugat?
    2. jika suami meninggalkan rumah selama 6 bulan, apakah merupakan alasan yg kuat utk digugat?
    3. bagaimana dgn hak asuh anak, jika anak berumur 10 & 9 th?
    4. bagaimana dgn harta gono gini, bisa diputuskan sekalian dengan perkara cerai?
    5. saksi2 yg harus dihadirkan, dari anggota keluarga atau dari luar?
    6. kalau si istri yg menggugat jika suami dari pertama kali sidang tidak hadir sama sekali, bagaimana putusannya?
    7. yg saya dengar sidang bisa 11 kali, apa bisa dipersingkat? bagaimana caranya?
    terima kasih sebelumnya, pak.

    BalasHapus
  4. Baik, saya lgsung mnjawab prtanyaan ibu:
    jawab:
    1. pengadilan yg brwenang mengadili prkara cerai di pengadilan negri (pn) adlh pn yg sesuai alamat tmpat tinggal si trgugat, jadi kalo suami anda di Jak-Bar, maka yg hrs mgugat = si istri.
    2. ya.
    3. sebaiknya disepakati dulu brsama-sama, namun umumnya si ibu yg mndapatkan hak asuh anak.
    4. dipisah bu, terlebih dulu ada putusan cerainya, baru dpt ajukan lg gugatan gono-gini.
    5. sebaiknya dari keluarga.
    6. verstek, sidang tetap dilaksanakan tanpa kehadiran tergugat, putusannya tetaplah syah.
    7. dimungkinkan mnjadi singkat jika dalam proses persidangan tidak ada bantahan atau sanggahan dari para pihak, tidak ada perebutan hak asuh anak, para pihak menyatakan s7 brcerai. Atau dgn cara verstek.
    Demikian jawabannya, mudah2xan brmanfaat.

    BalasHapus
  5. jika kedua surat nikah ada bersama istri. apa modal suami u/ menceraikan istrinya...
    pernikahan baru seumur jagung... namun sudah banyak ketidak cocokan.... sering terjadi percekcokkan dan perkelahian.......
    mohon pencerahan....

    BalasHapus
  6. Dalam hal ini, anda HARUS mendapatkan srt nikah tresebut krn srt nikah merupakan syarat utama mngajukan gugatan cerai.
    Prnikahan baru seumur jagung tentunya bukan berarti tidak bisa bcerai, namun sebaiknya sebelum mengajukan gugatan cerai, adakan prtemuan keluarga & menggunakan jasa konsultan prkawinan trlebih dahulu.
    Demikian terimakasih.

    BalasHapus
  7. Teman saya bekerja di Surabaya smeentara istri dan keluarga tinggal di Kupang. Ketika menceraikan istrinya, ia bisa proses perceraian di PA Surabaya melalui bantuan pengacara. Proses perceraian bisa selesai hanya dalam sebulan.

    Apakah di Jakarta bisa demikian juga? Saya bermaksud mengurus perceraian saya di PA Jakarta, smentara istri dan anak di Jawa Tengah. Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  8. Yth Bapak, saya sangat meragukan proses cerai teman bapak tersebut, jika benar demikian maka kemungkinan perceraian trsebut dilakukan tanpa sepengetahuan istrinya, yakni dgn cara verstek.
    Tentang permasalahan bapak, maka secara hukum utk bercerai di PA Jkt tidaklah dibenarkan krn sesuai dgn aturan UU dimana utk yg beragama Islam maka pengadilan yg brwenang mproses pkara cerai adlh PA yg sesuai wilayah hukum alamat si istri saat ini.

    BalasHapus
  9. Jika kedua pihak, suami dan istri, sepakat untuk bercerai. Jalur yang ditempuh adalah suami melakukan cerai talak. Kedua pihak mewakilkan kepada pengacara. Apakah proses di PA tetap harus sesuai prosedur hingga 9 x persidangan? Ataukah bisa dipersingkat? Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Ya, secara praktik-nya memang dpt dipersingkat, umumnya jadi hanya 3 kali sidang = sid. pmbacaan gugatan, sid pembuktian/saksi dan sid. putusan.

    BalasHapus
  11. jika kedua belah pihak menikah diktr catatan sipil di LN bersepakat utk bercerai dimana suami pendatang dr negara lain (skrg sdh balik ke negaranya) non muslim, sdgkan istri muslim masih tinggal di LN, jika bercerai diPN di jakarta apakah memungkinkan? bs diwakili oleh pihak keluarga istri atau pengacara? proses perceraiannya bs di persingkat? dan kira2 brp biaya perceraiannya?trima kasih

    BalasHapus
  12. Yth Bapak/Ibu, maaf keterangan anda kurang jelas, jadi dulu mereka ini menikah secara muslim atau non-muslim? dan apakah perkawinannya sudah didaftarkan di ktr catatan sipil di Indonenesia? kalo sudah maka pceraian dilakukan di Indonesia, usahakan si penggugat pulang dulu ke Indonesia dan ya, bisa diwakili oleh pengacara tp tdk bisa diwakili oleh keluarganya. Utk respon slanjutnya usahakan email saya di konsultasiperceraian@gmail.com. Terimakasih.

    BalasHapus
  13. Saya menikah dengan suami saya British Citizen tercatat di KUA Jakarta Selatan secara muslim dan Inggris,..anak kami 10thn dual citizen,..! Bagaimana proses perceraian yang mudah utk saya krn saya ingin anak ikut saya dan tetap dalam pembiayaan dari Ayahnya?
    terima kasih

    BalasHapus
  14. - Usahakan cerai di jkt, luangkanlah wkt anda utk urus prceraian krn memang tdk bisa diwakilkan anggota kel. yg lain;
    - usahakan diproses di pengadilan agama (PA) ditempat daerah anda tinggal;
    - utk maslh hak asuh anak dan nafkahnya, tak perlu khawatir krn salah satu akibta cerai adlh: hak asuh anak kmungkinan besar akan didapatkan si ibu, dan utk nafkahnya si mantan suami tetap wajib mbiayai anak2x smpai anak2x dewasa/mnikah.

    Demikian, smoga brkenan&brmanfaat

    BalasHapus
  15. Kalau sudah sampai PK tapi masih belum berhasil (istri tidak mau tanda tangan), padahal suami sudah meninggalkan rumah selama 5 tahun, apakah masih ada kans untuk cerai? Terimakasih.

    BalasHapus
  16. Yth Bapak/Ibu
    perlu saya informasikan bahwa perkara perceraian jarangterjadi PK, dan mengenai tandatangan istri perlu saya informasikan lagi bahwa proses perceraian di pengadilan sama sekali tidak memerlukan persetujuan/tandatangan si istri maupun si suami, oleh karenanya pengadilanlah yg menentukan dan memutuskan perceraian tersebut.

    BalasHapus
  17. Mohon penjelasan mengenai pengadilan yg berwewenang memproses perceraian untuk non muslim, apakah harus dimana istri tinggal atau boleh dengan tempat dimana perkawinan diadakan? Apakah hasil putusan verstek itu sah?

    BalasHapus
  18. Yth anda,
    bagi yg muslim maka utk pceraian maka pengadilan agama (PA) yg brwenang adalh PA sesuai di wilayah tampat tinggal saat ini si istri, jadi bukan PA sesuai dimana kalian menikah dulu, lain soal jika tmpat tinggal istri saat ini kbetulan di wilayah tempat kalian menikah dulu.
    Jadi kalo saat ini si istri tinggal di Tebet (jaksel) maka PA yg brwenang adalh PA Jaksel, kcuali jika istri tidak diketahui keberadaannya maka PA brwenang adlh PA sesuai wil si suami (penggugat).
    Verstek, jika tenggat waktu utk mengajukan kberatan atas adanya putusan verstek terlampaui maka putusan verstek ya syah!

    BalasHapus
  19. Mohon penjelasannya, saya menikah & tinggal di wil.Jaksel, kalau saya ingin menggugat cerai suami saya yang saat ini tidak tahu dimana dia tinggal, tetapi saya tahu alamat orang tuanya di Jawa Timur, saya mengajukan gugatannya ke PN Jaksel atau mesti PN di Jatim sana ya?

    BalasHapus
  20. Yth Ibu, jika ibu benar2x tidak tau alamat si suami maka pengadilan yg berwenang adalah sesuai di wil tempat tinggal ibu saat ini (Jak-Sel).

    BalasHapus
  21. saya ingin secepatnya bercerai tapi suami tidak mau mengurus perceraian dengan alasan sibuk jadi saya yang akan menggugat cerai.masalahnya saya masih 28tahun dengan anak 2 dan tidak mengerti masalah seperti ini.sudah hampir 2 bulan kami pisah rumah dan selama itu pula suami tidak ada usaha untuk memberi nafkah khususnya tuk anak-anaknya semua kebutuhan anak dari orantua saya karena saya pun belom bekerja.sampai detik ini pun sama sekali tidak pernah menghubungi anaknya.pertanyaan saya apa bisa anak di asuh saya biarpun saya belom bekerja dan saya yang menggugat cerai apa urusannya tidak akan susah seandainya suami menginginkan anak di asuh dia pas di sidang gimana.

    BalasHapus
  22. Yth Ibu, jawaban dari pertanyaan ibu: saya spenuhnya optimis yg akanmendapatkan hak asuh anak tetaplah anda (istri). Dlm kompilasi Hukum Islam diatur jelas bahwa jika trjadi pceraian maka anak yg belum mumayiz akan dipelihara oleh ibunya. Walaupun si istri tak bekerja maka si anak wajib dipelihara ibunya, dan seharusnya si bapaklah yg memberikan nafkahnya sampai mereka dewasa.
    Jika seorang istri yg mengajukan gugatan cerai maka tentunya proses sidang lebih mudah dan lebih cepat dibanding seorang suami yg ajukan gugatan.
    Biarpun dlmproses sidang suami mnghendaki hak asuh anak maka tetaplah si ibu yg kmungknan besar mndapatkannya.

    Demikian bu, mudah2an brmanfaat.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  23. Saya menginginkan perceraian, karena ketidakcocokan, tp suami tidak. Sudah pisah rumah 2 tahun, suami tidak menafkahi(hy trkadang suami memberi uang jajan u anak. Anak hy 1, dan sekarang ini bersama saya ikut dg orangtua saya.Sudah saya bicarakan mslh perceraian ini tp selalu ditolak dg alasan kita ber2 tidak ada masalah, hanya perlu cooling down saja. Sebagai org awam dlm hal ini, apa yg harus saya lakukan agar kami dapat bercerai. Perlu diketahui, surat nikah dipegang oleh suami dan tidak diperkenankan saya u melihat.

    BalasHapus
  24. Yg harus ibu lakukan adlah mngajukan gugatan cerai di pengadilan brwenang. Dgn adanya bukti bhwa ibu dan suami sudah pisah slama 2 th adlah mrupakan poin penting akan dikabulkannya pceraian oleh hakim.
    Mngenai tidak dipegangnya srt nikah, saya ada cara utk mndapatkan srt nikah trsebut namun sbaiknya ibu mngirim email ke almat email pribadi saya di: ahp_law@yahoo.com.
    Demikian, terimakasih.

    BalasHapus
  25. Jika anak masih umur 3 tahun (untuk non muslim) juga pasti akan diasuh oleh ibunya?
    Bagaimana jika istri tidak mau cerai?

    BalasHapus
  26. 99% kmungkinan hak asuh anak akan jatuh ke ibunya, ya! hak asuh anak bisa pindah ke bapaknya jika si ibu terjerat tindak hukum pidana/masuk pnjara, trbukti narkoba dsb.
    Jika istri tak mau cerai, ya harus mbuktikan dimuka prsidangan bahwa hubungan suami-istri tidak ada masalah, mudah2xan dgn dmikian hakim dpt brsimpati trhadap si istri.
    Demikian, terimakasih.

    BalasHapus
  27. saya sedang proses pisah rumah dr suami sekitar 1 bulanan dan berencana gugat cerai suami karena hal-hal tertentu seperti perilaku dia yg selingkuh dg wanita panggilan,permasalahannya, ktp saya sedang ada di suami namun surat nikah ada pada saya dan suami menolak cerai dari saya. apa bisa saya mengajukan gugat cerai? dan berapa waktu yg diperlukan untuk memperkuat bahwa saya tdk lagi mendapat nafkah lahir dan batin?

    BalasHapus
  28. Bagi yang mengalami kesulitan rumah tangga, sebelum bercerai sebaiknya konsultasikan dulu segala sesuatunya di BP4 (bagi yang muslim)atau juga dapat langsung ke Pengadilan Agama setempat. Menurut pengalaman saya tidak ada yg sulit2 amat kalau kita mengetahui prosedurnya. Ingat asas peradilan yang diamanatkan peraturan perundang-undangan adalah : CEPAT, SEDERHANA DAN BIAYA RINGAN.

    BalasHapus
  29. kalau sidang perceraian yang paling cepat berapa lama ya???
    lalu biaya pengacara dan lainnya sampai selesai sekitar berapa kalau suami yang mengajukan??
    saya tergolong orang yang pas-pasan.
    trims..
    mhon jawabannya

    BalasHapus
  30. Paling cepat bisa 2-3 bulan (trgantung tingkat ksulitan prkaranya).
    Utk biaya pengacara, setiap pengacara mpunyai kriteria menentukan biaya pengacara. Kami tak brsedia mbicarakannya di forum ini, sbaiknya email ke kami saja.
    Demikian, smoga brmanfaat.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  31. Yth. Pengacara Perceraian..
    Sy mau tanya, jika seseorang membutuhkan dukungan pengacara namun tdk sanggup membyar jasa tsb bagaimana? terima kasih

    BalasHapus
  32. jika demikian maka tergantung dari kebijaksaan si pengacara tersebut, apakah dia bersedia membantu klien-nya secara prodeo.

    BalasHapus
  33. Apakah sidang perceraian dpt dilaksanakan dimana salah satu pasangan tidak hadir, dalam hal ini diwakilkan kpd pengacara?

    BalasHapus
  34. Utk sidang pertama (sidang pmbacaan gugatan) dan mediasi, tdk dpt diwakilkan pengacara. Oleh sebab itu jika pada acara sidang trsebut si principal tidak hadir maka majelis hakim akan menunda sidang, walaupun diwakili si pengacaranya.

    BalasHapus
  35. untuk bahan mengajukan perceraian apa saja? Rumah tangga dah berantem trs, tp kan kl hakim tanya bukti apa yg kita ajukan.

    BalasHapus
  36. srt gugatan, akta perkawinan, akta kelahiran anak, ktp, kk dan bukti2x tambahan lain.

    BalasHapus
  37. Saya ingin meminta masukan atas masalah yang saya hadapi.
    Saya menikah di australia dengan warga negara indonesia yang sudah menjadi PR di australia pada november 2007.Kami berdua beragama kristen.
    Dan pada waktu itu saya tidak mendaftar ke kbri setempat. Sekarang saya dan suami sudah berpisah sudah 5 bulan karena kekerasan rumah tangga. Dan saya kembali ke indonesia.
    Apakah ada cara untuk bercerai lewat hukum di indonesia? Bagaimana kalau suami saya tidak mau menceraikan saya? apakah masih di proses?

    Terima kasih

    BalasHapus
  38. Yth Ibu;
    mnurut saya, perkawinan ibu coba dicatatkan dulu di ktr catatan sipil di Indonesia, dgn dmikian ibu bari dpt mproses pceraiannya di Indonesia.

    BalasHapus
  39. apakah bisa mengurus pencatatan tersebut di bantu dengan pengacara? untuk proses perceraian, suami tidak mau menceraikan, apa masih bisa saya mengajukannya sendiri? terima kasih

    BalasHapus
  40. Yth,

    Saya sudah pisah rumah dengan istri saya kurang lebih 4 bulan, istri saya melakukan perselingkuhan sebanyak 3 kali, salah satunya pengakuan dari istri saya sendiri, dan perselingkuhan yang lainnya ketawan oleh saya, dan istri saya juga tidak taat lagi kepada saya, saya ingin menggugat cerai istri saya, karena perbuatannya sudah melampaui batas, yang jadi masalahnya bagi saya untuk melangkah kedalam perceraian adalah dimana, saya mempunyai anak laki laki yang berusia 2 tahun, semenjak pisah ia berada dengan keluarga istri saya, saya berencana ingin mengambil hak asuh terhadap anak saya itu, di karenakan di dalam lingkungan keluarga istri saya ada salah satu om dari istri saya itu punya kelainan(suka sesama/homo), mereka belum menikah dan berkumpul sesama teman laki2 sudah cukup lama sekali dalam satu rumah, kebetulan rumah mereka berdekatan dengan rumah istri saya, dan sepasang laki2 itu sangat menyayangi anak saya, sampai sering di bawa nginap dirumahnya, ini juga termasuk salah satu masalah dalam rumah tangga saya, karena mereka seolah olah ingin merebut hak saya terdapap anak saya, bagaimana caranya saya mendapatkan hak asuh terhadap anak saya, karena saya takut sekali anak saya dapat terpengaruh oleh penyakit itu, karena dulu adek ipar saya waktu masih duduk di bangku kelas 3 SD, pernah menangis dan mengadu kepada ibu mertua saya, kalau adik ipar saya itu pernah di pegang pegang oleh teman laki2 om saya, ini yang saya takutkan dan juga dari pengetahuan agama keluarga istri saya sangatlah kurang, saya mohon bantuannya pengacara bagaimana jalannya untuk mendapatkan hak asuh anak saya tersebut, karena saya khawatir dengan lingkungan keluarga istri saya. Saya butuh pengacara yang dapat membantu masalah saya ini.

    Atas perhatiannya saya ucapkan,

    Terima Kasih,
    Harry

    BalasHapus
  41. Yth Bapak,
    sy sangat prihatin terhadap masalah yg bapak hadapi, sy dpt mbantu bapak, silahkan email saya di:
    ahp_law@yahoo.com atau di ahplawyers@gmail.com
    Nanti sy bisa respon permasalahan yg telah bapak tulis di atas, krn sy khawatir trllau vulgar utk mrespon masalah bapak di blog ini.
    dan, nanti email sy itupun dpt sy mberikan alamat dan no hp sy jiuka bapak memerlukan jasa sy.
    Ditunggu dan trimakasih atas kpercayaan bapak.

    BalasHapus
  42. Bagaimana proses pembayaran jasa pengacara? Apakah biasanya bisa dibuatkan termin, 50% di depan, dan 50% kemudian? Atau selalu harus dibayar di muka?

    BalasHapus
  43. Dlm hal tersebut di atas, sebaiknya ditanyakan via email ya pak/bu, bisa mlalui:
    konsultasiperceraian@gmail.com
    terimakasih.

    BalasHapus
  44. saya membutuhkan jasa pengacara untuk membantu menyelesaikan perkara gugatan terhadap suami. Bisakan saya diberikan referensi jasa pengacara di wilayah Yogyakarta ?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  45. Saya membutuhkan jasa pengacara untuk mendapatkan advis hukum dan membantu menggugat cerai suami saya dan mendapatkan hak asuh anak-anak saya. Bisakah saya diberikan referensi pengacara yang berdomisili di kota Jambi? Terima kasih.

    BalasHapus
  46. LAW OFFICE ARI PRATOMO & Associates

    Hp : 081540901422

    web site : www.aripratomo.com

    BalasHapus
  47. kalau untuk proses perceraian di makassar, ada saran rekan pengacara yang bisa kita percaya. mengingat saya pernah trauma dengan oknum pengacara yang nakal. bisa disarankan yang ideal? terima kasih. serta biayanya berkisar berapa yah pak? kalau saya tidak mampu membayar, apa yang saya harus lakukan? nelly

    BalasHapus
  48. Yth bapak/ibu;
    Maaf blm bs kasih rekomendasi pengacara di Makasar. Biaya pengacata biasanya ditentukan dari tingkat ksulitan perkara, jadi agak sulit utk mprediksinya, tergantung juga dari nama besar seseorang/ktr pengacaranya.
    Sbaiknya anda lgsung dtg ke pengadilan di Makasar saja, disana pasti ada ruangan/bagian ktr lembaga bantuan hukumnya [LBH], saya yakin mereka bisa membantu anda.

    BalasHapus
  49. bagaimana kalau tidak hadir dlm sidang tapi hanya bisa lewat surat tertulis dan ditujukan kesiapa

    BalasHapus
  50. dtujukan kpd ktua pengadilannya bu/pak

    BalasHapus
  51. Saya menikah 5 thn yll dan tercatat d catatan sipil jakpus, tp skr sy dan suami tinggal d bekasi, ingin mengurus perceraian, bagaimanakah caranya dan apa syarat2nya, kami dulu menikah d gereja kristen, apakah saya harus datang k kantor catatan sipil bekasi..? dan di mana alamatnya..? mohon bantuannya..terima kasih..

    BalasHapus
  52. saya udah lm pisah dngn istri sekitar 8 thn ,dn sekarang saya bekerja d usa smntara istri pergi ke hongkong ttp km jarang sekali melakukan kontak . apakah sy bisa melakukan proses perceraian jk saya msh d usa!! dan apakah kendala2 yg mungkin d hdpi jk melakukan proses cerai

    BalasHapus
  53. Utk Anonim 5 Jan:
    awalnya tentukan dulu siapa yg menjadi pgugat dan yg mnjadi tgugat.
    Lalu bagi pgugat, buatlah srt gugatan dan daftarkan ke PN yg sesuai wilayah/domisil si tgugat [spertinya di PN Bekasi].
    Siapkan berkas2x: akta perkawinan, akta lahir anak2x, ktp, kk & 2 orag saksi.

    Utk Anonim 6 Jan:
    bisa, namun prosesnya akan sulit dan panjang skali krn harus berkenaan dgn notaris, departemen dan kedutaan besar para pihak.
    Saya sarankan, luangkan waktu utk pulang dulu ke Indonesia utk urus perceraian, jauh lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus
  54. Yth Bp Konsultant Hukum,
    Kami sepakat mau bercerai, tinggal di Limo, Sawangan, Depok,
    1) dimana pengacara yg dekat dan dimana letak pengadilannya ?
    2)Apakah seluruh harta suami harus dibagi tepat 50% untuk istri ? bagaimana hakim dapat mengetahui berapa jumlah hartanya, kalau suami tidak memberi tahukan secara terbuka ? apakah saham suami dalam sebuah perusahaan dihitung sebagai harta, bukankah tidak ada nilai uang tunainya, bagaimana dapat membayarnya ?

    Terimakasih untuk jawabannya,

    Tommy

    BalasHapus
  55. Yth Pak Tommy,
    anda blm mnjelakan agama sewaktu dulu mnikah apa? krn pengadilannnya berbeda, dan prosesnyapun sdikit berbeda pak, sy tetap coba jawab:
    1. coba lgsung dtg ke pengadilannya, disana ada lembaga banttuan hukum, ada pengacara yg bisa mbantu anda
    2. seyogyanya bgitu namun gimanapun sbaiknya gono-gini secara ksepakatan saja, krn kalo smua2x harus 50-50 maka akan sulit di pmbuktiannya pak, apalagi ada saham, perusahaan, dllnya...usaakan secara ksepakatan saja pak dan buatlah diepan notaris.

    BalasHapus
  56. terimakasih atas jawabannya, btw: agama kami katolik.
    Tommy

    BalasHapus
  57. Dear pak pengacara,

    Saya menikah sudah 5 tahun. Tapi selama 5 tahun, mungkin hanya 1 tahun kita tinggal serumah. Dan sekarang kami tinggal beda negara.
    Dan kami merasa sudah banyak ketidakcocokan diantara kita berdua.

    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Apakah saya bisa bercerai dengan kondisi seperti ini karena saya tinggal di luar negeri sudah hampir setahun..?

    2. Apakah persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan gugatan perceraian..?

    3. Apakah memungkinkan untuk tidak menghadiri persidangan karena saya tinggal di luar negeri..? Jika iya, apa yang harus saya lakukan, apakah harus melalui pengacara...?

    Saya mohon jawaban pak pengacara....
    Terimakasih atas bantuannya....

    BalasHapus
  58. pak pengacara
    saya punya teman..

    ceritanya dulu dia dipaksa nikah oleh mamanya dengan orang yg dia tidak suka. dia menikah bulan oktober awal. namun kemudian karena tidak ada kecocokan keduanya, keduanya pun tidak pernah tidur satu ranjang. teman saya si cewe itu selalu dipaksa2 oleh mamanya, bahkan sampai dipukul jika tidak mau mengikuti perintahnya utk 'nikah beneran' dengan si cowok. bahkan berkali2 si cewe minta cerai ke si cowok namun si cowok hanya ketawa saja. belum lagi si cowok ngomong: AKU SUDAH MEMBELIMU..
    si cewek merasa selalu dipaksa2 (ia tidak pernah setuju dengan pernikahan ini), bahkan waktu penandatanganan surat nikah saja dia mikir lama.. karena mamanya menginjak kakinya dan memaksa2 akhirnya ia menandatangani dengan menangis dan terpaksa.
    puncaknya pada tanggal 28 november 2009 lalu si cewe diusir dari rumah ibunya itu..ia lari ke rumah orang di medan.
    si mama terus2an berusaha menyuruh anaknya untuk kembali dengan si cowok, sedangkan si cewe g mau.

    intinya sekarang si cowok g mau untuk bercerai. upaya hukum apa yang bisa dilakukan si cewe teman saya itu?
    dia sendiri sekarang di medan, sedangkan mereka nikah di catatan sipil (tidak ada pernikahan secara agama di gereja dsb) bagan batu, riau. jika saya misalnya menampung dia tinggal bersama keluarga/di rumah saya (karena kebetulan dia juga g ada siapa2 lagi), apa saya bisa kena perkara hukum menyimpan istri orang?
    si cewe juga takut karena mamanya telah menerima sejumlah uang (secara adat batak) dari si cowok.dia takut mamanya akan 'kenapa2' atau disuruh kembalikan uang yang saya rasa cukup besar untuk mengawini si cewek.

    apa bapak bisa membantu proses perceraian ini dan asistensi di bagan batu? atau bagaimana?

    BalasHapus
  59. Utk Anonim 15 jan, jam 18:47:
    1. bisa saja, namun prosesnya akan sangat-sangat sulit, krn mngkaitkan pengadilan di indonesia, notaris, departmen, kedubes disana, notaris disana, dan kedubes sini.
    2. akta perkawinan, akta lahir anak2x, ktp & kk
    3. mungkin saja namun itu tadi, snganta sulit prosesnya, saya sarankan anda pulang dulu ke indonesia & memang sbaiknya pakai jasa pengacara.

    Utk Anonim tgl 15 Jan, jam 22:18,
    permasalahannya cukup komplex, sbaiknya anda/teman anda sendiri yg email saya di konsultasiperceraian@gmail.com

    terimakasih.

    BalasHapus
  60. Dear Pak Pengacara,

    Terima kasih banyak atas jawabannya. Melanjuti pertanyaan saya tanggal 15 Januari jam 15.47 sepertinya ada beberapa hal lagi yang ingin saya tanyakan ke bapak.

    1. Kira2 proses perceraian dengan kasus seperti saya ini memakan watu berapa lama. Karena permasalahan kami sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya ketidakcocokan diantara kita berdua, dan kami belum ada anak. Dan sekarang kami tinggal beda negara pula.

    2. Saya Ada rencana pulang ke Indonesia sekitar 2 minggu. Rencana nya untuk mengurus proses cerai. Apakah itu cukup, paling tidak sampai dengan pembacaan gugatan. Karena berdasarkan pertanyaan2 yang saya baca dari anonim2 sebelumnya, untuk sidang pertama tidak dapat diwakilkan.

    3. Jika sidang pertama saya bisa hadir, apakah sidang selanjutnya saya tidak perlu hadir agar proses perceraian bisa cepat selesai. Karena saya dengar jika salah satu pihak tidak hadir maka prosesnya bisa cepat selesai.

    4. Bagaimana dengan surat putusan jika itu semua sudah selesai. Apakah masing2 pihak mendapatkan surat salinan perceraian sebagai bukti jika kami sudah bercerai..?

    Demikian pertanyaan dari saya. Saya harap bapak berkenan untuk menjawabnya. Terimakasih.

    BalasHapus
  61. Yth:pak pengacara
    Saya seorang wanita berumur 27 thn,dgn 2 ank umur 4 dan 2 thn.Saat ini saya ingin mengajukan cerai suami saya,krn suami saya selama ini suka mabuk2an dan berbuat onar di lingkungan dimanapun dia pergi.Di rumah juga dia sering memperlakukan PRT secara kasar,selalu memarahi mereka dengan kata2 kasar dan kadang memukul mereka.Terhadap saya memang dia tidak pernah pukul,tapi dia sering memarahi saya dengan kata kasar..Saya begitu tersiksa secara batin.Bahkan di depan anak saya,dia sering memperlakukan saya dan pembantu secara kasar.Saya tidak mau anak saya psikolognya terganggu,makanya saya mengambil keputusan ini..Selama ini suami saya sudah banyak sekali catatan hitam di kantor polisi juga,tapi krn keluarganya termasuk orang terpandang di kota Medan,maka dia selal terlepas lagi dari jerat hukum.Yang saya mau tanyakan:
    1.Apakah hak asuh ank bisa jatuh ke tgn saya?(Saat ini saya tidak punya pekerjaan atau sejumlah uang yg besar,krn selam perkawinan suami tidak pernah memberikan uang bulanan kepada saya)
    2.Jika hak asuh anak jatuh ke tgn saya,apkh suami berkewajiban utk menafkahi ank?Dan sampai kapan?
    3.Jika suami diputuskan pengadilan utk menafkahi anak,tapi ternyata hanya bulan pertama dan kedua,bulan ketiga tidak lag,ada tindakan apa yg hrs saya lakukan?
    4.Suami punya sebuah rumah di Singapura ,tp masih kredit dari bank..Saat ini sudah berjalan kredit selama 1 thn,masih ada sisa 5 thn lagi..pembayaran kredit samapi sekarang total mencapai lebih kurang 3 miliar..apakah ada kemungkinan itu termask harta besama yg bisa dibadi dua,dhn kondisi madih kredit?
    5.Jika saya yg menggugat cerai,apakah biaya pengacara total semua dari saya atau bisa dibebankan ke suami setengah?Krn selama ini saya tidah dinafkahi suami secara finansial selam 5 thn perkawinan..Jika saya perlu sesuatu utk dibeli,saya hrs minta dari dia dulu.
    Terima kasih atas jawabannnya.

    BalasHapus
  62. Dear Pak Pengacara,
    apakah perceraian dimana salah satu pihak tidak diketahui keberadaanya bisa ttp dilakukan? soalnya saya punya temen(laki2) yang saat ini sudah lebih dari tiga tahun tidak lagi berkumpul dengan istrinya. dimana sekarang istrinya berdomisili di luar negeri (alamat tidak diketahui). akhirnya proses perceraiannya tidak dikabulkan karena tidak bisa menghadirkan istrinya.
    trima kasih

    BalasHapus
  63. Utk Anonim 19 Jan;
    saya sangat yakin bahwa seharusnya perceraian trsebut tetaplah bisa diproses dgn cara verstek/pengumuman koran/penguman radio.
    Cara2x tersebut di atur kok di UU.

    BalasHapus
  64. Siang pak pengacara...

    saya mau mengajukan cerai kepada istri saya.
    kasusnya begini, sekitar 5 tahun yang lalu saya di suruh nikahin istri saya dengan alasan dia sudah hamil. sedangkan saya yakin itu bukan anak saya. namun saya di paksa nikahin dia dan saya tidak bisa berbuat apa apa.

    saya sempat tinggal bersama istri saya sampai dengan anak itu lahir.

    namun selama kami tinggal bersama, kami tidak pernah melakukan hubungan selayaknya suami istri.

    ucapan cerai dari kami pun sering terlontar. namun kami belum urus perceraian itu secara hukum.

    semua surat2 nikah ada ditangan istri saya dan dia tidak mau memberikan ke saya.

    saya juga dengar isu kalo istri saya itu sudah menikah lagi.

    Yang mau saya tanyakan, bagaimana saya bisa menggugat cerai istri saya?

    Butuh berapa lama untuk mengurus perceraian ini?

    BalasHapus
  65. Yth Bapak,
    usahakanlah dulu anda mndapatkan buku nikahnya dulu krn buku nikah adlh bukti kongkrit anda telah menikah. Lalu buatlah srt gugatan cerai berdasarkan alasan2x cerai yang benar2x terjadi, lalu daftarkanlah gugatan itu ke pengadilan brwenang.
    Jika benar ia telah mnikah lagi maka hal itu adalah pelanggaran hukum pidana.
    Proses cerai skitar 3-4 bulan.

    BalasHapus
  66. apakah suami dapat mengambil hak asuh anak secara sepihak dibawah 12 tahun jika suami memegang akta nikah dan akta lahir anak

    BalasHapus
  67. tidak bisa bu/pak, majelis hakimlah yg menentukan stelah ada bukti2x & saksi, terkait masalah akta nikah & akta lahir anak.

    BalasHapus
  68. sore pak.. menyambung pertanyaan saya sebelumnya tgl 24 januari.

    saya sudah berusaha minta sama istri saya surat2 tersebut, namun dia tetap saja tidak mau memberikanya. bahkan mungkin sudah dia hanguskan.
    apa yang bisa saya lakukan, sementara saya juga mau menikah lagi?

    apa mungkin saya bisa menikah, sedangkan pernikahan saya dengan dia pasti masih tercatat di catatan sipil.

    proses perceraian itu apa tidak bisa lebih cepat lagi ya pak?

    PA menentukan jadwal sidang berdasarkan apa ya pak?

    1 lagi pak, kalo saya tidak mau melalui tahap mediasi bisa nggak ya pak dan apakah itu bisa mempercepat penyelesaian kasus ini pak?

    terima kasih sebelumnya pak...

    BalasHapus
  69. Ok, jika demikian saya sarankan anda menghub saya secara pribadi krn solusi yg akan saya berikan agak sulit saya jelaskan di media ini.
    Silahkan email saya di ahp_law@yahoo.com agar saya dpt mberikan no hp saya.
    Anda tentunya blm dpt mnikah lg sbelum brcerai trlebih dahulu.
    Proses cerai demikian andanya, tp jika para pihak sudah sama2x stuju brpisah, saya dpt mnstrategikan lebih cepat.
    Brdasarkan UU pak, aturan2xnya sudah ditentukan di UU acara perdata.
    Tidak mdiasi bisa saja, tapi bukan mnjamin bisa mpercepat sidang pak.

    BalasHapus
  70. selamat pagi pak,saya bersyukur menemukan blog bapak. dan saya rasa blog bapak sangat membantu banyak orang yang awam tentang hukum.saya sudah mengajukan gugatan dan baru akan sidang pertama. pertanyaan yang ingin saya ajukan adala
    1. kami sudah sepakat akan bercerai. lebih cepat mana tergugat datang ke persidangan atau tidak?
    2. bagaimana caranya agar proses perceraian cepat diputuskan ya pak? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  71. pa,

    minta kontek personnya donk utk konsultasi lebih dalam

    trims

    BalasHapus
  72. Utk Anonim 14 Feb, jam 18.50:
    Yth Ibu/Bapak,
    trimakasih.
    Brikut jawaban saya:
    1. lebih cpat trgugat tdk datang;
    2. kalo bisa dgn cara verstek.

    Utk pak Wijaya:
    saya dpt dihub di 0878787 222 82, atau email: konsultasiperceraian@gmail.com

    BalasHapus
  73. pertimbangan bagus dalam memilih pengacara..

    BalasHapus
  74. Maaf saya ingin tanya
    kalau perceraian krn alasan ketidak cocokan bisa tdk bila disetujui pleh kedua belah pihak?
    atau hrs ada masalah yg besar baru dapat cerai?
    Bila salah satu digugat krn perselingkuhan dan terbukti /mengakui akan dpt sanksi apa?
    dan mempengaruhi pembagian harta atau tdk?
    kalau semua harta sudah dialihkan atas nama org tua padahal itu adl usaha bersama sejak dulu bisa diperdebatkan?
    atas keterangannya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  75. semalat malam pak
    saya ingin tahu
    jalan paling cepat bila kedua belah pihak menyetujui perceraian dgn cara gimana?
    salah satu menggugat dan yg digugat tdk perlu hadir?
    atau gimana?
    terimakasih atas pengarahnya

    BalasHapus
  76. Utk Anonim 25 Feb:
    pada prinsipnya tidak ada yg namanya persetujuan prceraian, dan logisnya memang harus ada masalah besar yg tak dpt didamaikan lagi, barulah dpt dijadikan alasan cerai. Sanksi: salah satunya adlh tdk berhaknya mndapat hak asuh anak. Utk masalah harta perlu ada pembahasan lebih lanjut.

    Utk Anonim 26 Feb;
    saya agak keberatan utk mnjawab prtanyaan anda di media ini krn sudah mnyangkut strategi menghadapi proses prceraian di pengadilan.
    Silahkan email saya di latiefnas@gmail.com

    Demikian, terimakasih.

    BalasHapus
  77. Saya menikah di Indonesia dengan warga negara Amerika tahun 2006 di gereja dan catatan sipil, setelah itu langsung berdomisili di Amerika dengan suami selama hampir 4 tahun. Saya ingin mengurus surat cerai, apa yang harus saya lakukan?

    - Apakah proses cerai bisa diurus dari sini (Amerika) tanpa kedua belah pihak harus datang ke Indonesia?
    - Apakah pengacara harus membantu proses cerai atau keluarga saya bisa mengurus sendiri ke kantor catatan sipil?
    - Surat-surat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftarkan gugatan cerai?
    - Saya datang ke Amerika melalui sponsor suami dan saya sudah mendapatkan Greencard selama 10 tahun, tetapi surat nikah kami tidak diakui di Amerika dan kami tidak pernah menikah lagi disini, apakah saya harus mengurus ke kedubes Indonesia di Amerika?

    Mohon pencerahannya, atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  78. selamat malam pak...
    saya dan anak saya sudah ditinggalkan suami saya selama 1 thn,karena dia lebih memilih tinggal dengan orangtuanya, selama 1 thn tidak ada komunikasi sm sekali. saya ingin menceraikan suami saya ttp berkas2 yg harus dilampirkan untuk menggugat cerai tidak lengkap spt fotocp ktp suami dan surat nikah saya hanya memiliki fotocopynya saja,surat nikah yg asli dibawa pergi oleh suami saya, sdgkan skrg saya tidak tahu keberadaannya. apakah bisa dengan fotocp saja?
    terima kasih....

    BalasHapus
  79. Yth Ibu;
    sebaiknya mengenai akta perkawinan haruslah yg asli utk dapat dilampirkan pada proses perceraian. Krn photocopy bukanlah alat bukti. Saya ada beberapa cara utk mndapatkan akta tersebut. Cobalah hub saya di 087878722282.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  80. yth,
    saya sedang proses perceraian, dan menggunakan jasa pengacara dan saya sebagai tergugat, sesuai informasi dr pengacara saya sidang perceraian sudah selesai tinggal tunggu surat dan telah ada kesepakatan2 al: anak2 (3 anak) tetap tinggal dirumah dgn ibunya sedangkan saya keluar, tetapi sudah 4 hr ini ibunya kontrak & anak anak dibawah bahkan sy tidak boleh menemuinya & anak anak tidak boleh kembali ke rumah. sy konsultasi dgn pengacara saya ternyata malah tidak ada penyelesaian, dihubungipun sudah tidak menjawab, sy sangat kecewa apalagi sy sudah membayar 15jt lunas dgn 2 tahap pemby.
    apa yang hrs sy lakukan dengan sikap ibu anak2 dan bagaimana dengan pengacara yang mewakili perceraian saya

    BalasHapus
  81. Yth Bapak,
    mohon maaf, agak sulit dan tidak etis bagi saya menilai kinerja sesama profesi di media ini.

    BalasHapus
  82. tapi mohon sedikit petunjuk apa yang harus saya lakukan dengan sikap ibunya karena anak2 tidak boleh menemui saya dan anak2 tidak boleh pulang malah ibunya kontrak rumah sendiri & anak2 dibawa padahal dlm perjanjian kesepakatan anak2 tidak boleh pindah rumah harus seijin bapaknya

    BalasHapus
  83. Yth Bapak, usia perkawnan sy 3 thn.Di awal pernikahan suami tdk menafkahi slm 8 bln.Suami menganggap sy sbg istri yg tdk menurut suami krn sy blm bisa mutasi kerja.Dia minta sy utk berhenti krja.Sy tdk mau.Sy tau sy tdk bs mengandalkannya.Smpai pd akhirnya bbrp bulan lalu sy & suami sepakat bercerai. Sy PNS, suami yg akan mengajukan gugatan. Suami tgl di luar kota. Anak ada dlm asuhan sy.Tp sy khawatir suami tiba2 minta hak asuh anak. Langkah2 apa yg hrs sy lakukan utk mengurus perceraian sy.Apa sy harus memakai jasa pengacara? Terima ksih...

    BalasHapus
  84. yth bapak pengacara,
    saat ini saya sedang proses perceraian dengan suami saya. 3 hari sebelum sidang suami saya datang ke rumah dia bilang ingin jalan2 dengan anak saya, tapi kenyataanya malah dibawa kabur ke rumahnya.
    dia bilang hak asuh saya sebagai ibu gugur karena saya sudah melakukan perselingkuhan di facebook.
    dia juga ada mengancam saya dan keluarga jika samapai mengambil kembali anak saya, maka akan dilempar belati.
    saat ini saya sedang melakukan mediasi dengan keluarga besarnya, karena terus terang keluarga besarnya tidak setuju jika anak di bawa dia, mengingat suami saya tidak bekerja, dirumahnya tidak ada org yang kompeten dalam mengurus anak, dan dia memeliki tingkat stress yang tinggi.
    yang mau saya tanyakan apakah suami saya dapat dipidanakan?
    dan langkah hukum apakah yang harus saya lakukan?
    terimakasih pak

    BalasHapus
  85. Utk Anonim 14 Maret;
    coba anda mngajukan surat teguran melalui pengadilan dimana anda dulu bercerai, ada kmungkinan pihak pengadilan akan mbantu utk memediasikan masalah tersebut.

    Utk anonim15 Maret jam 7:50;
    utk proses cerai secara garis besar dapat anda lihat di www.masalahperceraian.com, umumnya org pakai jasa pengacara jika ada sesuatu yg perlu dipertahankan, semisal hak asuh anak, oleh karenanya jika memungkinkah maka gunakanlah jasa pengacara.

    Utk anonim 15 maret jam 23:06:
    Agak sulit bagi saya utkmnjawab anda di media ini, silahkan hub saya di email pribadisaya.

    BalasHapus
  86. Yth Bapak Pengacara,
    Saya dan suami adalah muslim. Kami baru menikah selama 11 bulan, tapi suami sudah meminta pisah (secara tidak langsung menalak saya) 3 kali, tapi suami hanya mengakui 2 kali saja.
    Saya sudah tidak tahan, karena selama ini saya hanya pernah diberi uang belanja sekali, selebihnya malah saya yang melunasi hutang2 kartu kreditnya, dan segala kebutuhan rumah tangga.
    Kondisi saya sedang hamil 7 bulan, pernikahan dilangsungkan di Surabaya, saya bekerja di daerah Bekasi, suami di Depok, dan KTP saya Depok. KK pun belum diurus oleh suami.
    Pertanyaan saya:
    1. Kalau saya ingin mengajukan gugatan cerai, di daerah mana saya bisa melakukannya?
    2. Apakah nanti akan susah untuk mengurus akte kelahiran anak saya apabila kami sudah resmi cerai sebelum anak saya lahir?
    3. Berapa lama waktu yang diperlukan sampai persidangan usai?

    Atas informasinya, saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  87. dear bpk pengacara...

    saya adalah seorang PNS dan ingin bercerai dg suami, posisi suami saat ini bekerja di prshaan swasta di pulau sumatera dan menyerahkan urusan menggugat kepada saya.ttp saat ini belum dapat mengurus perceraian dikarenakan sulit mendapat ijin dr atasan. kami sudah pisah selama 1.5 tahun. apakah bpk pengacara bisa membantu untuk mendapatkan solusi dr masalah saya n bgmn caranya nya agar saya tidak usah melalui prosedur kntr yg rumit?
    saya harapkan bantuan infonya.trima kasih

    BalasHapus
  88. Utk anonim 23 Maret:
    1. pengadilan agama [PA] yg brwenang adalah PA di wilayah domisili ibu saat ini.
    2. akta lahir dpt dibuat kok bu.
    3. proses persidangan cerai dpt memakan waktu sekitar 3-4 bulan.
    Sya doakan yg terbaik buat ibu.

    Utk anonim tgl 5 April:
    Utk izin cerai dari instansi pemerintahan memang ada prosedur yg harus dilalui bu, dan memang lumayan memakan wkt. Namun walau bagaimanapun ibu wajib mendapatkan srt tersebut terlebih dahulu. Usahakanlah ibu lebih intens utk menanyakan perkembanganizin tersebut pd atasan.

    BalasHapus
  89. Yth pak pengacara,
    saya pria ingin bercerai, dengan 1 orang anak usia 1o bulan.
    1. hak asuh anak apakah pasti ke istri, padahal istri tidak bekerja, dan tidak ada skill untuk bekerja. paling2 hanya kerja jaga toko, gaji sekitar 600-800 rb sebulan, dan itu nampaknya tidak cukup mapan untuk biaya anak dan dirinya. saya bekerja dengan penghasilan range 2-3 juta (sales marketing), apakah bisa mendapatkan hak asuh anak? Jujur saja, berapa prosentase saya untuk menang hak asuh anak?
    2. berapa biaya untuk menyewa jasa Anda?
    terima kasih..

    BalasHapus
  90. Yth Pak Pengacara,
    Saya ingin bercerai dari suami saya, tp suami saya tidak mau, Dia selalu mengatakan kalau ingin bercerai anak-anak tidak boleh ikut saya. Kalau saya nekat ingin bawa anak-anak (anak saya 2 orang berumur 5 tahun dan 2,5 tahun), dia bilang dia akan berubah menjadi iblis dan menjadi sekejam mungkin terhadap saya. Masalah saya tidak tahan lagi dengan kondisi rumah tangga kami. Suami saya dari Jumat malam-Senin siang selalu bermain game di internet. Selasa-Kamis pasti akan tidur seharian, memang dia masih selalu memberi saya nafkah dan biaya untuk anak-anak. Tapi saya sudah tidak tahan dengan kondisi yang seperti ini. Saya adalah seorang ibu rumah tangga, yg tidak bekerja. Bagaimana agar saya bisa bercerai dari suami saya dan meminta hak asuh anak serta harta gono-gini dan tunjangan bulanan untuk biaya anak-anak?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  91. Selamat sore pak, saya sudah menikah selama 5 tahun lebih.anak 1 umur 5 tahun.saya ingin bercerai namun suami tidak mau. saya sudah pisah tempat (suami tidak pernah mengunjungi saya) dengan suami selama 10 bulan, agama kami kristen.dan kami memiliki perjanjian harta terpisah(perjanjian pranikah).Selama ini saya dan anak saya ikut dan ditanggung penuh oleh tante saya. Selama berpisah, suami saya mentransfer uang kurang dari 1 juta tiap bulannya. Materi gugatan cerai dikarenakan 1. tidak ada kecocokan dlam rt 2. suami memakai obat2an. pertanyaan saya:
    1. Apakah bisa nafkah yang diberikan untuk saya(kurang dari 1juta tiap bulannya) dapat dijadikan alasan yang kuat utk bercerai?
    2. apakah lama saya berpisah dengan suami dapat dijadikan alasan yang kuat juga?
    3. saya berkeyakinan suami saya masih menggunakan obat2an sampai sekarang(dari tulisan2 nya di fb), kalau sewaktu menikah pun cuma saya dan pembantu yang sering melihat keberadaan obat di rumah. (setiap melihat saya sudah mau lapor namun dicegah oleh suami). apakah cukup kuat untuk dipakai sebagai alasan?
    4. apakah pembantu yang dulu ada 1 rumah dengan kami bisa dipakai sebagai saksi? ataukah harus ada persyaratan untuk menjadi saksi? bagaimana dengan tante saya yang tadinya berlainan rumah, namun tahu segala cerita ketidak akuran kami, apakah bisa menjadi saksi?
    terima kasih pak, mohon diberi petunjuk,

    BalasHapus
  92. Selamat siang Pak,
    Saya seorang ibu rumah tangga dengan 2 orang anak umur 8 dan 5 tahun, hasil pernikahan dengan suami saya 10 tahun lalu. Saya memiliki akte pernikahan catatan sipil setempat. Saat ini saya mau menggugat cerai suami karena beliau sering merusak nama baik keluarga di luar dan hal ini baru saya ketahui setelah menikah dengannya. Perceraian sudah pernah saya ajukan padanya, namun beliau tidak bersedia untuk bercerai dan tidak bersedia menandatangani dokumen apapun yang berhubungan dengan perceraian. Sebagai keterangan tambahan, saya memiliki surat pernyataan bermaterai yang ditandangani suami ketika terjadi percekcokan sekitar setengah tahun lalu yang isinya apabila ia masih melanggar perjanjian yang disepakati (yaitu merusak nama baik keluarga) maka surat pernyataan tersebut berlaku sebagai surat gugat cerai.
    Pak, apakah surat pernyataan tersebut dapat saya gunakan sebagai dokumen gugat cerai di pengadilan nantinya ?

    Langkah pertama apa yang harus saya ambil, apakah saya harus melalui biro jasa tertentu misalnya advokat atau langsung ke pengadilan negeri mengingat terkadang megurus sendiri memiliki birokrasi yang panjang dan berbelit-belit. Biasanya berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai akte cerai diterbitkan ? Saat ini kami telah pisah rumah sejak tiga bulan lalu. Terima kasih Pak atas bantuannya

    BalasHapus
  93. pak, saya kan di gugat cerai ma istri. tadinya alamat saya kan masih jadi satu ma istri sampai skarg..cuman setelah istri ninggalin saya. saya pindah rumah tapi alamat di ktp mash tetap yg dulu.. yang mau say tanyakan...apakah nanti surat panggilan dari pengadilan..bisa nyampek ke saya....krna saya sudah tidak tinggal lagi di alamat yg lama...tapi klo istri masih tetap tinggal di alamat lama...sekian trimakasih....

    BalasHapus
  94. Utk anonim tgl 12 April:
    Utk hak asuh anak sudah diatur dlm UU.
    Utk diskusi hal tersebut ada baiknya anda email saya atau hub saya di 0878787 22282. Trimakasih.

    Utk anonim tgl 14 April:
    Ibu tetap dpt mngajukan gugatan cerai, dimana dlm gugatan cerainyaitu ibu dpt mnuntut hak asuh anak (sdh diatur dlm UU/Kompilasi Hk Islam) dan sekaligus dpt mnuntut nafkahnya (tunjangan bulanan anak2x) kpd si bapak. Utk gono-gini, yg benar adalah tuntuttan harta yg tercipta selama masa perkawinan saja, oleh karnanya usahakan ibu memegang bukti kepemilikan harta2x tersebut sblum mnuntut gono-gini.

    Utk anonim tgl 21 April jam 4:57:
    berikut jawaban saya:
    1. perlu sy tela'ah lebihjauh lagi permasalahanya;
    2. ya, bisa saja;
    3. ya, bisa saja (jenis2x obat perlu dipahami terlebih dahulu);
    4. ya bisa.
    Utk penjelasan lebihlanut silahkan email saya atau hub saya di 087878722282. Trimakasih.

    Utk anonim tgl 21 April jam 23:15;
    Perlu sy tekankan bhwa gugatan cerai tdk memerlukan prsetujuan dan tandatangan pihak yg digugat. Jadi, anda tdk memerlukan prsetujuannya utk mengajukan gugatan cerai dipengadilan.
    Wkt skitar 3-4 bulan.

    Utk anonim tgl 23 April;
    Tergantung.
    Kalo anda digugat di PA maka pengadilan brwenang adalah PA sesuai wilayah domisili si istri. Kalo digugat di PN maka PN brwenang adalah PN sesuai wilayah tergugat.

    BalasHapus
  95. pak saudara saya seorang pns yang bercerai akibat verstek....
    yang saya ingin tanyakan,,jika dalam suatu putusan seorang pns tidak hadir atau verstek sehingga dalam putusan itu tidak dilengkapi izin dari atasan...
    apa akibat hukumnya bagi pns tersebut?
    lalu apa yang menjadi pertimbangan hakim atau dasar hukumny untuk memutus perkara tersebut walaupun verstek padahal pns tersebut tidak dilengkapi izin dari atasan??
    terimakasih sebelumnya,,,

    BalasHapus
  96. Pak, saya seorang pria, sudah mengajukan gugatan cerai terhadap istri. Kami sudah bersidang 3 kali (sidang pertama, mediasi, dan kemudian penyerahan jawaban istri terhadap gugatan saya). Besok saya akan bersidang untuk memberikan replik. Sepertinya proses ini akan panjang karena istri tidak mau dicerai.
    Saya ingin bertanya, berapa kali proses lagi persidangan ini berjalan? Dan apa saja?.
    Berikutnya, dalam bulan Juni awal saya akan pindah ke luar negeri. Bila proses perceraian saya belum selesai, bisakah saya meminta bantuan kuasa hukum untuk mewakili? Terima kasih

    BalasHapus
  97. Utk anonim tgl 27 April;
    prtanyaan anda sdh jawab via email.

    Utk anonim 28 April;
    akan ada sidang duplik, pmbuktian pgugat, pmbuktian tgugat, ksimpulan dan putusan.
    Bisa pak.

    BalasHapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  99. Selamat Siang pak.
    Saya di gugat cerai ma istri di PA Surabaya...dan jadwal sidang masih bulan Agustus 2010....yang saya tanyakan apakah gugatan cerai istri saya bisa di gagalkan...Krn jujur saya gak tega melihat anak kami yg berusia 3 thn...sebagai catatan gugatan cerai istri saya di latar belakangi dia selingkuh dan atas desakan ortu dia....mohon penjelasan...Terimakasih

    BalasHapus
  100. Utk anonim tgl 1 Mei 10 jam 9:39
    Mohon maaf pak, permasalahan anda sebaiknya dibahas ke email pribadi saya, krn hal trsebut trlalu pribadi jika saya bahas di media ini. Terimakasih.

    Utk anonim 1 Mei jam 19:34
    Dengan latar belakang demikian maka saya anjurkan anda utk menghadiri sidang dan kemukakanlah argumen-argumen anda di depan hakim utk menggagalkan gugatan cerai istri anda tersebut. Jgn sampai anda tidak dtg krn jika 3 kali panggilan anda tidak dtg maka proses cerai tetap diloakukan tanpa kehadiran anda.

    BalasHapus
  101. Wanita

    Pengadilan sudah memutuskan cerai terhadap saya dan suami sejak 15 April 2010, tapi sampai sekarang skep nya belum keluar, sementara saya sudah merencanakan untuk menikah kembali. Info yang saya dapat bahwa ada masa idah 3 bulan, tapi setahu saya itu untuk hukum Islam, sementara saya non muslim. Berapa lama skep bisa keluar? kapan saya bisa segera menikah, dihitung sejak tanggal keputusan atau tanggal skep keluar?

    Terima kasih Pak atas informasinya.

    BalasHapus
  102. Selamat Pagi pak,
    saya mau tanya, apakah saya bisa menghadiri persidangan perceraian, meskipun tidak punya surat panggilan dari PA, karena kemungkinan besar surat panggilan dari PA agama tidak sampai ke tangan saya. Soalnya saya sudahh tidak berada 1 alamat dengan domisili istri saya. Tapi saya sudah mengetahui jadwal sidangnya, setelah saya cari informasi dari PA agama tempat istri saya menggugat cerai....
    Dan apakah saya bisa mengambil akta cerai di PA, kalau nanti sidang cerainya istri saya sudah di putus, karena buku nikah saya di tahan sama istri saya...
    sebelumnya saya ucapkan terimaksih....

    BalasHapus
  103. utk anonim 7 Mei;
    kedua prtanyaan bapak jawabannya: bisa pak.

    BalasHapus
  104. Pak pengacara, saya (seorang suami) berencana mau cerai dan sedang mencari pengacara untuk itu. Kami punya anak angkat satu orang. Saya mau tanyakan siapa yg berhak mengasuh anak itu nanti setelah bercerai? apakah ada UU untuk hak asuh anak angkat?

    BalasHapus
  105. Perlu pendalaman materi atas pertanyaan bapak. Silahkan bapak hub saya secara pribadi, baik via email ataupun telp.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  106. saya ingin menggugat cerai suami krn ketidakcocokan prinsipal antara kami berdua dan kasus2 kdrt yg dilakukan suami seblmnya. Saat ini niat bercerai krn sikap posesif dan paranoid dan ketidakstabilan mental suami dalam menyikapi aktivitas saya selaku wanita bekerja. Pernikahan sdh dikaruniakan 2 anak, dilakukan scr katolik. Bgmn cara saya melakukan proses perceraian secepat2nya dan se-simple mungkin dr suami, dimana saya harapkan hak asuh anak jatuh kepada saya, pembiayaan anak dari ayahnya, dan harta gono gini dibagi 50:50 dgn kesepakatan bersama tentunya. Sbg info, suami menolak bercerai dan tdk mengijinkan saya keluar dari rumah, kecuali jika saya pergi tanpa membawa anak2 yg mana tdk ingin saya lakukan. trims.

    BalasHapus
  107. Yth ibu;
    mngenai proses cerai, telah saya uraikan dlm blog ini, atau silahkan klik www.masalahperceraian.com. Namun utk rencana dan strategi yg ibu tanyakan, ibu bisa hub saya atau email saya secara pribadi (azizmambro@gmail.com). Trimakasih.

    BalasHapus
  108. Yth Pengacara Perceraian,

    Saya butuh advise mengenai masalah saya.
    Saya baru nikah ampir 1 tahun, dan saat ini sedang hamil 7 bln.
    Saya ada keinginan utk bercerai dengan suami dikarenakan sifat emosian suami yang terlalu dan sering mukul, bahkan walaupun saat saya sedang hamil.
    Sering terjadi cekcok yang penuh dengan caci maki dan pukulan.
    Suami bilang sedang hamil tidak bisa proses cerai, apakah benar demikian? jika cerai, hak asuh anak akan jadi milik siapa yah?
    mohon info dan pengetahuannya.
    Terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  109. Yth Ibu;
    sy turut prihatin akan keadaan ibu. Sy akan berusaha mbnatu dgn mnjawab prtanyaan ibu.
    Selama hamil tetap bisa proses cerai (ingat proses cerai okky dgn pasya ungu?) namun sy secara pribadi tdk mnganjurkan hal tersebut, krn alasan mental seorang ibu saja, takut brdampak pd prtumbuhan bayi.
    Ttg hak asuh anak sesuai UU maka jika trjadi prceraian maka hak asuh anak yg blm berumur 12 th akan dipegang oleh si ibu.
    Demikian bu, smoga bermanfaat.

    BalasHapus
  110. Saya seorang ayah dr 2 anak ( 10 & 8 thn ), sdh pisah rumah dgn istri sekitar 3-4bln, anak2 tinggal dengan saya. Bilamana saya sebagai tergugat ataupun penggugat, seberapa besar peluang saya untuk mendapat hak asuh...? Dan bila saya hendak minta bantuan jasa hukum, kemanakah saya harus menghubungi? Terima kasih

    BalasHapus
  111. salam hormat dan salam kenal, saya sudah mengajukan gugatan cerai melalui PA Klaten, sudah terjadi sidang 4 kali, sidang pertama istri saya menyatakan setuju terhadap gugatan cerai saya, pada sidang kedua istri saya tidak hadir di persidangan, sidang ketiga istri saya tidak hadir (dengan alasan terlambat), sidang keempat, istri saya menyatakan keberatan dengan gugatan cerai yg saya buat... sidang akan dilanjutkan pada tanggal 07 Juni 2010, dengan agenda jawaban istri... perlu diketahui bahwa saya sudah berpisah rumah lebih dari satu tahun, pada tanggal 11 Maret 2010 (ketika saya sarapan pagi) kebetulan bersamaan dengan teman saya, istri saya menghampiri dengan berteriak-teriak CERAI CERAI... kemudian pada tanggal 19 Maret 2010 istri saya mengirimkan SMS "Tlg cpt urus perceraian kt"... kemudian saya pada hari yang sama mengajukan gugatan cerai ke PA Klaten, yg ingin saya tanyakan, mohon saran untuk saya memberikan jawaban di muka sidang untuk memberikan keyakinan kepada majelis hakim bahwa perkawinan saya layak untuk diakhiri dengan putusan cerai... saya sudah stress dengan masalah ini, saya tidak dapat lagi bekerja dengan tenang... saya tidak dapat lagi tidur dengan nyenyak, selalu terbayang sidang besok tanggal 07 Juni 2010... bahkan sempat terbersit dalam benak saya, apakah sidang ini akan terus berlanjut bahkan sampai hakimnya ganti... saya sangat stress dengan masalah ini... mohon saran untuk saya... terima kasih...

    BalasHapus
  112. Utk anonim tgl 29 Mei jam 9:53
    Silahkan hub sy via email di azizmambro@gmail.com atau hp sy di 0878787 22282. Terimakasih.

    Utk email tgl 29 Mei jam 19:25
    Anda tetap wajib menghadiri sidang utk mbuktikan bahwa adlh benar perkawinan anda tdk harmonis. Namun proses cerai di pengadilan tetap harus dijalankan sesuai UU. Anda-lah pihak yg wajib mbuktikan bahwa perkawinan anda memang layak dikabulkan cerainya melalui sesi2x persidangan khususnya pd sidang acara pembuktian. Proses cerai memang berat dijalankan tapi jika anda hadapi dgn jujur, ikhlas dan tegar; niscaya anda akan mndapatkan ketenangan.

    BalasHapus
  113. yth pengacara perceraian, saya mempunyai kakak yang akan diceraikan oleh suaminya tetapi dengan alasan tdk logis yaitu karena mau membahagiakan orang tuanya dahulu,sudah tidak cocok, soalnya pernikahan beda suku,jawa-arab dan kakak saya masih mumpunyai anak 3 orang sedang yg no 3 masih berumur kurang 1 dari 1 thn,utk tuntutan nafkahnya bagaimana & bisakah perceraian digagalkan (no hpnya boleh dicall ggk pak)

    BalasHapus
  114. saya menikah secara katolik selama 9 th. saya sdh pisah ranjang dgn suami +/- 12 bulan lamanya, tetapi masih satu rumah tinggal bersama ibu saya dan 2 anak (4 & 9 th). saya mempunyai affair dgn seseorang yang tidak tinggal di indonesia.
    pertanyaan saya, apakah saya bisa menceraikan suami saya dgn alasan saya telah berselingkuh mengingat saya menikah secara katolik? lalu, saya harus mulai darimana?
    mohon sarannya..terima kasih..

    BalasHapus
  115. Bpk Yth.
    Saya suami 1 orang anak sdh menikah selama 9 th. Saya bermaksud menggugat cerai istri saya yg bekerja di salah satu Bank BUMN. Apakah dia tetap harus mengajukan ijin dulu dari atasannya, baru sy dapat mengajukan gugatan cerai tersebut? Kami sering cekcok, hampir tiap hari beberapa bulan terakhir dgn tuduhan perselingkuhan thd sy (pdahal sy tdk melakukan) dan sy sdh tdk tahan tiap hr hrs bertengkar, akhirnya kami memutuskan utk pisah rumah +- 2 bulan. Apakah gugatan cerai sy akan lebih sulit dikabulkan?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  116. Utk anonim tgl 30 Juni:
    Alasan cerai haruslah alasan yg diatur dlm UU bu. Kalo alasan demikian maka tidak bisa.
    Ibu harus mulai dari mbuat srt gugatan cerai dan mngetaui pengadilan mana yg brwenang mproses gugatan ibu.

    Utk anonim tgl 10 Juli:
    BUMN tidak tunduk pada pp no 10 pak, namun pd praktiknya byk hakim yg tetap meminta izin cerai dari atasannya. Utk gugatan cerai yg plg penting adalah adanya saksi-saksi yg sgt mndukung alasan cerai anda secara melihat dan/atau mndengar lgsung alasan cerainya.

    BalasHapus
  117. saya sudah mengajukan perceraian karena perselisihan terus menerus. anak saya 3 th direbut dari tangan saya. saksi2 saya menurut pengacara kurang kuat untuk bercerai karena mereka tidak tahu banyak mengenai keributan yg terjadi karena berbeda kota dengan saya. saat ini apakah saya bisa bercerai dr suami saya dan dapat kembali hak saya untuk mengasuh anak saya? bagaimana caranya agar saya bisa bercerai dan hak asuh anak secara fisik juga bisa saya dapatkan

    BalasHapus
  118. Yth. Pengacara Perceraian.

    Saya sudah menikah 4 tahun dan mempunyai 1 anak umurnya 3 tahun. Saya wanita bekerja. Selama 4 tahun perkawinan suami tidak pernah memberikan nafkah ke istri dan juga tidak pernah memberikan biaya sekolah anak. Sering terjadi cekcok diantara kami dan suami terlalu banyak menuntut kepada saya. Suami saya juga pernah mengurung anak saya di dalam kamar gara-gara anak saya bandel gak mau dengarin kata-kata dia.
    Apakah dengan kejadian ini semua, hak asuh anak saya bisa jatuh di tangan saya? Jika cerai, apakah suami bisa menuntut pembagian harta? Berhubung rumah yang ditempati oleh kami sekarang adalah hadiah pemberian orang tua saya.

    Mohon Info dan pengetahuannya.
    Terima Kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  119. Saya ingin bercerai dari istri saya, karena tidak ada kecocokan sehingga sering ribut. Istri saya tidak bekerja tetapi nampaknya bernafsu sekali untuk mendapatkan harta yang saya kumpulkan dengan susah payah, sementara dia selama ini tidak pernah ikut mencari nafkah.Apakah wajib saya membagikan harta benda saya pada orang yang selama ini selalu menyakiti hati saya ?

    BalasHapus
  120. Saya seorang ibu rumah tangga. Saya sudah menikan 11 thn dan dikaruniai anak 2 orang (1 Putra dan 1 Putri).
    Pernikahan saya tidak didasarkan oleh CINTA tetapi didasarkan keterpaksaan karena orang tua saya akan menjodohkan saya dgn pilihan org tua saya. Selama pernikahan 11 thn suami saya pernah sekali memukul saya tetapi saya sabar. Dalam berumah tangga suami saya terus memarahi saya jika saya berdoa pagi dan malam.
    Selama 11 thn kehidupan batiniah saya tersiksa, dan juga saya tidak mendapatkan nafkah dari suami saya. Saya pernah bekerja di Salon tetapi dilarang oleh suami saya.
    Sekarang saya jatuh cinta sama seorang lelaki perjaka, dan kami berdua saling mencintai. Sekarang saya hamil dari lelaki yg sy cintai dan dia mau bertanggungjawab serta menikahi saya. Suami saya tdk terima kehamilan saya, suami saya ingin anak yg dikandungan sy diberikan kpd orang lain tetapi saya dan pacar saya tidak mau.
    Saya sekarang mau gugat cerai, tetapi mengingat saya tidak tahu prosedurnya dan juga biayanya berapa, saya mohon agar saya dibantu. Karena mengingat suami saya sudah tidak mau terima saya lagi karena saya sudah hamil bukan anak dari suami saya, makanya saya ingin mengajukan gugatan cerai.
    Saya juga tidak boleh menghubungi pacar saya, sudah 1 bulan lebih kami dipisahkan oleh suami saya. Dan juga saya sudah 1 bulan lebih tidak minum susu hamil, tidak kontrol ke dokter kandungan bagaimana dengan kondisi kandungan saya dan bayi yang berada di dalam kandungan saya.
    Bisakah saya dibantu untuk mengajukan gugatan cerai di Semarang??

    BalasHapus
  121. Mohon maaf sy br bs balas mnjawab skarang, akhir2x ini sy ada prsidangan diluar kota.
    Baik sy akan mnjawab;
    Utk anonim tgl 15 Juli;
    Utk saksi memang wajib saksi2x nya itu adlh saksi yg benar2x prnah mlihat dan/atau mndengar lgsung kjadian masalah. Cobalah lagi mndatangkan saksi yg benar2x brkwalitas. Utk hak asuh anak, jk dikabulkan pcraiannya umumnya akan didapati oleh si ibu asalkan si ibu dpt mbuktikan kedekatan dgn si anak, bgitupun sbaliknya.

    Utk anonim tgl 26 Juli;
    Mnururt sy jika pceraiannya dikabulkan majelis maka ibu akan memegang hak asuh anaknya, apalagi jk anak2x masih kecil dimana mreka [biasanya] lebih memerlukan prhatian si ibu drpd si bapak. Utk gono-gini, jika rmh itu diatasnamakan nama anda maka si suami bs mnuntutnya utk dibagi, pd prinsipnya gono-gini adalah aset yg dihasilkan slama masa pernikahan (kcuali warisan).

    Utk anonim tgl 27 Juli;
    Iya pak, walaupun bgmana dia tetap punya hak atas harta trsebut. Pd prinsipnya; suami-istri jika brcerai masing2x tetap mpunyai hak atas harta2x yg trcipta slama masa perkawinan.

    Utk anonim tgl 28 Juli;
    jika bl sy sarankan, agar ibu dpt lebih mudah dibantu maka sbaiknya ibu dtg ke pengadiln di Semarang lalu disana ibu dtg ke bagian "informasi" mereka akan dgn sukarela mbantu secara detail utk proses gugatan cerainya.

    BalasHapus
  122. chilly agusani5 Agustus 2010 09.16

    saya ibu rumah tangga,dan saya sudah menikah selama 5thn dan memiliki seorang anak berumur 4thn. akhir2 ini saya bertengkar dengan suami saya karna saya bersikeras untuk meninggalkan rumah mertua yg sudah kami tempati sejak kami menikah,tapi suami menolak dan mengancam untuk mengusir saya dari rumah,selama perkawinan saya suami juga sering memaki2 dan tidak segan memukul saya (terakhir dia memukul saya 2bln yg lalu),
    saya ingin menggugat cerai suami saya dengan alasan tsb, yang ingin saya tanyakan apa mungkin permohonan saya akan di terima di pengadilan nanti?dan apa hak asuh anak akan saya dapatkan?

    BalasHapus
  123. Yg trpenting dlm gugatan cerai adalah: harus adanya alasan cerai, adanya bukti perkawinannya, adanya saksi-saksi [minmal 2 org] dan bukti2x dari alasan cerai tersebut.

    BalasHapus
  124. saya ingin menanyakan pak,,,kejadian terjadi di saudara saya,,,km seorang muslim,istrinya minggat dr rumah krn alasanny sdh tdk tahan sama swaminy yaitu saudara saya,krn saudara saya keras terhadapny,tp yg saya tw & prnh saya lihat mmng si istri in kurang telaten dlm pengurusan swami & anak pdhl sdh diajari o/saudara & ibu mertuany,ibu kndung istri saudara pun mengakui. sekarang yg ingin saya tanyakan istri saudara saya itu mmbawa pergi anakny yg pertama dan meninggalkan anakny yg kecil pada saat swaminy mencari nafkah dan ibu mertuanya sedang mandi,singkat cerita ternyata dibalik kepergian istri saudara saya itu dipelopori oleh kedua orang tuanya sampai sekarang setiap saudara saya mw mengambil istriny atau bertemu dgn istriny tidak dibolehkan,padahal secara hukum & agama 100% si istri msih milik swami kan pak???dan ada bukti maupun saksi bhwa mmng pelaku terjadi perceraian antara saudara & istriny adalah orang tua kandung istri saudara saya,sebelumny pak anak pertama saudara saya sdh diambilny itupun secara paksa dan ada pemukulan dr keluarga istri terhadap saudara saya tetapi sayang ny pada saat terjadi pemukulan tdk ada saksi krn saudara saya mmng datang sendirian krn hnya ingin menjemput istriny dan anakny,tetapi stlh kjadian lgsg dia ke polda u/mnta visum dan dinyatakan mmng ada kekerasan terjadi,,,yg ingin saya tanyakan :
    1. bagaimana hak asuh anakny?
    2. Apa pasal yg terjadi terhadap istri dan orangtua kandungny?
    3. Bagaimana tindakan kmi sebagai korban pak?karena saudara saya tdk ingin terjadi perceraian?sementara si bapak kandung istri saudara saya berkata : "kamu bertemu istri kamu di pengadilan"
    4. Istri saudara saya sudah mengajukan gugatan perceraian ke pengadilan agama sementara swaminya tidak mau adanya perceraian
    tolong dibantu pak

    BalasHapus
  125. Pak, jika seorang suami tidak pernah memberikan nafkah kepada anak2nya pasca perceraian, apakah dapat dikenakan sanksi hukum pidana atau perdata ?

    BalasHapus
  126. saya seorang istri yg mengajukan permohonan cerai namun pada saat sidang suami saya sama sekali tidak hadir, apakah permohonan saya dapat dikabulkan oleh hakim ?

    BalasHapus
  127. Utk bu Evi;
    sebelumnya, alangkahbaiknya yg brtanya adlh sodara bu sendiri, sy tetap coba mnjawab;
    1. krn yg pergi mninggalkan rmh brsama adlh si istri maka ada kmungkinan hak asuh anak dpt dipegang si suami, namun tetap perlu adanya bukti2x dan saksi2x yg kuat;
    2. jika yg anda maksudkan adlh pasal pidana, maka sy rasa meka blm dpt kena pasal pidana, krn anak2x secara fisik diambil oleh org tua kandungnya [bukan oleh kakek-neneknya];
    3. tetap harus menghadiri persidangan [kalo memang ada gugatan cerai] dan berjuang mempertahankan perkawinan dgn bukti2x dan saksi2x yg mndukung tdk adanya perceraian;
    4. jawaban no.3 di atas.

    Utk anonim tgl 20 Agstus jm 13.24;
    Secara teori bs dikenakan perdata [bisa dtntut lg di pengadilan] namun pd realitanya sgt lah jarang krn mungkin terbentur masalah lamanya persidangan dan biaya yg lumayan tinggi.

    Utk anonim tgl 20 Agstus jm 13.28;
    ya dapat, asalkan anda tetap dpt mnampilkan akta/buku perkawinan dan kehadiran minimal 2 org saksi.

    BalasHapus
  128. maf sebelum nya pa ! nama saya sendy pa.saya seorang guru honor,sy sudah menikah hampir 8 tahun tapi sumai saya selalu bermain di belakang saya,jelas nya suka main cwe pa,kasar suka pukul saya,tidak memberi saya nafkah selama hampir 8 tahun tapi baru 3 bulan di mau bekerja dan memberi saya uang 500rb,setelah itu dia selingkuh lagi saking sibuk sama cwe baru nya suami sy tidak bekerja lg,sumpah suami saya orang teraneh di dunia mhk sy ga bisa cerita in satu2 pa,panjang !semua penyakit masyarakat di borong pa,sy mau cerei pa,,,tapi suami sy tdk mau sy harus bgmn pa,sementara sy cm guru hnr dgn gaji yg minim,,,,tapi sekira nya honor ngajar sy bguna utk saya hidup bsama anak sy,suami saya idar pernah tidur di mlm hari,,,selam 8 tahun sy tidur sendiri pa,apa lg untuk urusan anak ga pduli,,,tapi ortu nya msh mbantu sy dlm keuang,

    BalasHapus
  129. pak sy br sj menikah tapi sy selalu bertengkar terus dan kemrn suami sy menalak sy. lah qt menikah di t4 sy...n suami sy jauh jd klu sy yg mengugat apa cepat prosesx wlu pun br 2bln menikah?klu suami sama sekali tdk dtng apa + cpt persdngn slsi...lalu alsn yg kuat apa p?tq

    BalasHapus
  130. pak, saya adalah seorang suami yg ingin
    'talak cerai' istri saya(kami menikah secara islam), karena istri saya menolak untuk berhubungan suami-istri lagi dgn saya dan juga istri saya banyak menyimpan rahasia dari saya yg intinya tidak mau menjadi ibu rumah tangga lagi. kami sudah mempunyai seorang putri yg berumur hampir 3 thn.
    yg ingin saya tanyakan adalah mungkin pak advokat bisa merekomendasikan advokat perceraian yg berada di surabaya dan juga no telp advokat tsb yg bisa saya hub.
    dan e-mail saya : triometi@gmail.com

    terima kasih atas waktunya pak

    BalasHapus
  131. Utk bu Sendy;
    sy anjurkan anda utk dtg ke pengadilan berwenang terdekat, disana mereka bisa mbantu utk org yg tak mampu. Dan jika suamu tak stuju cerai maka anda tetap bs ajukan gug cerai, krn proses cerai tdk memerlukan prsetujuan suami.

    Utk anonim tgl 25 Agstus;
    Dlm kondisi dmikian tetap bs diajukan gugatan cerai. Jika suami tak dpt dtg maka proses sidang tetap bisa berjalan.

    Utk anonim tgl 28 Agstus;
    Mohon maaf pak, sy blm bs mbantu utk di Surabaya.

    BalasHapus
  132. pak, saya menikah dgn WNA inggris dan tercatat di catatan sipil bali. selama ini kita tinggal terpisah dan suami saya ingin menceraikan saya, tapi apakah bisa dilakukan dari negaranya (inggris)? pernikahan kita sudah tercatat disana. terima kasih atas bantuannya (anonim)

    BalasHapus
  133. Jika menikah di Indonesia maka cerainyapun di Indonesia.

    BalasHapus
  134. Yth Bp Pengacara,
    Mohon maaf, saya Tommy lagi yg Januari lalu pernah bertanya, sampai sekarang kami masih berusaha mempertahankan perkawinan, tapi kelihatannya sulit untuk diteruskan.
    Masih ada 1 pertanyaan, setelah perceraian usai, dan harta gono-gini sudah dibagi dgn adil 50-50 dan disetujui kedua pihak, apakah pihak mantan suami masih harus memberi nafkah bulanan kepada mantan istri ? Kalau anak sudah pasti akan dibiayai hidup dan pendidikannya, tapi apakah mantan istri juga ?

    Tommy

    BalasHapus
  135. Dalam UU memang diatur adanya kmungkinan mantan istri dinafkahi oleh mantan suami, namun harus berdasarkan alasan dan argumen tertentu, tetapi brdasarkan pengalaman sy, hal itu agak jarang dikabulkan hakim.

    BalasHapus
  136. Salam kenal

    Sy punya kakak perempuan sudah memiliki anak 1. Kakak saya sudah 2 th ditinggal suaminya tanpa ada kejelasan. suami menghilang dan selama 2 th tidak ada nafkah baik untuk kakak sy maupun anaknya.
    Waktu itu pergi jg tidak pamit. Jadi pergi begitu saja tidak ada kejelasan dan tanggung jawab sebagai suami dan ayah

    Blm lama ini kakak saya menemukan suaminya telah menikah hampir 2 th yg lalu..

    Pernikahan yg kedua itu tercatat bkn hanya nikah siri karena suami kakak saya ini menggunakan identitas palsu untuk pernikahan kedua

    Saya meminta saran ke bpk tindakan apa yg harus kami lakukan selain menggugat cerai?
    apakah bisa dipersoalkan hal lain seperti menelantarkan istri dan anak?
    ya km berfikiran ingin memberi efek jera karena kejadian ini yg pasti sangat menyakitkan keluarga kami

    terima kasih atas saran bapak

    BalasHapus
  137. Jika hal tersebut benar adanya maka dpt dilakukan pelaporan pidana, krn spertinya terdapat unsur pemalsuan. Coba saja dilaporkan ke ktr polisi brwenang.

    BalasHapus
  138. Pak,

    Mau tanya, kalau ingin bercerai Prosesnya kurang lebih berapa lama? (Dari mengumpulkan berkas sampai dengan dapat surat cerai).

    Note : saya menikah di catatan sipil Jakarta Utara

    BalasHapus
  139. kami sudah menikah secara KRISTEN 11 thn sdh punya 2 org anak umur 9 & 10 tahun , niat cerai ini sebetulnya sudah lama karena ketidak cocokan dan tekanan batin, tetapi karena anak saya berusaha bertahan, sampai saya pernah berzinah, karna itu saya tidk bisa bertahan lagi, saat ini kami masih serumah tp sdh 2 bln tidak bertegur sapa, saya ingin mengajukan gugatan cerai kepada istri saya.

    1. kami tinggal di depok menikah di Sipil JAK-TIM, apakah saya bisa mengajukan cerai di PN Jakarta Timur atau hrs di depok?

    2. sayang menginginkan hak asuh kedua anak saya, demi kebaikan dan masa dpn anak-anak, mengingat istri tidak bekerja, dan hal buruk lainnya.

    3. berapa lama kira-kira sidangnya, bisakah selesai 1 bulan?

    4. apakah gugatan cerai, hak asuh anak, gono-gini bisa dalam satu perkara?

    5. berapa kisaran biaya kalau pakai pengacara?

    demikian, terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  140. 1. PN berwenang adalah PN sesuai wilayah domisili si Tergugat [istri] pak. "Saat ini" si istri berdomisili dmana pak? disitulah PN brwenangnya.
    2. Harus dibuktikan pada proses persidangan nanti pak, nanti hakim yg menentukan.
    3. Bisa sj 1 bulan dgn kondisi tertentu [verstek], namun umumnya skitar 3-4 bulan. [silahkan email sy utk hal ini].
    4. Kalau utk gono-gini, terpisah pak.

    Demikian, smoga berkenan.

    BalasHapus
  141. siang pak..
    saya non muslim, saya menikah sdh 6 tahun(disulawesi utara)dan mempunyai 1org anak,sudah 4 tahun pisah rumah dgn suami saya,saya domisili skrg di jakarta dan suami di sulawesi..saya dan suami sdh menyetujui untuk berpisah baik2,tapi org tua suami saya tidak mau memberikan surat nikah kami...saya bingung mau bagaimana caranya..tolong dijawab yaa pak .
    trims atas waktunya

    BalasHapus
  142. Pak pengacara saya mao tanya, saya dan istri sudah sepakat untuk bercerai ... Bagaimana prosesnya supaya cepat dan tidak bertele-tele. Saya non muslim. Bagaimana jika ingin mendapatkan keputusan verstek?

    thanks

    BalasHapus
  143. Jika demikian [secara verstek] maka si tergugat tidak pernah hadir setiap kali menerima surat panggilan sidang [sebanyak 3x]. Silahkan kontak email saya pak [konsultasiperceraian@gmail.com]. Bersedia mbantu utk bisa cepat. Tks

    BalasHapus
  144. saya mau tanya pak, apa mungkin mantan istri mengajukan gugatan di pengadilan agama/negeri karena dianggap tunjangan untuk anak2 masih kurang? sementara sejumlah asset (rumah/tanah) sudah diberikan untuk mantan istri dan anak2? Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  145. Mungkin sj pak. Namun biasanya pd putusan cerainya yg terdahulu, biasanya ditentukan kpd si bapak utk menafkahi sejumlah sekian, dan jika tdk dipenuhi maka barulah bisa dialakukan penuntuttan si pengadilan, tapi pd praktiknya hal itu jarang terjadi.

    BalasHapus
  146. saya sudah bercerai dengan istri saya dan hak asuh berada pada istri saya namun setelah perceraian itu saya 6 bulan ini tidak di perbolehkan bertemu dengan anak saya
    1 apakah bisa di ajukan sidang hak asuh anak lagi?
    2 apakah dengan alasan karena saya tidak diperbolehkan bertemu bisa memenangkan saya?
    3 bagai manakah caranya agar saya berpeluang memenangkan tersebut

    BalasHapus
  147. apakah perselingkuhan istri bisa dijadikan dasar untuk mendapatkan hak asuh anak-anak? perselingkuhan tidak diketahui sampai taraf mana, bukti yang didapat hanya berupa SMS-SMS mesra dan dalam salah 1 SMS nya istri pernah janjian dgn laki-laki lain utk bertemu di apartemen orangtua-nya (aparteen tsb dalam keadaan tidak ada orang lain)tetapi batal. Apakah bukti berupa SMS ini cukup kuat untuk mendapatkan hak asuh anak-anak ? selain itu sifat boros sampai memiliki hutang kartu kredit dalam jumlah besar tanpa sepengetahuan suami, dapat dijadikan fakta pendukung? terimakasih

    BalasHapus
  148. Mnurut sy kalau hanya sms sj kurang kuat pak, tapi jika si istri mngakui telah "berhubungan" maka baru dpt dikatakan 'kuat'. Hal2x yg anda kemukakan bisa sj diajdikan argumen utk dpt hak asuh anak, tapi ada baiknyan pula mberikan bukti ttg kedekatan si anak dgn anda.

    BalasHapus
  149. Pak, status saya pns, mau bercerai dg istri sy, krn dari awal mmg tidak ada kecocokan, kami menikah karena dijodohkan, sy jg tdk yakin anak2 sy adalah bnr2 darah daging saya, skr sedang proses untuk tes dna, sy kesulitan untuk bercerai krn sbagai pns hrs ada persetujuan srt istri dulu baru bs diproses scra kedinasan,sdgkan dia bersikeras tdk mau bercerai, sudah bertahun2 tidak saling menyapa dan hidup sendiri2, sy jg tidak mengerti alasannya knp tdk mau bercerai, sementara sy berasumsi orientasinya hanya harta semata, sy berencana melepas status pns sy dan menggugat scra hukum ... menurut Bpk sudah tepatkah langkah saya? apakah yg dapat sy lakukan untuk mempercepat proses perceraian mengingat dia tidak mau bercerai? kesulitan apakah yg mungkin sy hadapi di pengadilan krn dia tdk mau bercerai? apakah bpk ada referensi untuk pengacara yg bs bantu saya di daerah sby? Terima Kasih

    BalasHapus
  150. Sejujurnya sy sgt sulit mnjawab prtanyaan anda. Jadi, dlm UU memang diatur demikian, namun setau sy utk PNS wajib mndapat srt prsetujuan dari atasannya [bukan dari istri], tetapi memang umumnya setiap instansi pemerintahan punya cara/aturan yg beda2x utk proses cerai dan mungkin sj aturan pceraian di instansi ktr anda demikian, ya itu syah2x saja.
    Kalau konsekwensinya adlh anda mau keluar dari PNS demi bisa bcerai, ya itu hak anda dan jk demikian maka proses cerai jauh lebih mudah.
    Yg trpenting dlm proses cerai adalah: buku nikah dan adabnya saksi minimal 2 org.
    Jd kalo tak masalah kalo istri tak stuju cerai asalkan anda pegang buku nikah dan punya saksi 2 org.

    BalasHapus
  151. pak pengacara...sy sdh menikah selama 16 thn..sejak thn 1998 suami tdk pernah membri uang untuk rumh tg dengan alasan gaji tdk mencukup..dan intinya sekrng dia tdak pulang sdh +-2 thn..dia tgl bersma ibunya di kel gading..sya dibekasi bersama putera kami 14 thn..suami hanya mampu (alasan)membiaya listrik,air dan sekolah anak +-700 ribu sbln (itu dia sendiri ya byar langsung)..
    sya bekerja sebgai guru bimbel dengan penghasiln cukup untuk kebutuhan sehri2.selma ini sya yg memenhui kebutuhan kami..yg sy mau tyakan :
    sebaiknya sya sebg penggugat atau tergugat??
    jika kami bercerai ,harta gogo gini berupah rumah dibagi 2 ato bagaimana??dan untuk biaya ank kami bagaimana mengingat dia selalu bilang tdk mendapat gaji yg cukup...bgaimana dgn anak kami,hak ap saj yg akan didpat??oh ya kalo melalui lbh ada tdk pa yg bisa membantu masalah sya ini??karan pakai pengacara sya tdk ada biaya..
    sekian dan terima kasih.mohon penjelsan bapak.

    BalasHapus
  152. Pak pengacara, hal2 apa yang membuat proses pengadilan perceraian jadi berlarut larut? Semisal kasus bambang tri n halimah, kasusnya sgt panjang dan berlarut2.. Mengingat saya hendak mengajukan gugatan cerai, jika sy ragu anak2 yg didapat dr perkawinan sy adalah benar2 anak sy, bisakah dimasukkan dalam salah satu alasan gugatan untuk diproses test dna? Krn mulai awal perwakinan kami sdh tdk harmonis, krn semuanya adalah perjodohan.. Mohon advise nya untuk daerah surabaya.. Terima Kasih

    BalasHapus
  153. Utk anonim 7 Jan:
    Cobalah adakan prtemuan 4 mata dulu dgn suami, ajaklah berunding. Jk ibu sdh benar2x yakin bhwa yg trbaik adlh prceraian maka memang sbaiknya mnjadi pgugat. Utk rumah, pd prinsipnya bgini; gonogini adlh harta yg diciptakan slama masa perkawinan, dan pmbagiannya secara 50:50, saran sy utk gonogini usahakan dgn 'kesepakatan' mlalui akta notaris. Utk anak bs dmintakan biaya nafkah penghidupannya, LBH bisa, cobalah lgsung ke pengadilan ke ruangan bagian bantuan hukum, pasti dibantu.

    Utk anonim tgl 8 Jan;
    salah satunya krn memang proses sidangnya itu sndiri bisa memakan 10 kali prtemuan sidang bahkan bs lebih, blm lg kalo dalam proses cerainya byk hal2x yg diperjuangkan 1 sama lain, blm lg proses/prtemuan sidang yg wajib dijalani [bisa ada 10x prtemuan sidang bahkan lebih].
    Utk test dna trgantung kebijaksaan majelis hakimnya, namun utk prkara prdata umumnya yg berinisiatif haruslah si pihaknya itu sendiri.

    BalasHapus
  154. Selamat siang pak,

    saya ingin menanyakan apabila istri meninggalkan rumah selama 2 th dan sampai saat ini tidak tahu dimana tempat tinggal tetapnya, untuk proses cerainya bagaimana sedangkan si istri di jkt sdgkan suami di jogja, apakah bisa pengajuan cerai dilakukan di tmpt pemohon? Karena setahu saya kl hal demikian dapat dilakukan di tempat pemohon (PA dimana pemohon berada)dan setahu saya ini disebut nusus kah pak? Mohon penjelasanya

    BalasHapus
  155. Apa yg telah bapak utarakan di atas adalah benar pak, kalau almat/keberadaan istri tdk diketahui maka bisa di pengadilan sesuai wilayah si suami [pemohon]. Dan ttg nusyus adalah benar pak.

    BalasHapus
  156. Saya seorang PNS pak, bagaimana urutan dan aturan bila saya ingin menggugat cerai suami saya?
    Alasannya krn saya pernah mengalami kekerasan fisik oleh mertua saya, dan selebihnya krn sudah tidak cocok satu sama lainnya.

    BalasHapus
  157. 1. Wajib mndapatkan srt izin cerai dari atasan
    2. Mbuat srt gugatan cerai
    3. mpersiapkan buku nikah
    4. akta lahir anak2x
    5. ktp dan kk
    6. bukti2x lain
    7. saksi minimal 2 org
    8. daftar gugatan cerainya di pengadilan brwenang
    9. mnunggu srt panggilan sidang

    BalasHapus
  158. Klo untuk Hak asuh anak bisa ga???
    by Rian

    BalasHapus
  159. abah saya mau tanya saya dulu kawin lewat kua dan ternyata surat kawin saya palsu dan sekarang istri saya udah pisah sama saya lama sekali sedangkan anak saya akthenya ada nama istri saya , mohon petunjuk saya sekarang mau nikah lagi gimana cara urusnya abah ? surat cerai tentunya tdk ada dan kalau mau cerai juga gimana wong surat kawinya palsu , kalau urus surat kawin dulu mantan istri saya juga tdk tau dia dimana lagi mohon hub saya di 08983887237

    BalasHapus
  160. Utk anonim tgl 17 Jan;
    maaf pak, sy kurang mngerti mksud prtanyaan anda.

    Utk anonim tgl 23 Jan;
    Sudah dijawab di kolom sbelumnya pak.

    BalasHapus
  161. Pak Pengacara Yth:
    Saya non muslim tlah menikah slama 5 tahun berjalan ...punya anak umur 4 th . Apakah saya dapat mengugat cerai.
    karena Istri tidak memberikan nafkah batin. dan meninggalkan rumah slama 1 tahun 4 bulan.. dan sering bertengkar tidak rukun. slalu menjelekan saya di depan teman2. Hasil lelang rumah sudah di ambil oleh istri saya,apa bisa digugat? apakah biaya anak bisa dihindar karena ketidak mampuan saya?
    Saya akui penghasilan saya tidak menentu sekarang ini.. berapa biaya yg harus saya keluarkn untuk perceraian ini. apakah biaya Pengacara mahal.?? terima kasih sebelumnya saya ucapkan.

    BalasHapus
  162. 1. Ya, bisa.
    2. Jika sdh dilelang dan sdh menerima hasilnya, sy rasa sulit pak.
    3. Bisa pak, hanya dianjurkan "sesuai kemampuan si suami".
    4. Utk hal itu silahkan email sy secara pribadi ya pak.

    BalasHapus
  163. Pak Pengacara,
    Untuk mengajukan gugatan cerai, akte nikah yg diserahkan 1 saja atau 2?
    kalau istri terbukti berzina dalam masa pisah rumah (1tahun lebih) hak asuh anak nantinya ada di siapa? tapi sebelum pisah rumah suami terbukti selingkuh. dalam hal ini suami yang mengajukan gugatan cerai.

    BalasHapus
  164. Pak pengacara, saya ingin menambahkan.
    --------
    Untuk mengajukan gugatan cerai, akte nikah yg diserahkan 1 saja atau 2?
    kalau istri terbukti berzina dalam masa pisah rumah (1tahun lebih) hak asuh anak nantinya ada di siapa? tapi sebelum pisah rumah suami terbukti selingkuh. dalam hal ini suami yang mengajukan gugatan cerai.
    suami islam, istri kristen dan anak juga kristen.

    BalasHapus
  165. - 1 saja sdh cukup, tp kalau ada dua2nya maka itu lbh baik.
    - ini diajukan ke PA apa ke PN yah? spertinya si suami bs dapatlan hak asu anak jika perzinahan itu trbukti.

    BalasHapus
  166. Pak pengacara,selamat siang

    Saya seorang suami, dimana tanpa sepengetahuan saya, istri menikah sirih dengan orang lain dan mempunyai 2 anak. Sementara saya dengan istri juga sudah mempunyai 2 anak, saya sudah mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama, berapa lama proses perceraian saya bisa diputuskan? dan hak asuh atas kedua anak kandung saya apakah bisa jatuh ke tangan saya?

    BalasHapus
  167. Pak maaf saya mau tanya......klo saya meniklah di JAK-TIM lalu saya mau urus perceraiannya di kantor pengadilan agama yg berbeda dengan tempat saya menikah dulu bisa ngga???saya meinkah di KUA JAK-TIM tapi saya mau Urus perceraian di Pengadilan Agama JAK-SEL.....

    BalasHapus
  168. Utk anonim tgl 6 Feb;
    - Sekitar 3-4 bulan
    - jika istri terbukti berzinah maka hak asuh anak dpt dipegang oleh bapaknya.

    Utk anonim tgl 7 Feb;
    PA brwenang adalah PA sesuai domisili SAAT INI si istri pak.

    BalasHapus
  169. Selamat siang Pak,
    berkas apa saja yang harus saya siapkan untuk mendaftarkan perceraian di PN, sedangkan saya dulu melakukan pernikahan campuran.

    Dalam hal ini :
    1. Suami saya adalah warga negara Australia
    2. saya sebagai seorang Istri berkewarganegaraan Indonesia
    3. Pernikahan dilakukan di Australia dan telah dicatatkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
    4. Apakah bisa dalam Surat Gugatan yang akan di daftarkan di PN, selain dimohonkan untuk cerai, berikut juga dimohonkan pula untuk hak asuh anak dan harta gono gini? ataukah harus menunggu putusan cerai dulu baru bisa mengajukan permohonan hak asuh anak dan gono gini ?

    Terima kasih

    BalasHapus
  170. Utk gono-gini maka harus ada putusan cerainya dulu, baru ajukan gugatan gono-gininya.

    BalasHapus
  171. menyambung pertanyaan saya tanggal 9 Feb,
    apa yang harus saya siapkan pak untuk melakukan cerai di Indonesia, sehubungan dulu saya kawin di Australia, tapi sudah pernah saya daftarkan di Catatan Sipil...

    BalasHapus
  172. Pak pengacara,

    biaya rata2 yg bapak sebutkan diatas apakah 'all in'? atau ada biaya lain? karena setau saya pengacara biasanya mengenakan fee per jam..lalu apakah umumnya ada biaya konsultasi jg pak?

    terima kasih.

    BalasHapus
  173. Pak Pengacara saya mau tanya.....bisa tidak bila suami/istri yang sedang menjalani proses perceraian atau baru saja selesai mendaftar untuk menjalani proses cerai UNTUK MENIKAH LAGI???

    Terimakasih.....

    Ikhram

    BalasHapus
  174. Utk ibu Jesica;
    Jika sdh didaftarkan di Cat Sipil maka tinggal didaftarkan saja srt gugatan cerainya di PN brwenang, berkas2x yg diperlukan adalah akta perkawinan, akta lahir anak2x, ktp dan kk [kalau ada].

    Utk anonim tgl 17 Feb;
    Utk hal ini silahkan mlalui email saja ya, silahkan email ke azizmambro@gmail.com atau latiefnas@gmail.com.

    Utk anonim tgl 19 Feb;
    Sy agak kurang mngerti prtanyaan anda. Intinya bgini, anda baru bisa nikah lg stelah dpt akta cerainya dulu.

    BalasHapus
  175. Utk anonim tgl 6 Feb;
    - Sekitar 3-4 bulan
    - jika istri terbukti berzinah maka hak asuh anak dpt dipegang oleh bapaknya.

    **> trimakasih,,, pak untuk balasan jawabannya...


    sekarang ini saya sudah pada proses menunggu keputusan pengadilan,,

    Apakah saya,, nantinya wajib harus menafkahi mantan isteri saya, pak,? jika salah satu anak saya ditahan sama neneknya dirumah isteri,,,?

    trimakasih sebelumnya, pak atas jawabannya...

    BalasHapus
  176. Selamat pagi Pak Pengacara,

    Saya mau nanya, saya mengikuti sidang perceraian sudah pada tahap pembuktian Termohon (saya yang memohon cerai, pihak pria), kenapa kok sidang selanjutnya langsung masuk ke sidang keputusan, bukannya harusnya sidang kesimpulan dulu?
    Apa itu hal yang wajar Pak?
    Trus untuk masalah uang iddah dan mut'ah, saya belum menyetujui yang diminta istri saya, apakah nanti pada sidang keputusan akan dibahas masalah iddah dan mut'ah tersebut sehingga hakim akan menanyakan kesanggupan saya berapa, atau langsung dari hakim walaupun besarannya diluar kesanggupan saya Pak?
    Karena besaran iddah dan mut'ah yang diajukan istri saya diluar kesanggupan saya

    BalasHapus
  177. Pak mau tanya nech??

    Skrg saya tinggal di cikarang dan suami ada di jakut, menikah dijkaut, suami sudah 5 thun pergi dri rumah, mka saya mengajukan gugatan cerai di PA tmp tgl saya (benar tdk?), krn 2x sidang tdak hadir mka cerai verteks, mempunyai tenggang brp lama sblum surat cerai itu syah??

    dan suami saya stlah putusan tsb tiba2 hadir ingin mengajukan banding, dan dia bilang akan mempersulit proses perceraian nya.

    BalasHapus
  178. Utk anonim tgl 20Feb;
    Tergantung isi dari putusannya pak, ditunggu saja isi putusannya.

    Utk anonim tgl 22Feb;
    Benar pak, seharusnya ada sidang kesimpulan dulu, ansda harus PROTES, jgn mau seperti itu, bilang saja nanti ke majelis hakimnya bahwa anda sdh baca aturan UU nya bahwa anda berhak ada sidang keismpulan secara tertulis.
    Pd sidang putusan sdh tidak ada lagi pertimbangan. Sy khawatir nanti hakim lgsung menentukan anda diharuskan mbayar idah-mutah sejumlah sekian yg mana anda mungkin tdk sanggup. Jika demikian maka saran sy sebaiknya anda ajukan banding saja.

    Utk anonim tgl 23 Feb;
    Jika suami tdk diketahui alamatnya maka secara UU harus dilaksanakan secara ghoib [sidang ghoib], yakni melalui panggilan radio. Coba anda tanyakan ke bagian informasi PA, disana wajib mnjelaskan ttg sidang dimana almat suami tdk diketahui.

    BalasHapus
  179. ada kasus mohon pendapatny pak jika seorg istri meninggalkn swminya slama 2tahun, n swami trsbut begitu diketahuinya tlh menikah 1 thn yang lalu bagaimana caranya sang istri mengurus surat cerai sementara istri trsebut berada diluar negeri, pertanyaannya apakah bisa diwakilkan untuk urusan perceraian itu dengan pihak keluarga si istri yang berada diindonesia..???

    BalasHapus
  180. Bisa saja, namun sebaiknya dia pakai jasa pengacara krn jk tidak akan sulit kepengurusannya.

    BalasHapus
  181. sy bcerai dr suami sy yg PNS. sy yg menggugat dan diputuskan scr verstek. dia tdk hadir di sidang.apakah ada sanksi utk mantan suami yg PNS?? seingat sy tdk ada ijin dari atasan suami sbg tergugat.

    BalasHapus
  182. Jadi bgini, jk yg gugat adalah si suami dan si suami adlh PNS maka si suami itu wajib dpt izin dari atasannya bu.

    BalasHapus
  183. Yth Bapak Pengacara
    saya mau tanya pak, saya pernah menikah tahun 2007, istri saya dulu pernah menikah di jakarta, tapi kenapa pas di kampng status perawan, sedangkan dia sudah mempunya anak, saya adalah sumai ke2, dan selama pernikahan istri saya membohongi saya , dengan mengatakan hamil, itu selama 3 x, akhirnya saya cek ke rs bersalin yg di tunjuk, data2 tentang istri saya tidak ada, saat itu saya masih memaafkannya, tapi baru selang sehari dia bohong dengan ijin kesaya mau pergi ke bogor tapi bus yg di naikin ke dengan tujuan jogja, sejak itu saya ingin cerai dari istri saya, tapi pihak istri selalu mempersulit saya, dulu mau saya daftarkan tp tidak boleh sama pihak istri, kemudian pihak istri mengajukan usul untuk pendaftaran dari pihak mereka dan biaya dari saya, tpai setelah biaya semua saya kasih sampai sekarang tidak ada kejelasannya, dan istri saya pun saya tidak tau tinggal dmana, karna setiap saya minta alamat tidak di kasih, mohon bantuannya pak..
    Terima kasih

    Nb: maaf kalau bisa jawaban di kirimkan ke email saya

    BalasHapus
  184. Pada prinsipnya; proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan tndatangan istri. Jika alamat istri tdk diketahui maka proses cerainya dilakukan sidang ghoib [pmanggilan mlalui radio].ada intinya jk alamt istri tdk diketahui maka proses cerai tetap dpt terlaksana dan PA brwenang adalah PA sesuai wilayah domisili si suami.

    BalasHapus
  185. YTH Bpk.Pengacara,
    sekitar 2thn yg lalu,saudara saya,cerai dr istrinya krn istrinya itu selingkuh.Saya kurang tahu selingkuhnya itu ada buktinya atau tdk.Mantan istrinya itu selingkuh pd saat anak mrk satu2nya baru lahir.Saat itu mrk tinggal dgn keluarga sang istri.Setelah itu saudara saya meninggalkan rmh keluarga sang istri,dimana istrinya dan anaknya itu berada dan mrk cerai setelahnya. Sejak saudara saya itu meninggalkan rmh tersebut dia tdk diperbolehkan melihat anaknya sampai saat ini anak mrk sudah berusia 11 thn. Nenek dr keluarga sang mantan istri tsb melarang pertemuan antara saudara saya dgn anaknya.Sang mantan istri krn takut dgn ibunya jd tdk dpt berbuat apa2. Sampai sekarang anak mrk tinggal dgn neneknya itu,sedangkan mantan istrinya itu tinggal sendiri di Jakarta krn dia kerja di Jakarta dan saudara saya tinggal di Jakarta jg. Berulang kali saudara saya minta kerjasama mrk spy dia diperbolehkan menjenguk anaknya tetepi nihil,tetap diperbolehkan oleh sang nenek. Sang nenek tersebut tinggal di Malang.Walaupun demikian saudara saya selama ini tetap menunjang anaknya secara materi dgn mengirimkan uang utk kebutuhan sang anak tiap blnnya.Sang Ibu beragama Islam sdgkan saudara saya kristen. Selama 11thn ini anak mrk tdk mengenal saudara saya krn sang nenek selama ini menyatakan kalau anak tsb adalah anaknya dan ibu sang anak adalah kakaknya sang anak spy anak tsb tdk akan mengenal ayahnya. Apa yg bs dilakukan dlm kasus ini? perlukah didamping pengacara? berapa kira2 biaya pengacara? berkas2 apa yg dibutuhkan utk mengajukan kejelasan hak status anak atau hak asuh anak? dapatkah saudara saya mendapatkan hak asuh anaknya atau paling tidak spy dia dpt mengunjungi anaknya tersebut klo memang dia tdk bs dpt hak asuh anak tsb. Terimakasih sblmnya

    BalasHapus
  186. yth.Bapak Pengacara

    saya ingin bercerai dari istri saya,tapi saya ragu jika nanti kami bercerai hak asuh anak kami yang baru berumur 2tahun jatuh ke tangan istri saya..
    karena anak saya belum berumur 12tahun dan menurut hukum,istri saya yang berhak mengasuh anak saya dalam usia anak saya yang baru 2 tahun..
    apakah ada solusi jika nanti saya mengajukan gugatan cerai dan saya bisa mendapatkan hak asuh terhadap anak saya??

    Terima kasih.

    BalasHapus
  187. Utk anonim 15 Maret;
    mohon maaf, mnurut sy prmasalahannya sgt pribadi, mohon email sy sj secara pribadi di azizmambro@gmail.com

    Utk anonim tgl 18 Maret;
    Hak asuh anak baru dpt pindah ke suami jika: diiklaskan oleh istri, TERBUKTI berselingkuh/berzinah, terbukti melalaikan tugasnya sbg seorang ibu.

    BalasHapus
  188. Mohon Pencerahannya Pak Pengacara

    Utk anonim tgl 20Feb;
    Tergantung isi dari putusannya pak, ditunggu saja isi putusannya.
    ------------------------------------

    Putusan Perkara CTV sudah dibacakan dan hakim mengabulkan tuntutan saya,, saya dikasih tahu maximal 1 bulan tapi sampai sekarang sudah 1 bulan lebih saya belum dapat berita lagi dari PA.

    proses sebenarnya bagaimana ya Pak,, berapa lama
    lagi saya harus menunggu dan kapan akte cerai tersebut dikeluarkan,, mohon pencerahannya pak pengacara,,
    trimaksaih atas bantuannya

    BalasHapus
  189. Saya menikah secara Katolik, suami saya sering melakukan verbal abuse sehingga saya sudah tidak sanggup lagi. Hidup saya tertekan dan sangat tidak bahagia. Dia meminta maaf dan berjanji akan berubah. Tetapi saya sudah tidak tahan dan ingin bercerai. Dikhawatirkan dia menolak untuk bercerai. Dia memang membiayai hidup kami tetapi dari hutang. Sehingga hutang menumpuk dan saya tidak tau lagi harus bagaimana. Apakah ada peluang untuk saya untuk bisa bercerai? Karena saya benar2 sudah tidak mencintai suami saya lagi. Akankah mahal untuk kasus seperti saya ini?

    BalasHapus
  190. Utk anonim tgl 20 Maret;
    Sebaiknya bapak inisiatif dtg ke pengadilan utk flw up krn pihak PN tidak akan kirim srt informasi utk ambil salinan putusan. Seharusnya jika sdh sbulan maka salinan putusan sdh bisa diambil. Setelah terima salinan putusan anda ke ktr catatan sipil [bawa salinan putusannya] utk kmudian diproses pmbuatan akta cerainya [skitar 1 minggu].

    Utk anonim tgl 21 Maret;
    Pada prinsipnya jika mau cerai maka alasan cerainya harus kuat. Jadi jika memang dianggap pernikahan anda sudah tdk harmonis dan/atau sering trjadi prselisihan yg terus menerus tanpa bisa didamaikan lagi maka hal itu sdh bisa dijadikan alasan cerai [krn diatur dlm UU]. Biaya cerainya skitar 600rb-800rb, yg mahal kadang adkh biaya pengacaranya.

    BalasHapus
  191. Selamat pagi, pak pengacara.
    Langsung saja, saya mau bertanya apakah kalau di kedua belah pihak sudah saling setuju dan tidak ada permintaan yg memberatkan dari kedua belah pihak, apakah tetap dibutuhkan pengacara untuk mengurus cerai? Dan kira2 berapa biaya jika, dan jika tidak dengan pengacara?
    Terimakasih

    BalasHapus
  192. Yth. Pak Pengacara... Saudara sepupu saya yang perempuan sudah resmi bercerai, namun dalam putusannya hakim tidak menyebutkan tentang pengasuhan anak,karena kesepakatan tentang anak antara saudara sepupu saya dan mantan suaminya dibatalkan ditengah jalan oleh mantn suaminya tersebut. Kini sidang tentang pengasuhan anak dilakukan hingga taraf pembuktian. Mohon kiranya bagaimana cara menyediakan pembuktian yang baik dan kuat dan apakah Bapak Pengacara yang terhormat dapat memberikan petunjuk.. Kemudian bagaimana membuat surat pengantar untuk pembuktian yang akan diajukan kepada majelis hakim? Mohon bantuannya..sidang pembuktian akan dilakukan pada tanggal 5 April 2011 mendatang..Terimakasih. Hormat Saya.

    BalasHapus
  193. Utk anonim tgl 27 Maret;
    Pakai pengacara itu tdk wajib. Umumnya org pakai jasa pengacara jika dia sibuk atau memang memerlukan strategi khusus utk menjalankan perkaranya. Biaya pengacara sgt berbeda-beda disetiap ktr pengacara. Utk hal trsebut silakan ibu email secara pribadi ke azizmambro@gmail.com

    Utk anonim tgl 28 Maret;
    Umumnya hak asuh anak dipegang oleh sang ibu. Berikan bukti2x kedekatan si anak dgn si ibu, misalkan foto. Yg penting adalah adanya saksi [minimal 2 org] yg benar2x dpt mbuktikan bhwa si anak memang benar2x perlu perhatian seorang ibu.

    BalasHapus
  194. Bagaimana cara membuat surat pengantar utk menyerahkan bukti-bukti ke majelis hakim?

    BalasHapus
  195. Ada contohnya, silahkan buka website di:
    http://masalahperceraian.com/kasus2.php

    BalasHapus
  196. Terimakasih atas contoh yang sudah diberikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kami sekeluarga. Mohon doanya utk sidang pembuktian hak asuh anak minggu depan. Tidak ada sidang perceraian krn sudah ada putusan tetap sebelumnya ttg perceraian, skrg tinggal hak asuh anak saja.
    Sekali terimakasih.. :)

    BalasHapus
  197. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  198. malam pak'
    saya berumur 27thn

    ceritanya dulu saya dipaksa nikah oleh pihak keluarga mantan pacar saya,yg sekarang sdh jd istri sya.saya menikah bulan agustus 2009 namun kemudian karena tidak ada kecocokan dan saya pun sdh tdk mencintainya lg,sejak pernikan kami sampai saat ini kami pun tidak pernah tidur satu ranjang bahkan sejak desember 2009 kami sdh tidak tinggal satu rumah lg.dan sejak saat itu jg sy pun tidak pernah menafkahinya. yg sy ingin tanyakan apakah pd saat proses perceraian itu sy di kenakan denda atau sejenisnya?kira2 brp yg hrs sy byr?.terakhir sy dengar klo istri sy sdh memiliki pacar lg,dan begitu pun dgn sy.sebenarnya sdh lama sy ingin mengurus perceraian ini,tp sy tidak punya cukup uang untuk mengurusnya,dan sy jg kurang paham mengenai prosedur dan proses perceraian tersebut. mohon dibantu pak,apa yg harus sy lakukan saat ini untuk menyelesaikan masalah ini. terimakasih

    BalasHapus