Selasa, 08 Juni 2010

Layanan Konsultasi & Informasi Tentang Perceraian

Secara prinsip blog ini untuk memberikan pelayanan konsultasi tentang perceraian secara profesional. Konsultasi perceraian mencakupi hal-hal tentang:
  1. Informasi tentang seluk-beluk perceraian (proses perceraian dan akibat hukum perceraian);
  2. Konsultasi masalah perkawinannya (masalah hak/kewajiban suami-istri, nafkah lahir-batin dan KDRT);
  3. Bagaimana cara mengajukan gugatan cerai di pengadilan;
  4. Syarat-syarat apa saja yg diperlukan utk mengajukan gugatan cerai;
  5. Strategi mengajukan gugatan cerai;
  6. Strategi menghadapi gugatan cerai;
  7. Dan, segala macam bentuk masalah perceraian.
Bagi anda yg mengalami permasalahan-permasalahan di atas, anda dapat menghubungi kami di:
  • email: konsultasiperceraian@gmail.com, azizmambro@gmail.com
  • telp: 087 87 87 222 82 (sms dulu utk request pin bb)/ 0816 7 222 82
  • alamat: Jl. Bendungan Hilir No. 45, Ben-Hil, Jakarta Pusat
Sesuai dengan maksud dan tujuan blog ini, ialah memberikan pelayanan konsultasi tentang perceraian, secara profesional, maka untuk konsultasi perceraian dikenakan biaya sebagai berikut:
  • Kedatangan pertama konsultasi = Rp 250.000,-
Hal-hal yg perlu diketahui dalam konsultasi perceraian:
  • Jadwal konsultasi:
  1. Senin sampai Jumat = Jam 8.00 - 19.30
  2. Sabtu - Minggu atau diluar jam kantor = perjanjian terlebih dahulu
  • Usahakan adakan perjanjian dahulu untuk jadwal konsultasi
  • Perjanjian dapat melalui email (azizmambro@gmail.com) atau sms (087 87 87 222 82 atau 0816 7 222 82)


Saya seorang profesional murni pada di bidang hukum perceraian. Sulit dan rumitnya proses cerai di Indonesia men-spesialisasikan saya pada bidang tersebut. Blog ini memberikan informasi tentang proses perceraian di pengadilan.
Untuk pertanyaan/konsultasi tentang perceraian, bisa email ke azizmambro@gmail.com atau konsultasiperceraian@gmail.com atau hp: 087 87 87 222 82 / 0816 7 222 82

349 komentar:

  1. Saya menikah secara KATOLIK di gereja. Apakah bisa bercerai?

    BalasHapus
  2. Yth Bapak Ale,

    Ya! anda tetap bisa melaksanakan perceraian krn negara ini bukanlah negara ber-azas-kan agama, negara Indonesia adalah negara hukum dimana peraturan hukum di Indonesia me-legal-kan perceraian.
    Demikian pak, jika masih ada pertanyaan lagi bisa lgsung hub saya sesuai yg tertera di blog ini.
    Trimakasih.

    BalasHapus
  3. Mohonn informasi dimana saya harus mengajukan perceraian, sy berdomisili di jakarta barat, dan menikahnya secara katholik

    BalasHapus
  4. Yth Bapak;
    Pengadilan yg berwenang adalah pengadilan negeri sesuai di wilayah hukum alamat skarang si tergugat (istri). Jadi kalo istri anda saat ini beralamat di Tebet maka pengadilan yg berwenang adalah pengadilan negri Jak-Sel. Tapi kalo anda masih tinggal satu rmh di Jak-Bar maka pengadilan yg brwenang adlh Pengadilan Negeri Jak-Bar.
    Demikian pak, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  5. saya berniat menceraikan istri saya. karna tidak adanya keharmonisan dalam rukah tangga kami ditambah turut campurnya keluarhga istri sehingga saya semakin tertekan. saya kristen menikah 6 bulan.
    1. bagaimana tahapan pengajuan cerai saya ajukan
    2. sejauh mana pihak keluarga istri dapat mempengaruhi putusan hakim (mengigat secara normal tentu keluarga istri berat kalau anaknay harus diceraikan.
    demikian dan saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  6. Yth Bapak:
    1. utk tahapan mengajukan gugatan cerai bapak bisa cek di: http://masalahperceraian.com/index.php?c=2
    2. mnurut saya tak ada pihak keluarga manapun yg dpt mpengaruhi putusan hakim, putusan hakim berpengaruh pada bukti2x dan saksi2x yg mndukung adanya perceraian.

    Demikian pak, smoga brmanfaat, terimakasih.

    BalasHapus
  7. saya berniat mengajukan cerai kepada suami saya.
    saya mempunyai 1 bukti perselingkuhan dia (email) apakah itu cukup? dan saya ingin mengajukan cerai karena saya merasa jiwa anak saya terancam. selama ini anak saya menjadi pelampiasan kemarahannya.
    apakah ini alasan yg cukup untuk menceraikan suami saya?

    BalasHapus
  8. coba buka dulu alsaan2 perceraian untuk lebi faham tentang perceraian,

    BalasHapus
  9. Yth Ibu Lia,
    kalo buktinya hanya sebuah email mnurut saya kurang bu. Alasan2x cerai diatur di pasal 19 PP No. 9 Th. 75 (cari di toko buku ada kok bu).
    Kalo alasan2x ibu sesuai dgn salah satu alasan yg diatur UU maka proses cerai dpt brjalan lancar.
    Demikian terimakasih.

    BalasHapus
  10. saya dan suami saya (WNA) beragama kristen telah sepakat untuk bercerai, kami memiliki 1 orang anak. apakah gugatan cerai akan dikabulkan oleh hakim ?
    dimana saya harus mengajukan gugatan cerai?
    terima kasih.

    BalasHapus
  11. saya & istri katolik, bgmn urutannya urus perceraian...doc apa yg diperlukan?.., bukti2 untuk menguatkan per ceraian apa aja?..srt nikah kami ada dr greja maupun cttn sipil. trimakasih

    BalasHapus
  12. saya mengajukan cerai pak tempat tinggal suami saya di sidoarjo saya tinggal di surabaya akan tetapi suami saya kerja di luar pulau...apakah kalau panggilan sampai ketiga tidak datang apakah bisa diputuskan sepihak
    trims

    BalasHapus
  13. ya! benar bu, kalo dipanggil secara layak sebanyak 3x tetap tak hadir maka proses persidangan tetap dijalankan tanpa kehadiran di tergugat.

    BalasHapus
  14. oke pak thank buanget

    BalasHapus
  15. shaloom, bolehkah seorang pengacara keristen, menangani masalah perceraean?
    Tx

    BalasHapus
  16. tentu saja boleh asalkan sdh punya izin bersidangnya yah.

    BalasHapus
  17. pak..saya mau nanya, saya dengan isri sedang dalam proses persidagan dan sidang pertama telah kami jalani..tapi istri saya mempunyai tuntutan yang totalnya Rp.13.900.000 dan nafkah anak saya yang berumur 1 tahun Rp.750.000. padahal penghasilan saya tidak menentu dan jumlahnya kecil karena saya hanya seorang buruh..bagai mana saya harus meghadapi sidang berikutnya (ke-2)??sementara dalam sidang pertama majelis hakim meminta kami menyelesaikan masalah tuntutan itu diluar sidang..

    BalasHapus
  18. pak pengacara saya butuh pencerahan nech...
    rencananya saya akan membantu kakak untuk gugat cerai suaminya...
    ceritanya, kakak saya menikah mempunyai 2 orang anak di bawah 10 thn...pada awalnya pernikahan tidak disetujuin orang tua, tapi tetap berlangsung. akhir-akhir ini suaminya suka main tangan kalau marah dan suka mengungkit masa lalu.. sehingga kakak tertekan dan ingin cerai. sedangkan suaminya tidak menginginkannya dan ngotot pengen membawa anaknya jika bercerai... bagaimanan cara agar kakak saya mendapat hak asuh dan dapat menggugat cerai, dalam kasus ini kakak saya ingin cerai karena suka maen tangan dan sering berselisih.bagaimanan memberikan bukti di pengadilan tentang alasan minta cerai krn sering maen tangan dan berselisih... sedangkan yang tau hanya mereka saja dan mungkin keluarga dari pihak suami, tentunya keluarga dari suminya lebih membela suami dari kakak saya... tolong saran dari bapak... terimakasih

    BalasHapus
  19. saya seorang istri berusia 22 tahun dan sedang mengandung anak pertama. usia kehamilan 7 bulan. saya merasa tidak ada kecocokan dan keharmonisan dalam hubungan pernikahan. saya juga pernah dikhianati, jarang sepaham yang mengakibatkan ketidaknyamanan berdua dan juga keadaan ekonomi yang tidak menentu. apakah itu bisa dijadikan alasan untuk bercerai? dan bagaimana dengan anak saya jika lahir,biaya-biaya lainnya dapatkah dibebankan pada ayahnya?

    BalasHapus
  20. Utk Pak Fauzi;
    anda bisa email saya ke ahp_law@yahoo.com, atau hub saya di 01867222 82.

    Utk Anonim 27 Jan:
    yabu bisa, namun usahakan dlm pmbuatan srt gugatan cerai harus benar2x mberikan alasan cerai yg telah di atur UU diikuti dgn alasan2x cerai yg telah terjadi sehari-hari agar majelis hakim dapat mbenarkan alasan cerai anda.

    BalasHapus
  21. Pak pengacara,

    Saya denny muslim ingin bercerai dengan istri saya yg kristen,
    Karena merasa tidak cocok dan perbedaan agama. Saya menikah
    Dgn dua cara islam dan kristen. Dan dicatat di catatan sipil.
    1. Bagaimana mengajukan gugatan cerainya, kemana?

    2. Berapa lama prosesnya?

    3. Dok apa saja yg hrs disiapkan

    Makasih pak

    BalasHapus
  22. Utk Anonim 30 Jan;
    permasalahan anda terlalu pribadi jika saya solusikan di media ini, krn terkait masalah agama.
    Saya anjurkan anda menghub saya [0816 722282) atauy email pribadi saya di ahp_law@yahoo.com
    Trimakasih

    BalasHapus
  23. Pak Pengacara,

    Saya menikah secara kristen. Udah hampir setahun ini istri nuntut cerai dengan alasan yang tidak jelas. Tapi saya suruh segera proses gugatannya, kesannya malah diulur-ulur dgn alasan belum ada duit. Gimana menyikapinya? Masalahnya istri tetap gak mau baikan tapi suruh ajukan tuntutan dilama-lamain.
    Thx

    BalasHapus
  24. halo pak,saya menikah dengan pria wna digereja katholik. kami berdomisili di Bali, kemana saya harus mengajukan cerai dan apa saja syarat2nya. Kalau kedua belah pihak sudah setuju untuk berpisah, bisa tidak kita langsung cerai tanpa sidang?

    BalasHapus
  25. Utk Anonim tgl 31 Jan 10, jam 21:02
    Saya bisa mberikan solusi namun tdk etis jika saya jabarkan di media ini. Saya sarankan anda email ke alamat pribadi saya di ahp_law@yahoo.com, atau hub saya di 0816722282.
    Demikian, terimakasih.

    Utk Anonim tgl 31 Jan 10, jam 22:42
    Maka anda harus ke pengadilan negeri di Bali [sesuai wilayah domisili tergugat/suami dimana].
    Walau dua2nya stuju cerai namun wajib menghadiri hanya mediasi di pengadilan, selebihnya dpt diwakili pengacara [jika pakai jasa pengacara].

    BalasHapus
  26. Yth. Bapak Pengacara,

    Saya dan (mantan, jika bs dsebutkan demikian) suami, sudah menikah 8 tahun. memiliki seorang anak perempuan. Dan sudah 6 tahun ini tidak tinggal bersama. Perlu saya jelaskan juga, dari awal pernikahan, suami tidak pernah menafkahi saya. Saya membiayai sendiri kebutuhan hidup saya, dan dulu saat msh bersama, saya membiayai kehidupan kami sekeluarga. Anak saya semenjak kecil dipelihara oleh orang tuanya, mengingat kami belum mapan secara ekonomi, dan beberapa alasan lainnya. Juni 2008 yang lalu, kami sepakat bercerai dan dia sudah mengucapkan talak (kami muslim). Tapi dengan alasan keuangan, kami belum mengurus perceraian ini secara hukum.
    Saya berencana mengajukan gugat cerai.

    1.Dengan kondisi di atas akankah proses menjadi lebih mudah?
    2.Saya berdomisili di jakarta barat tapi KTP jakarta pusat, sedangkan (mantan) suami di jakarta timur. Pengadilannya di jkt barat ya? (menurut apa yg saya baca di blog Bapak ini)
    3.dan dapatkah masalah hak asuh anak tidak dicantumkan dalam materi sidang? kami memilih untuk memutuskannya secara kekeluargaan.

    terima kasih atas waktu yg diluangkan dan perhatiannya.

    BalasHapus
  27. 1. bisa, namun bukan jaminan utk mpercepat gugatan, hanya sbg bukti telah ada talaq secara agama saja.
    2. ya, PA Jak-Bar
    3. sbaiknya dicantumkan bu, krn hak asuh anak itu mrupakan akibat dari adanya prceraian.

    BalasHapus
  28. pak sy py temen yg sedang melakukan proses perceraian. dia lagi bingung minta pertimbangan. dia sudah mengalami sidang perceraian 2 kali. yg kedua kemarin hakim sdh kethok palu cerai karena ke dua belah pihak sdh sepakat untuk cerai. setelah persidangan temen saya dan saksinya sdh tanda tangan. ternyata pihak istriny sm saksiny belum tanda tangan. sekarang permasalahanny, istriny tsbt menggugat lg kepada temen saya itu dengan alasan mau memperkeruh dn mempertahankan rmh tgny. pihak pengadilan memperbolehkan istriny menggugat lg dengan alasan krn kmrn belum ttd. apakah memang bs gt itu pak? trs apa yg hrs teman saya lakukan dan siasati dalam persidangan selanjutnya??? mohon saran. mksh.

    BalasHapus
  29. Mohon maaf bu, sangat saya sarankan agar teman ibu sendirilah yg bertanya kpd kami.
    Silahkan emailke email pribadi saya di konsultasiperceraian@gmail.com.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  30. Pak Pengacara,
    saya menikah 10thn yang lalu di KUA Jakarta Barat, saat ini saya tinggal di Amerika
    Menurut anda, dimana saya dapat mengajukan perceraian?
    Mohon advise nya
    terima kasih

    BalasHapus
  31. utk anonim 2 April:
    Saran saya, sebaiknya anda pulang dulu ke Jakarta utk urus cerai di Indonesia, otherwise proses cerai yg pihaknya di luar negeri akan sangat sulit sekali.

    BalasHapus
  32. pak saya sudah mengalami proses sidang perceraian 3 kali sidang. sidang pertama dan kedua itu atas gugatan saya. di sidang kedua saya fikir sdh sls karena hakim sdh ketuk palu cerai ternyata tanpa saya ketahui istri sy tdk tanda tangan dgn saksiny. akhirny istri sy melayangkan gugatan k saya, di sidang yang ke tiga kemarin istri dan semua klrg seolah olah bt rame, dn inipun mrk bersih kekeh untuk mempertahankan semuanya. saya ingin semuany cepat selesai pak. dr pengadilanpun sampai hari ini belum ada berita sidang lanjutannya kapan. apa pak yg hrs saya lakukan biar mslh ini cpt sls. mohon saran. Makasih.

    BalasHapus
  33. Pak pengacara,
    saya mau menanyakan, jika seseorang ingin bercerai, lalu sidangnya kalah di pengadilan negri, lalu banding tetapi kalah juga di pengdilan tinggi, maka apakah bisa di gugat lagi ? dalam jangka berapa lama kah, orang itu dapat menggugat lagi ? mohon sarannya. terima kasih

    BalasHapus
  34. Utk Rian:
    mohon maaf, sy kurang mngerti prtanyaan anda. Krn setau sy dlm proses perceraian tdk memerlukan tandatangan istri. Cobalah hub sy via telp atau email sy secara pribadi.

    Utk anonim tgl 16 April;
    Sebetulnya yg kalah itu masih bisa kasasi.
    Tetap bisa ajukan gugatan lagi dgn alasan cerai yg berbeda dgn alasan cerai yg pertama.
    Jangka waktunya tdk ditentukan.

    BalasHapus
  35. Apakah ada undang2 yang mengatur hak asuh anak apabila terjadi perceraian? Apabila ada berapa persentase hak asuh didapat untuk bapaknya? dan sampai umur berapa (anak) hak asuh tidak jatuh ke tangan ibunya?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  36. Utk anonim tgl 25 April;
    Dlm Kompilasi Hukm Islam memang diatur tentang hak asuh anak bila trjadi pceraian. Tdk ada pengaturan ttg persentasenya pak. Smpai anak itu berumur diatas 12th atau dewasa.

    BalasHapus
  37. sy nikah di jkt tp antar 2 negara skrg sy di australia.. mo gugat cerai.. apa bisa di urusin dr sini kwt keluarga di indo y pak? n proses perceraian biasany brpn lama y pak?

    BalasHapus
  38. kakak laki2 saya mengurus surat perceraian melalui biro jasa. namun diperkarakan olen mantan istrinya karena katanya tidak sah. padahal kakak saya tidak tahu apa2 dan menjadi tersangka kasus memalsukan surat. harusnya yg bertanggung jawab kan biro jasa yg membuat surat itu, namun pihak biro jasa tsb telah melarikan diri dan kakak saya harus bertanggung jawab atas semua itu. lalu jalan keluar apa yg harus kami perbuat?? terima kasih...

    BalasHapus
  39. Mohon maaf, saya kurang memahami masalah tersebut. Saya ekspertis di bidang hukum keluarga. Sekali lagi saya ucapkan maaf krn blm bisa mbantu permasalahan kakak anda.

    BalasHapus
  40. saya suami yg menggugat talak, sudah menjalankan sidang sebanyak 2 kali, tiba2 sidang ke-3 ditiadakan dan ketika saya datangi PA mereka bilang berkas saya sudah tidak ada, apakah memang bisa seperti itu pak? terima kasih

    BalasHapus
  41. Yth Bapak;
    hal tersebut tidak mungkin terjadi pak. Coba datangi lagi pengadilan tersebut dan tanyalah ke bagian perdata umum (jgn lupa utk mngingat nomor perkara anda), coba tanyakan perkara bapak dgn seksama.

    BalasHapus
  42. Saya ingin mengajukan gugat talak, saya ingin bertanya :
    1. Berapa lama dari pendaftaran gugatan ke panggilan sidang pertama mengingat saya ingin keluar dari rumah yang saya tempati bersama sekarang (domisili : depok)

    2. bermasalah tidak jika saya tidak berdiam lagi di tempat domisili yang saya ajukan ke PA

    3. atau sebaliknya jika istri saya yang ingin keluar dari domisili sekarang yang saya daftarkan di PA


    Terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  43. Yth Bapak; sy lgsung jawab yah:
    1. sidang pertama biasanya skitar 3-4 minggu kemudian stelah pendaftaran gugatan;
    2. no problem
    3. sbaiknya si suami yg kluar rmh, krn jika istri yg mninggalkan rmh takutnya tdk singkron dgn srt panggilan yg dtujukan ke alamt si istri.

    BalasHapus
  44. Melanjutkan pertanyaan yang tadi pak :
    1. Apakah surat panggilan itu langsung dikirim oleh orang PA dan harus ditanda tangani saya dan istri? mengingat kemungkinan saya tidak ada di tmp domisili tsb

    BalasHapus
  45. Saya sedang mengalami kesulitan dalam gugat cerai krn perbedaan wilayah. Kami menikah di sumsel namun sekarang saya sudah pisah 5tahun dan domisili di jateng. Apakah saya bisa melakukan gugat cerai dari PN jateng ke PN sumsel tanpa harus menghadiri sidang? Bgmn caranya? tks

    BalasHapus
  46. yth..bapak pengacara

    Saya hendak cerai dengan istri saya. Baru menjalani rumah tangga 6 bulan . Alesan percerain karena selalu berselisih dan slalu ribut mlulu . Kami menikah di jakarta barat...ktp saya jakarta barat,,istri jakarta timur. bagaimana caranya? kedua belah pihak jg sudah setuju utk cerai dan tidak mempermasalahkan harta gono gini karena saya juga masi kerja dgn orang tua.saya membutuhkan jasa konsultan karena saya sesungguhnya suda tidak mau ketemu lagi dengan pihak keluarga istri saya karena ada beberapa hal yg tidak bisa saya ceritakan di sini.mohon kiranya bapak memberitahu saya biayanya karen dr pihak istri menyuruh cepat2 untuk berpisah.. dan saya si tergugat apa penggugat? terima kasih (mohon bantuanya) email: jemy_kau11@yahoo.com. makasi

    BalasHapus
  47. Utk anonim tgl 24 Mei jam 20:16
    Iya pak, wajib dtandatangani tnda trimanya.

    Utk anonim tgl 27 Mei jam 10:38
    Pengadilan brwenang adlh PN sesuai wilayah domisili saat ini si tergugat (mohon maaf, data anda kurang lengkap, apakah anda si suami/istri, agama apa. Krn berpengaruh utk penentuan pengadilan mana yg brwenang).

    Utk anonim tgl 29 Mei
    Jika anda menikah secara muslim maka pengadilan brwenang adalah PA sesuai wilayah domisili si istri, kalao non muslim maka di PN sesuai wilayah domisili si tergugat.

    BalasHapus
  48. Saya sedang proses cerai dengan istri saya yang saya nikahi selama 16 thn. Sekarang saya sudah meninggalkan rumah, tetapi tetap melakukan tanggung saya sebagai suami. Selama saya keluar dari rumah istri saya merongrong saya dan menghina saya melalui sms. Pertanyaan saya apakah sms tsb bisa dipakai sebagai alat bukti kuat yang memberatkan selama proses perceraian. Terima kasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
  49. Pada prinsipnya, jika hubungan anda dgn istri sudah tidak harmonis maka hal tersebut dpt dijadikan alasan cerai dalam srt gugatan cerai. Namun anda wajib membuktikannya dlm persaidangan.

    BalasHapus
  50. saya ingin bercerai dng alasan sudah tidak ada kecocokan antara saya dng suami..apakah alasan ini bisa saya pakai u/ minta cerai??kira2 berapa budget u/ memakai jasa pengacara sampai kasus ini selesai.trmks

    BalasHapus
  51. saya hendak konsultasi masalah perceraian.
    Kronologisnya amat panjang.
    tapi intinya saya sejak juli 2008 tidak pernah bertemu langsung secara fisik hingga februari 2010 sebab istri lari dari rumah (medan) sejak 28 februari 2010 sementara saya saat itu sedang bekerja di luar kota di labuhan batu. Istri saya lari pulang ke rumah mertua di sala3 memboyong 2 anak saya, yang paling besar kelas 1sd
    Hingga kedatangan saya di februari 2010 tersebut, menemukan istri saya hamil besar/tua. kira2 7-8 bulan.
    setelah secara kekeluargaan tidak ada kesimpulan juga, maka pada maret 2010 saya dapat kabar dia telah melahirkan. hingga kini (Juni 2010) istri tak kunjung mau kembali kepada saya bersama anak2 saya (2orang). Siang tadi saya komunikasi dengan seseorang yang mengakui adalah bapak biologis dari bayi yang dilahirkan istri saya tadi.
    Apakah yang bisa saya lakukan saat ini?
    mohon bantuan dari semua pembaca.
    karena saya sangat berharap keadilan ditegakkan. ALAMAT email saya di : ramasuli@yahoo.com
    sedangkan fb saya ada : tuahta sinulingga
    Trims atas perhatiannya.

    BalasHapus
  52. Saya ingin konsultasi masalah perceraian.
    Saya memiliki istri dan 1 orang putri masih mungil. umur pernikahan kami baru 1,8 tahun. Istri saya seorang yang sangat materialistis sejak sebelum menikah dia hidup dengan kemewahan kata lain apa yang dia mau bisa di lakukannya dan dia dapatkan. sama seperti saya sebaliknya semasa bujang, kalo mau di lihat kebelakang gak ada habisnya dan itu sudah berlalu. Saat ini kami hidup terpisah untuk sementara waktu krn keadaan ekonomi tp hanya beberapa bulan saja. Sekarang ini saya sedang mencari kerja krn baru 2 bulan ini saya resign dr pekerjaan yg lama. sebelum resign saya ada rejeki yg lebih (alhamdulilah) kmdian saya mengirimnya k istri, lalu istri minta pendapat ke saya untuk membangun usaha yg nantinya kedepan anak n istri bisa ternafkahi. Selain itu pula saya pernah mengirimkan uang yg lebih dari cukup untuk hidup mereka disana (d luar daerah), sedangkan saya mencari kerja untuk tabungan kami kedepan. sudah 2 bulan saya mencari kerja belum dapat juga. Sedangkan istri saya tiba2 mempermasalahkan ini semua sampai2 dia minta cerai dengan alasan saya tidak menafkahi mereka, Istri saya sempat berkata" Saya minta cerai dan saya sebagai kepala rumah tangga tidak bisa menafkahi, tidak ada layak2nya seperti istri orang bisa perawatan dan sbgainya.. klo lebih enak waktu sendiri.. Aku akan fight cari kerja sendiri n menghidupi anakku sendiri kamu tidak berhak atas anak ini" nah seperti itu istri saya berkata.
    Saya ingin menanyakan kmn saja uang yg saya berikan kedia saja tidak berani krn dia akan marah n anak saya akan terlantar yg ada ibu mertua n adik ipar yg mengurusnya. Selama saya hidup dengannya dr anak saya lahir masih saja seperti itu kelakuannya. Sya sudah tidak tahu lagi, harus bagaimanakah saya? apakah jika saya menerima cerainya hak anak berpihak ke saya? klo tidak kenapa? .. Jadi saya hanya minta keadilan saja.. di mata orang hanya seorang ibu yg berhak atas anaknya.. apa tidak dilihat latar belakang ibunya apakah disisi suami saja? saya sanggup menghidupi anak saya dengan memberi dia kasih sayang, pendidikan n lain2 tanpa campur tangan orang lain.. insyaallah saya ada bisnis yg bisa lakukan di rumah.. mohon sarannya bapak pengacara.. terima kasih

    BalasHapus
  53. Mohon advisenya...
    Kakak saya (wanita) hendak mengajukan cerai. Mereka sekarang tinggal di Semarang di temapat kelahiran Suaminya, tapi mereka menikah di Bandung. Sekarang mereka mempunyai 1 org anak umur 10 th (anak laki2).
    Kakak saya tidak bekerja. Selama ini hubungan pernikahan mereka tidak harmonis,Kakak saya beberapa kali menerima KDRT dan hal ini sampai diketahui oleh tetangga dimana mereka tinggal. Tapi ketika itu kakak saya tetap bertahan untuk tidak meminta cerai demi anaknya. Selain itu juga percekcokan sering terjadi. Yang ingin saya tanyakan.
    1. dimana mereka harus mengajukan cerai? apa ditempat tinggal mereka atau ditempat mereka menikah.
    2. apa mungkin kakak saya bisa mendapatkan hak asuh anaknya.
    3. Kakak saya punya bukti foto di HP akibat KDRT beberapa waktu lalu.

    BalasHapus
  54. Utk anonim 5 Juni;
    ya bisa pa/bu. Utk jasa pengacara, silakan email ke konsultasiperceraian@gmail.com. Terimakasih.

    Utk anonim tgl 6 Juni jam 4:22;
    Mudah2xan sy mngerti perasaan bapak, namun memang di UU kita mengatur bahwa jika trjadi prceraian maka hak asuh anak akan dipegang si ibu, namun bapak dpt mndapatkan hak asuh anak jika bapak dpt mbuktikan dlm persidangan bahwa si ibu memang tdk layak mndapatkan hakk asuh anak.

    Utk anonim tgl 6 Junijam 23:28;
    1. kalo Islam maka PA sesuai domisili si istri, kalo non-moslem maka di PN sesuai domisili si tergugat;
    2. ya;
    3. sbaiknya foto trsebut djadikan bukti di persidangan.

    BalasHapus
  55. Saya ingin konsultasi perceraian.
    Istri saya suka sekali marah2 gak jelas, saya tidak tahu penyebabnya apa.. Jika istri minta cerai apakah itu berlaku di pengadilan? (dengan catatan saya tidak menyetujuinya krn saya mempertahankan anak saya).
    Sewaktu istri saya hamil dia sengaja ingin membunuh anak yg ada d dalam kandungan dgn cr meminum obat yg byk n membenturkan perutnya. Apakah ini bisa jd bukti di pengadilan (saksi mertua dan ortu saya hanya per telpon)tp tidak ada bukti kongrit?
    Selama menikah walaupun pekerjaan saya sedang serabutan tetap saya menafkahinya sampai sekarang, apakah dipengadilan bukti ini cukup kuat?
    Dia sms ke saya bahwa dia akan mencari laki2 yang kaya lebih dr saya, agar keperluannya terpenuhi seperti perawatan, shopping dll. Dia akan membawa anak saya pergi dan saya tidak boleh mengambilnya/melihatnya. Menurut keluarganya sepertinya dia agak stress mxdnya jiwanya agak terganggu. Apakah ini bisa jd bukti kuat untuk saya mengasuh anak saya?
    Untuk smentara beginilah ceritanya.. Tolong pak sarannya? Terima kasih

    BalasHapus
  56. Pada pinsipnya jika dia ingin ajukan perceraian maka di srt gugatannya dia harus mnjabarkan alasan cerai yg mngandung unsur: mengapa, dimana & bgmana. Kalau alasan2x cerai yg ditulisnya tdk dpt dia prtanggung jawabkan didepan pengadilan maka ada kmungkinan gugatannya ditolak. Utk hak asuh anak, usahakan bapak mberikan bukti didepan hakim bahwasanya bapak memang lebih pantas memelihara anak drpd dia.

    BalasHapus
  57. Apakah bukti dr saksi sudah cukup pak pengacara? krn saksi2 itu adalah mertua n adik ipar saya.

    Terima kasih Pak pengacara..

    BalasHapus
  58. Pak saya mo tanya, dr memasukkan gugatan k panggilan pengadilan itu brp lama? Adik saya mengajukan gugatan sdh sebulan, tp blm ada panggilan. Apa itu wajar? tq

    BalasHapus
  59. Dari hari daftar gugatan perkara sampai sidang pertama itu sekitar 3-4 minggu kemudian, namun trlebih dahulu para oihak menerima srt panggilan sidang yg dikirim oleh pengadilan.

    BalasHapus
  60. Yth Bpk pengacara,
    Saat mohon bantuan atau sarannya. Perkenalkan nama saya agung, saat ini saya sedang melakukan proses perceraian saya dipengadilan agama tanpa bantuan pengacara (diurus sendiri). Saat ini proses pengadilan sudah pada tahap akhir dan pengadilan sudah ketuk palu memutuskan dan menyetujui permohonan talak saya tinggal menunggu sidang ikrar talak. Akan tetapi setelah putusan itu kami akhirnya bersepakat untuk berdamai dan ingin rujuk kembali sehingga pada sidang ikrar talak kami minta tunda terlebih dahulu. Yang saya ingin tanyakan, apakah putusan pengadilan agama bisa dibatalkan dan dicabut dan bagaimana caranya saya membatalkan atau mencabut gugatan cerai saya?

    BalasHapus
  61. Pak, dalam waktu dekat istri saya akan mengajukan gugatan cerai, kami menikah baru 2th, dgn 1 anak umur 13bln. da\lm hal ini ada pihak ke 3 yaitu ortu dari istri saya. justru mereka yg menggebu" menginginkan cerai. istri kalo saya tanya apa alasanmu mengajukan cerai dia jawab tdk ada kecocokan lg. pdhl smapai detik ini sya tdk pernah menjatuhkan talak. pertanyaan saya;
    1. Mungkinkah dlm sidang nanti akan ada keputusan cerai, sedangkan saya kekeh tdk mau cerai.
    2. Bgmn menyikapi mertua saya yg ikut campur tangan dlm mslh ini.

    pada intinya saya tidak akan menceraikan dia,
    mohon sarannya. trimaksih utk wktunya.

    BalasHapus
  62. Selamat siang. Saya seorang isteri sedang hamil anak kedua. Puteri pertama umurnya 1 thn 10 bln, sekarang saya hamil 3 bulan sedang diopname di RS karena ngidam parah. Saya ingin menceraikan suami saya, saya tidak tahan karena untuk kesekian kalinya dia mengecewakan saya. Dia merantau ke luar kota, kalau saya sedang memerlukan dia secara psikis dia tidak mau pulang dengan alasan bentrok dengan pekerjaan. Dia selalu menomorduakan kami dari pekerjaannya. Apakah hal2 seperti itu bisa dijadikan alsn dlm sidang?

    BalasHapus
  63. pak saya ingin tanya,saya seorang suami sekrang bkrja di luar negri,dan istri di rumah mngasuh anak.hub kami tdk pernah harmonis,dan saya brmksud mengjukan gugtan cerai,,tetapi surat nikah saya ada pada istri saya,apakh bisa saya menyerahkan perkara ini ke pengacara diindonesia,krna saya belum habis kontrak klo ingin pulang ke indo.trimakasih pak.

    BalasHapus
  64. Maaf agak lama sy br bs mbalas prtanyaan2xyg masuk krn kmarin2x ini sy ada tugas sidang di luar kota. Baik sy akan lgsung mnjawab;
    Utk pak Agung tgl 25 Juli;
    Bisa pak, bpak tinggal mnemui pnitranya dan mngatakan niatan bpak utk cabut gugatan. Sbelum ucap ikrar talaq, bisa cabut gugatannya pak.

    Utk anonim tgl 30 Juli;
    1. Mungkin saja, proses cerai di pengadilan tdk memerlukan persetujuan pihak tergugat. Oleh sebab itu jk anda tdk stuju cerai maka anda wajib hadir ke pengadilan dan mbantah smua dalil2x yg tertera di dlm gugatannya dan nyatakan ke majelis bahwa anda tdk ingin bcerai dan buktikan bahwa keluarga anda masih bisa diselamatkan.
    2.nyatakan dan ajukan keberatan anda terhadap pihak ke-3 itu dlm persidangan. Lebih baik lagi, anda dpt mbuktikan bahwa kendala utama mslh kluarga anda adlh org ke-3 itu.

    Utk anonim tgl 31 Juli;
    Salahsatu alasan cerai yg duatur undang2x adalah ketidakharmonisan yg terjadi pd hubungan keluarga. Jika mnurut ibu hal itu termasuk hal yg tdk harmonis maka dpt dijadikan alasan cerai. Namun mnururt sy jika hanya alasan itu sj kuranglah kuat bu. Mungkin masih dpt diperbaiki, cobalah berusaha lebih maksimal, apalagi anda sedang hamil.

    Utk anonim tgl 3 Agstus;
    Bisa sj pak, tp pd praktek/proses nanti akan sgt sulit. Sy mnganjurkan bpak pulang dulu, dgn dmikian caranya akan jauh lebih mudah [dan bisa diwakili oleh pengacara].

    BalasHapus
  65. pak pengacara,
    saya seorang istri yg ditinggal suami dengan 2 orang anak posisi anak2 dengan saya,dan sekrg kami(saya dan anak2)tgl bersama org tua saya,
    semenjak bulan mei 2009 sampai bulan maret 2010 suami tidak pulang dan tidak nafkah lahir bathin trhdp saya,tapi surat talak sudah ada sejak bulan juni 2009.saat ini saya ingin mengajukan surat cerai,,dan memang sebelumya sudah ada KDRT sejak th 2000.saya menikah saat itu dia belom bekerja dan posisi sekarang dia pelaut dan sejak th 2009 itu dia sudah tinggalkan rumah dan sampai saat ini tidak ada kabar dan kabar terakhir yg saya dengar dia sudah menikah lagi,saya jangan untuk biaya cerai untuk hari2 aja susah payah,,
    saat ini ada yg serius dengan saya terhalang dengan urusan cerai ini,,suami saya angkat tangan dengan perceraian ini,,tolong info dan sarannya pak,,saya harus bagaimana urus surat cerai ini
    terima kasih,,wassalam

    BalasHapus
  66. Yth ibu;
    saya sarankan anda lgsung saja datang ke pengadilan setempat, datang dan temuilah di bagian informasi, disana mnyediakan fasilitas utk orang yg tak mampu.

    BalasHapus
  67. saya membaca di http://masalahperceraian.com/kasus2.php mengenai contoh putusan hakim pada poin ke 3 yang mengatakan "menghukum tergugat untuk membayar seluruh biaya yang timbul karena perkara ini". nah, yg mau saya tanyakan berapakah biaya yg biasanya harus dibayar oleh tergugat setelah putusan perceraian? dan dibayarkan ke pengadilan atau ke penggugat..terima kasih pak.

    BalasHapus
  68. Sy kawin lari tahun 90-an krn tidak disetuji keluarga. Dari perkawinan itu lahir 2 anak. stelah lahir anak, kami sering cekcok hingga sering berujung sy diusir dari rumah ol istri. akibat ribut berlarut2 sy talak 3 dia. namun untuk mewujudkan legalitas perceraian sangat susah, krn surat nikah saya dipegang mantan istri, sementara punya dia sdh hancur terbakar krn sengaja dibakar saat cekcok hebat.
    kini sy ingin mengurus perceraian yg sdh tertundah 5 tahun, krn mantan sangat plin-plan dan mempersulit segala sesuatunya. Mohon saran, terimakasih

    robert

    BalasHapus
  69. Pertama, anda sebaiknya mndapatkan dulu buku nikah suami. Kalo hilang maka sbaiknya anda ke KUA dimana buku nikah itu dikeluarkan. Lalu mbuat gugatan cerai dan daftarkanlah di PA wilayah domisili si istri. Pada intinya hal trpenting utk proses cerai di PA adalah adanya buku nikah asli dan kehadiran minimal 2 org saksi.

    BalasHapus
  70. sy PNS,istri juga dipersamakan PNS. skrg sy menghadapi cerai gugat istri saya, skrg sampai pd penyampaian duplik namun saya tidak hadir dan smpe skrg blum ada panggilan lg. gugatan istri sy pernah sy eksepsi perihal izin atasan yang belum dimiliki oleh istri sy dan rekonvensi mengenai hak asuh anak dan harta gono-gini , akhirnya sidang di tunda 6 bulan, dan sampai skrg belum ada izin yang turun sampai sidang duplik yang saya tidak datang. saya sedang berupaya menggagalkan gugatan dia dengan pertimbangan anak yg masih 2 th. bagaimana cara yang tepat untuk mementahkan gugatan istri saya?
    apakah pengadilan selalu mengabulkan permohonan perceraian?

    BalasHapus
  71. Mnurut sy cara anda sudah benar dan sy spendapat dgn anda utk berusaha mpertahankan kluarga. Pada prinsipnya si penggugat HARUS mndapatkan terlebi dahulu izin dari atasannya. Pengadilan tidak slalu kok mengabulkan ggatan cerai. Selama Tergugat dpt mberikan bukti dan saksi yg kuat utk mematahkan smua dalil2x penggugat maka pengadilan dpt tdk mengabulkan gugatan penggugat.

    BalasHapus
  72. Sy (37thn) sudah menikah (cara islam) selama 3thn. Anak kami sudah berusia 2,5thn. Istri (27thn) saat ini baru selesai mengikuti Pra-Jabatan CPNS, tapi SK-nya masih 80%. Sy sampai skarang belum mendapat pekerjaan tetap dari bln Januari. Sebulan yg lalu saat istri selesai Pra-Jab, dia mengutarakan niat bercerai. Alasan dia sy tidak berusaha keras mencari kerja dan dari smua uneg2 yg sudah dia ungkapkan sy merasa tersadar bahwa secara prinsip ternyata kami sangat bertolak blakang, dgn kata lain sy harus menerima diceraikannya walaupun sy msh mencintainya. Masalahnya, saat sy mengantar dia ke PA untuk mendaftarkan gugatan, kami mendapatkan penjelasan bahwa bila istri yg msh CPNS SK 80% (blm PNS SK 100%) bila mengajukan gugatan harus terlebih dahulu menandatangan surat pernyataan dari PA yg poin isinya harus bersedia menerima/menanggung resiko bila akibat perceraian ini: diturunkan jabatan/golongannya, di kurangi gajinya, bahkan dipecat dari instansi tempt dia bekerja. Pertanyaan pertama sy; "apakah benar hal tsb, pak?"
    Kemudian setelah kompromi di rumah, istri sy memohon agar sy saja yg menggugat agar dia tdk prlu menandatangan surat tsb diatas. Walau prasaan sy hancur tp sy turuti krn demi kebahagian dia. Pertanyaan kedua sy pak; "bila situasinya skrng dibalik, apakah istri sy tidak perlu menandatangan surat seperti diatas td, pak? Atau tetap harus jugakah menandatangani?

    BalasHapus
  73. terimakasih atas saran dan balasannya.

    BalasHapus
  74. Yth Bapak;
    apa yg dikatakan org PA itu adalah benar. Utk orang yg bkerja pd pemerintah kalau mau cerai maka harus dpt izin dari atasan. Dan benar, jika situasinya dibalik maka lebih mudah, namun setau sy surat gugatannya itu wajib diinformasikan ke atasannya juga, dan setiap instansi biasanya berbeda-beda prosedurnya.

    BalasHapus
  75. met pagi pak,bagaimana caranya jk kita ingin mengugat cerai tapi kita tidak memiliki surat kawin. atau dengan kata lain menikah secara tidak sah

    BalasHapus
  76. siang pak....amo nanya apakah jika akte cerai sudah jadi tidak bisa rujuk kembali(perlu diketahui saya tidak pernah mengucap talak dan tidak pernah setuju cerai srta tidak pernah dtg ke pengadilan.....)terima kasih

    BalasHapus
  77. Utk Kristina poe;
    Jika menikah tidak dicatat di ktr cat. sipil/KUA maka gugat cerainya secara agama saja [tidak perlu melalui PN atau PA].

    Utk anonim tgl 26 Sept;
    Kalau sudah trima akta cerai maka mnurut sy hal itu sudah cerai secara syah.

    BalasHapus
  78. apakah setelah ikrar talak di ucapkan, pihak tergugat (istri) msh dimungkinkan utk mengajukan banding atau gugatan? apakah yg di maksud dgn salinan keputusan cerai? apakah itu sdh memiliki kekuatan hukum? dan salinan tsb keluarnya kpn?

    BalasHapus
  79. Setelah ikrar talaq maka sdh tak bs banding lg pak. Ialah berkas putusan perkaranya pak. Baru bisa brkekuatan hukum tetap stelah 14 hari stelah sidang putusan dan tidak ada banding. Tidak jelas pak, tidak ada aturan brapa lama bisa salinan ptsan itu bisa kita dapatkan.

    BalasHapus
  80. Mohon advisenya...
    Kakak saya (pria) sudah menikah di jambi, tapi mereka serta keluarga saya pindah kejakarta dan kakak saya beserta istri juga bekerja. Selama mereka bekerja anaknya dari bayi sampai sekrng umur 6 thn diasuh oleh Ibu saya (dr pihak pria). Masalahnya muncul ketika istri pergi ke rumah ibunya dan kakak saya mengetahui bahwa istrinya pergi ke club malam. setelah itu istrinya tidak kunjung pulang kerumah rundingan keluarga telah diadakan tp dari pihak perempuan tetap tidak mau pulang ke rumah suaminya. Selama istri pergi dari rumah hampir 2 thn semua biaya n perawatan dari ibu saya n suaminya. tentu kadang istri ada kasih itu awal2 saja......Dan sekrang istri kembali menuntut cerai dan mau mengambil hak asuh anaknya.
    Pertanyaan saya :
    1/ apakah dari pihak pria bisa tetap memegang penuh hak asu anaknya ?
    2/ bukti2 n saksi bahwa selama ini istrinya tidak pulang karena kemauannya sendiri apa bisa menjadi asalan kuat untuk memenangkan di persidangan.?
    3/ apakah dari pihak istri tetap bisa menang walaupun pergi selama 2th tanpa kabar berita n kunjugan ke anaknya sendiri ?

    Terima kasih

    BalasHapus
  81. Yth Lantis, sy lgsung jawab yah:
    1. Bisa, apalagi jk dilatarbelakangi kronologis yg anda ceritakan;
    2. Bukti2x & saksi sangatlah HARUS ditampilkan pada sidang acara pembuktian saksi, apalagi utk mndapatkan hak pemliharaan anak tersebut. Saksi minimal dua orang [boleh dari anggota keluarga];
    2. Kmugnkinannya kecil, trgantung alasan, bukti & saksi2xnya pihak tergugat.
    Smoga bermanfaat.

    BalasHapus
  82. Saya seorang istri dengan 1 anak,usia perkawinan kami sudah berjalan 6 tahun namun sejak 3 tahun belakang ini diantara kami sudah tidak ada keharmonisan lagi walaupun suami sebenarnya masih ingin tetap mempertahankan rumah tangga, namun bagi saya susah sekali untuk kembali lagi.
    Yang ingin saya tanyakan apakah bisa saya mengajukan gugatan cerai tanpa buku nikah suami?

    Mohon saran dan advise dari bapak.

    Terima Kasih

    BalasHapus
  83. Utk skedar mngajukan/mndaftarkan gugatan cerai sj tetap bisa bu. Namun utk mbuat akta cerai diperlukan buku nikah. Oleh sebab itu sbaiknya buku nikah dipegang sedari skarang. Sy bs mbantu jk buku nikahnya hilang/tdk dtemukan, silahkan email/hub sy.

    BalasHapus
  84. Bpk, suami saya telah mengajukan gugatan cerai thd sy di Pengadilan agama. Tgl.26 Okt 2010 adalah sidang jawaban dari sy. Semasa perkawinan suami meminjam uang sy dr penghasilan sy. Yg sy tanyakan apakah ada strategi buat sy untuk mendptkan kbl uang sy mengingat penghasilan jg termasuk dlm harta bersama. Sdgkan sy dirugikan cukup bnyk.
    Mhn petunjuk Bpk, trm ksh atas solusi yg diberikan.

    BalasHapus
  85. Maaf pak, saya mau tanya berapa lama proses perceraian sampai keluarnya akte cerai bagi yang non muslim ? Terima kasih

    BalasHapus
  86. Tergantung dari tingkat ksulitan perkaranya. Umumya bisa skitar 3-4 bulan.

    BalasHapus
  87. PAk, saya mau tanya..

    saya seorang istri dgn 2 org anak yg masih batita. dalam waktu dekat ini ingin mengajukan gugatan kpd suami saya (PNS) krn alasan maki2 kasar, selingkuh & KDRT. Saya berdomisili di jaksel. namun suami saya tugas di luar kota. setau saya suami yg PNS hrs mdapat surat ijin dr atasannya? maksudnya surat ijin apa ya pak? surat ijin utk mengurus perceraiannya/surat ijin utk memperbolehkannya bercerai?
    kalau perceraian di urus sendiri (tdk menggunakan jasa pengacara), kira2 akan menghabiskan biaya brp byk dari awal sampai selesai? terima kasih pak..

    BalasHapus
  88. pak, saya mao tanya ... saya niat bercerai dgn istri saya, kami berdua sudah sepakat bercerai .. ga ada masalah dgn harta or masalah anak .. itu sudah kami sepakati di rumah...

    yg saya mao tanyakan sulit atau mudah kah untuk kami mengurus ke pengadilan negri kalo kondisinya seperti itu.. saya kristen..lalu strategi apakah yg bisa saya lakukan supaya cepet prosesnya di pengadilan..bagaimana dengan putusan verstek?apakah itu memudahkan dan mempercepat proses dipengadilan..kl memang bisa mempercepat, bagaimana cara saya supya bisa mendapatkan putusan itu?

    thanks

    BalasHapus
  89. Utk anonim tgl 31 Okt;
    Seorang PNS memang wajib mndapatkan srt izin cerai dari atasan, namun itu sebenarnya lebih dikhususkan kpd si penggugat yg PNS.
    Biaya skitar 700rb-800ribuan.

    Utk anonim tgl 1 Nov;
    Memang relatif lebih mudah jika sua&istri sdh stuju cerai. Dan memang bisa dgn cara verstek [proses cerai tanpa pernah dihadiri tergugat].
    Utk detail nya,anda silahkan hub sy ataun email: konsultasiperceraian@gmail.com

    Terimakasih.

    BalasHapus
  90. Pak saya mau tanya, apabila sidang perceraian sudah terjadi 1 tahun yang lalu, dan keputusan cerai sudah keluar. apakah masih bisa dibatalkan? Terima kasih

    BalasHapus
  91. saya ingin bertnya..saat ini sya sdg dekat sm laki2 punya ank 3 tp status dah pisah slm 4 thn sm istrinya tp blm cerai..krn istrinya pergi dari rumah dan meninggalkan ank2 yg msh kcil2..smpai skrg alamat istrinya pacar sya tdk tau..
    skrg yg jd mslhnya pacar sya ingin menggugat cerai istrinya tp dia tdk tau alamatnya..klu gugatan cerai ini di kabulkan apakah anak2 bisa di asuh sm pacar sya di krnkan ibunya meninggalkan ank2 dari kcil dan dgr2 istrinya ini sdh menikah lgi secara muslim sdgkan pacar sya kristen...
    yg sya tnyakan bgaimana caranya mengurus perceraian tp alamat istri tdk di ketahui...dan apakah bisa ank2 di asuh oleh bpknya...mohon penjelasannya...trms..

    BalasHapus
  92. Jika almat/keberadaan istri tdk diketahui maka tetap bisa diajukan proses cerai di pengadilan brwenang. Jadi srt gugatan cerainya didaftarkan di PN atau PA brwenangnya yakni di PN/PA sesuai wilayah domisili si suami. Dan nanti pihak pengadilan akan mengadakan panggilan kpd si istri melalui iklan koran/radio. Umumnya jika si ibu yg meninggalkan keluarga maka si bapaklah yg mndapatkan hak asuh anak2xnya.
    Demikian bu, smoga brmanfaat. Tks

    BalasHapus
  93. Pak pengacara, saya sedang dalam proses akan sidang cerai talak atas istri saya. Saya punya bukti chat via facebook antara istri saya dengan pria lain yg isinya sangat mesra cenderung berselingkuh. Saya menggunakan akun facebook istri saya untuk mengintip percakapan chat via facebook secara live, apakah jika saya menggunakan bukti ini akan ada implikasi hukumnya ke UU ITE?

    BalasHapus
  94. Tidak ada pak. Bukti itu sebaiknya difoto/diprint, lalu diperlihatkan pd saat sidang pmbutkian tertulis nanti.

    BalasHapus
  95. Dear Pak Pengacara, saya mau tanya Pak perihal harta gono gini. Saya punya mobil yang saya berikan ke orang tua saya, saya beli mobil itu selama masa pernikahan saya, dan atas nama saya. Apakah mobil itu bisa di klaim sebagai harta gono-gini oleh istri saya, sementara secara posisi ada di rumah orang tua saya terus dan yang menggunakan adalah orang tua saya, sementara saya lebih memilih untuk memakai motor saya sendiri. Sementara untuk perawatannya pun semua ditanggung orang tua saya. Apakah istri saya dapat mengklaim mobil saya sebagai harta gono gini dikarenakan mobil itu atas nama saya?
    Adakah cara supaya mobil itu tidak dijadikan harta gono gini, karena saya memang memberikan mobil itu untuk orang tua saya tercinta untuk keperluan usahanya?

    Mohon pencerahannya, thanks in advance

    BalasHapus
  96. Ya! istri bs mngklaim itu harta brsama krn dibeli pd masa perkawinan, apalagi kendaraan itu pakai atas nama anda yg mana bisa dijadikan bukti konkrit kepemilikan. Skarang usahakan sj mobil itu dibaliknamakan ke atas nama ortu anda.

    BalasHapus
  97. Pak 3 tahun yg lalu saya gugat cerai dan dikabulkan oleh pengadilan krn saran pengadilan agar cepat selesai putusannya untuk urusan anak diputuskan dirawat bersama (anaknya saat ini berumu 9 tahun)dan harta dan utang gono gini dibagi secara damai, saat ini anak masih diasuh oleh nenek dari mantan suami saya itu.tapi saya suka dipersulit untuk mengambil anak saya dan urusan harta gono gini sampai sekarang belum diganti saya yg menanggung hutang dia yg mengambil dan memakai mobil dan rumah yg saya bangun kelemahanya waktu kredit mobil itu atas nama dia dan kalau rumah,rumahnya saya yg bangun tapi tanah milik bapaknya dia. pertanyaan saya :
    1. Bagaimana cara agar saya bisa mengambil hak asuh anak saya?karena saya memikirkan masa depan anak saya jika disana pendidikannya kurang memadai apalagi mantan suami saya tidak punya pekerjaan tetap. bagaimana prosesnya yg tidak memakan waktu termasuk pindahaan sekolah anak saya tanpa perlu berurusan langsung dengan dia.

    2. Apakah saya masih punya harapan untuk mendapatkan hak saya? dengan kondisi tersebut diatas dan data2 yg dahulu sudah tidak ada.
    saat ini saya sudah menikah lagi dan dia pun sudah menikah lagi dan dia saat ini menempati rumah yg saya bangun tersebut.

    Mohon infonya..

    BalasHapus
  98. 1.usahakan secara kekeluargaan dulu bu, jika tidak maka yaa ibu bisa ajukan gugatan hak pengasuhan anak mlalui pengadilan lagi. sangatlah susah jika mnyangkut hak asuh anak bu.
    2.jika dirasa si mantan tdk mnjalankan kewajibannya sbg ayah dan/atau dirasa di mantan menghambat pertumbuhan si anak maka ibu bisa ajukan gugatan pengasuhan anak.

    BalasHapus
  99. selamat siang,pak!
    saya ingin menanyakan tentang persoalan perceraian
    kakak saya seorang istri dan ia ingin bercerai dengan suami nya.
    suami nya mungkin bisa di katakan dalam hal perekonomian sangat minim sedangkan mereka mempunyai anak 2 yang masih membutuhkan biaya yg banyak.mereka sering bertengkar.suami nya tersebut sangat tamperamen(emosi yang tinggi).kakak saya tidak tahan lagi dengan sikap suami nya.maka ia ingin bercerai.sudah berkali-kali suami nya mengusir istri nya ini.kira-kira kalau proses perceraian begini bisa mengeluarkan biaya berapa,pak jika kakak saya yg memulai/ingin menceraikan suami nya?apakah anak nya bisa di asuh oleh ibu nya.anak nya yang pertama sekolah kelas 2 sd sedangkan yang anak kedua masih TK.

    tolong di bantu,pak!terimakasih

    BalasHapus
  100. Kami bersepakat untuk bercerai. Menurut Bapak akan lebih mudah bagi kami, siapa yg harus menggugat. Suami saya ataukah saya. Terima kasih

    BalasHapus
  101. Utk Julyane;
    Biaya perceraian di pengadilan [adiministrasinya] bisa skitar 700-800rban, tapi kalau biaya pengacara lain lagi yabu.
    Bisa bu, umumnya memang hak asuh anak dipegang sama sang ibu, apalagi anak2x masih kecil2x, bahkan sang ibu bisa mnunutut nafkah dari si bapak.

    Utk anonim tgl 30 Nov;
    Jika ini pceraian agama Islam maka sbaiknya si istri yg sbg pgugat [acara sidang bs lebih singkat], kalau non Islam, sama saja kok pak.

    BalasHapus
  102. Mun.

    pak, ibu saya ingin bercerai dengan ayah saya, tetapi ayah saya tidak ingin bercerai. Padahal ayah saya sudah tidak memberikan nafkah semenjak 3 tahun yang lalu padahal ayah saya bekerja dan berpenghasilan. Minggu ini ayah saya ketahuan pergi dengan wanita lain sekamar dan membohongi ibu saya tentang masalah keuangan. Berbohong tentang gaji, tunjangan, dan surat-surat tanah ia simpan sendiri. kemarin ibu saya sudah dicekek untungnya dicegah kaka yang di rumah. Perlakuan ayah saya kepada ibu saya tidak menyenangkan sama sekali tetapi ia tetap tidak mau bercerai. Bagaimana saya harus menyelesaikan perceraian ini? apakah harus memakai pengacara? dan berapa kira2 biaya untuk pengacara dan perceraiannya? terima kasih.

    BalasHapus
  103. Yth Mun;
    Sebaiknya anda hub sy lgsung atau email ke konsultasiperceraian@gmail.com, krn perkara perceraian itu sifatnya tertutup, oleh sebab itu jika sdh masuk ke materi maka sebaiknya sy akan mberikan tanggapan dan bantuan secara private.
    Demikian, terimakasih.

    BalasHapus
  104. Saya dan suami sepakat untuk bercerai. setelah 3bulan menikah kami putuskan bercerai karena saya tidak cinta. kami sepakat untuk bercerai karena hubungan tidak harmonis, kami sering bertengkar setiap bertemu. meski demikian kami tidak ingin pertengkaran kami diketahui orang lain sehingga tidak ada saksi yang dapat kami ajukan.
    kami tidak tinggal bersama. tidak ada harta gono gini ataupun anak untuk diperebutkan.

    untuk menghemat waktu dan biaya suami membuat surat pernyataan untuk setuju bercerai tanpa proses mediasi di pengadilan. pertanyaan saya, apakah surat pernyataan tersebut bisa mempermudah dan mempercepat sidang perceraian?

    suami juga bilang bahwa dia akan mengabaikan panggilan dari pengadilan. bagaimana?

    BalasHapus
  105. Benar bu, dgn adanya srt tersebut memang 'relatif' bisa agak cepat, apalagi jika suami sdh stuju utk tdk dtg ke pengadilan. Sy bs bantu ibu utk prkara ini dlm wkt 1 bln, silahkan hub sy jika ibu brminat. Silahkan email di: azizmambro@gmail.com
    Terimakasih.

    BalasHapus
  106. selamat siang pak

    saya menikah januari 2001, sejak menikah suami hanya memberi saya nafkah pada bulan agustus, september, november, desember 2001. Setelah periode tsb sampai dengan saat ini saya tdk pernah diberi nafkah.

    Selama 10 tahun pernikahan kami tidak mempunyai keturunan.

    Selain tidak diberi nafkah, suami saya menarik diri dr keuarga saya, sering kali saya menghadiri acara/pertemuan keluarga saya seorg diri. Bahkan ketika ibu saya dirawat di ICU krn sakit, saya meminjam uang utk biaya pengobatan saat itu, namun jawaban suami adalah 'itu urusanmu & keluargamu' kemudian dia pergi berjalan2 ke luar kota (jogja) ketika saya tanyakan knp bisa jalan2 di saat kami sdg bersedih sekali lg dia menjawab 'itu urusan kamu & keluargamu'.

    Dalam hal finansial suami sgt perhitungan sekali, pernah saya dibelikan hp, kemudian ketika menerima tagihan kartu kredit (pembelian menggunakan kartu kredit) saya disuruh melunasinya dg alasan dia berubah pikiran. Ketika dia membayar biaya pengobatan saya (keguguran) dia pun meminta saya membayar kembali biaya yg telah dia keluarkan

    Bulan lalu saya menemukan foto2 suami saya berdua dg wanita (teman ktrnya)

    Apakah kejadian2 di atas, dpt saya ajukan sebagai gugatan cerai?

    terima kasih

    BalasHapus
  107. Relatif bu, jadi bgini, jika mnurut ibu hubungan ibu dgn suami masuk dlm kategori perselisihan terus menerus yg tdk bisa didamaikan lagi maka hal trsebut dpt djadikan alasan cerai dlm gugatan cerai.

    BalasHapus
  108. Bagaimana kalo saksinya bohong dan lain agama ?

    BalasHapus
  109. Saya Ahmad dari medan
    Sewaktu saya menikahi istri saya secara islam di KUA, dia dalam keadaan hamil karena karena zina. Setelah anak lahir kami melangsungkan pernikaan secara sirih, karena menanggap pernikaan pertama tidak sah. saat ini istri saya mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama
    Pertanyaan : Bisakah saya mengajukan keberatan pada majelis hakim untuk memperoses gugatan ini, karena tidak sahnya pernikahan yang di KUA tersebut

    BalasHapus
  110. abah saya mau tanya saya dulu kawin lewat kua dan ternyata surat kawin saya palsu dan sekarang istri saya udah pisah sama saya lama sekali sedangkan anak saya akthenya ada nama istri saya , mohon petunjuk saya sekarang mau nikah lagi gimana cara urusnya abah ? surat cerai tentunya tdk ada dan kalau mau cerai juga gimana wong surat kawinya palsu , kalau urus surat kawin dulu mantan istri saya juga tdk tau dia dimana lagi mohon hub saya di 08983887237

    BalasHapus
  111. Utk anonim tgl 16 Jan;
    Bisa dilaporkan ke polisi utk pidana keterangan palsu.

    Utk anonim tgl 20 Jan;
    Bisa pak, tapi alasan tdk syah nya bgmana ya?

    Utk anonim 23 Jan;
    Bisa dicek dulu pak di KUA nya, apkah benar palsu atau tidak pak, jika benar maka yg buatnya dulu bisa kena tindak pidana. Dan jika benar palsu maka dpt dikatakan pernikahan anda tdk tercatat negara, lalu tentu tdk bisa diajukan proses cerai resmi di pengadilan.

    BalasHapus
  112. Bapak pengacara yg terhormat, saya mohon penjelasannya.
    1. Apakah bisa istri menuntut nafkah dari suami sesudah cerai?
    2. Besaran jumlah nafkah yg dituntut apakah bisa lebih besar dari gaji suami? (Suami pegawai negeri)
    3. Sampai berapa lama mantan istri bisa menuntut nafkah dari mantan suami?
    4. Bisakah pengadilan mengabulkan jika istri secara sukarela menyerahkan hak asuh anak kepada suami? Apa keuntungan dan kerugiannya?
    5. Apakah bapak ada rekan sesama pengacara perceraian yg bisa dihubungi di kota Bandung?
    Terima kasih atas perhatiannya, semoga semakin sukses

    BalasHapus
  113. 1. utk mnjawab ini dgn benar maka sy harus tau dulu, anda menikah dlm agama apa, krn jawabannya bisa brbeda.
    2. sesuai kemampuan suami, kalo PNS maka 1/3 dari gajinya.
    3. kalo agama muslim maka tdk diwajibkan mnafkahi mantan istri pak, mangkanya, informasinya kurang lngkap jd sy tdk bs kasih jaaban pasti pak.
    4. bisa.
    5. maaf, sejauh ini blm ada pak.

    BalasHapus
  114. Siang pa pengacara,,,
    saya meisha (muslim) dari bekasi,
    saya dulu menikah denga suami yg beristri tp dia udah cerai secara agama tapi belum secara resmi (KUA jakarta), kami menikah tapi kami juga punya surat nikah yg di buat suami saya di KUA bekasi, kami di karunia anak 11 bulan, setelah 2.5 thn kami menikah saya ingin mengajukan talak karena saya udh tidak sanggup lagi menerima KDRT yg sll dia lakukan, saya ada bukti foto dan saksi keponakan saya.
    yg ingin saya tanyakan :
    1. Aslikah surat nikah kami? krn yg buat waktu itu suami saya sama orang KUA setempat
    2. Bagaimana caranya agar saya bisa cerai dgn dia?
    3. Bagaimana hak asuk anak & nafkahnya?
    atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  115. 1. Jika itu buku nikah dikeluarkan oleh KUA maka itun asli, atau bawa buku itu dan cek lah ke KUA. Dulu anda menikah ada penghulu dari KUA tidak? kalo tdk ada maka bisa diragukan.
    2. Ajukann gugatan ke pengadilan agama sesuai wilayah domisili anda.
    3. hak asuh anak bisa anda dptkan, serta nafkah utk mereka.

    BalasHapus
  116. bapak yg terhormat, bisa kah saya melakukan gugatan cerai terhadap suami dengan alasan, tidak tahan terhadap perlakuan keluarganya, alasan kesehatan dan keuangan? saya tidak memiliki bukti dan saksi atas perlakuan keluarganya.
    keluarganya sering mengkontaminasi, makanan, air, pakaiann, dan merusak barang2 saya. suami cuma bisa pasrah,dan sering tidak mau mengganti biaya2 yg ditimbulkan.
    terima kasih

    BalasHapus
  117. Sebenarnya alasan cerai yg anda uraikan sgt bisa dijaikan alasan cerai namun kalau tidak ada saksi maka 100% gugatan cerai anda tidak akan dikabulkan. Adanya saksi minimal 2 org merupakan syarat mutlak dari proses berperkara cerai di pengadilan.

    BalasHapus
  118. bapak yg terhormat, jika saya menggugat cerai kepada suami, jika ada tanah atau bangunan yg telah saya miliki setelah pernikahan, apakah suami yg saya gugat memiliki hak? tanah atau bangunan tersebut atas nama saya, ada yg merupakan pemberian orang tua saya dan ada yg saya beli dengan uang pribadi saya. terima kasih

    BalasHapus
  119. terima kasih atas infonya. saksi nya harus orang yg menyaksikan kejadiannya langsung atau teman tempat saya mengadu sudah bisa?

    BalasHapus
  120. terima kasih atas infonya.
    saksi nya harus orang yg menyaksikan kejadiannya langsung atau teman tempat saya mengadu sudah bisa? teman2 dan saudara saya berasa di kota yg berbeda.
    jika tidak bisa, adakah cara lain?

    BalasHapus
  121. Utk anonim tgl 31 Jan, jam 19.47;
    Jika aset/harta itu dibeli pada "masa" pernikahan maka si suami punya hak sebesar 50%, tapi tdk termasuk harta bawa'an dan harta warisan.

    Utk anonim tgl 31 Jan jam 19.55;
    Kalau hanya berdasarkan "curhat" saja tidak bisa bu, harus yg berdasarkan mlihat lgsung dan/atau mndengar lgsung alasan cerai.

    Utk anonim tgl 31 Jan jam 20.09;
    Intinya, saksi haruslah org yg benar2x pernah melihat lgsungn dan/atau mndengar lgsung alasan cerai si penggugat.

    BalasHapus
  122. Istri saya telah meninggalkan rumah tanpa seizin suami, dan sekarang menggugat cerai di tempat dia tinggal. Dalam jawaban saya, saya nyatakan pada Majelis bahwa gugatannya seharusnya dilakukan diwilaya hukum tempat saya tinggal, tapi tidak mendapat tanggapan majelis, dan sidang tetap dilanjutkan.

    Upaya apa yang bisa saya lakukan, untuk meyakinkan majelis.

    BalasHapus
  123. Ajukan gugatan rekonpensi yg mpermasalahkan ketidakwenangan PA tersebut. Lalu memang nanti hakim bisa adakan putusan sela. Dan sebaiknya bapak jg persiapkan bukti2x bhwa si pgugat bukan disana domisilinya [srt keterangan RT,RW, Kelurahan].

    BalasHapus
  124. Selamat pagi pak...
    Mohon pencerahan...

    Saya, seorang laki2x yang tergugat cerai. Sebelumnya, istri saya menuduh saya melakukan TALAK 3x. makanya, dia bersama keluarganya bersikeras mengajukan hal ini ke Pengadilan Agama. Akan tetapi, yang diajukan istri, malah berisi bukan soal TALAK.

    Disaat sidang selama 3x, saya tidak tahu kl ada panggilan dari PA. dan terakhir yang saya ketahui bahwa PA sudah memutuskan cerai.

    Sebenarnya, selama perjalanan 3 bln ini, kita saling menyadari kesalahan kita masing2x, dan sudah berniat RUJUK, akan tetapi Ibu mertua bersikeras agar kita PUTUS. sampai pengadilan Agama memutuskan.

    Sekarang, surat untuk cerai masih belum keluar. Yang jadi pertanyaaan.

    1. Apakah masih bisa dibatalkan surat cerai tersebut alias RUJUK ? lantaran kita sdh saling memahami dan memaafkan, apalagi kita sdh punya anak 1 yg berumur 3 thn .

    2. Apakah harus menikah ulang di KUA, walaupun surat cerai belum keluar, akan tetapi keputusan sidang sudah keluar kl perceraian ini sdh disetujui.

    Mohon pencerahan, bagaimana cara membatalkan surat cerai yang blm kita terima.

    Terima kasih

    BalasHapus
  125. apakah jika sang bapak yang tidak dapat hak asuh tetapi tidak dapat bertemu anak dapat mengugat terima kasih pak dari irwan

    BalasHapus
  126. Bos tolong.........

    Ane sedang berjalan dalam proses cerai, kita tela h bersepakat. tetapi ketika sudah ada putusan dari pengadilan anak jatuh ketangan saya/suami. Kirain udah selesai, eh tau-taunya istri saya banding menuntut hak asuh anak juga.

    Pertanyaan ...?

    Apakah bisa surat cerai itu keluar lebih dahulu, sedangkan penetapan hak asuh anak prosesnya berlanjut pada tingkat banding.

    Tolong bos sarannya, soalnya ane mau kawin lagi dengan segera nih. Sebelum dan

    BalasHapus
  127. NumpAng Tanya pak
    Saya menikah dengan Wna secara agama khonghucu di Indonesia 1 th yg lalu. Tp kami baru hidup bersama 5 blnan yg lalu krn waktu Itu saya tdk kumpul dng suami krn menunggu proses imigrasi. Selama 5 bln bersama saya merasa tdk nyaman Dan menderita bahtin. Swami saya memiliki emosi yg tdk stabil, dia bisa marah2 Tanpa sebab Dan Itu hampir setiap Hari. Bulan2 awal saya tinggal bersama dngnya saya temukan dia gabung dng situs2 jodoh Dan seorang perempuan mengirim kartu natal Mesra Dng foto romantic mrk. Swami saya selalu menyangkal. Saya Saat ini hamil 3 bln tp saya bulat ingin pisah krn saya tdk Mau jd gila stress menghadapi emosi dia. Bagaimana cara saya bercerai? Terima kasih.

    BalasHapus
  128. Utk anonim tgl 15 Feb;
    1. selama putusan blm bersifat inkrah [berkekuatan hukum tetap] maka masih bisa mncabut gugatannya pak.
    2. itu tadi pak, walau putusan sdh dibacakan hakim tetapi blm melewati masa banding [14 hr stelah sidang putusan] maka masih bisa cabut gugatannya.

    Utk anonim tgl 16 Feb;
    Dapat pak, namun sejauh pengalaman sy sangat jarang ada tuntuttan seperti itu di pengadilan.

    Utk anonim tgl 17 Feb;
    Bgini tong, kalo ntu putusan dibanding ama bini ente maka ente blm cere noh. Ntu perkare naek banding ke pengadilan tinggi, jadi pastinye gak bakalan dapet putusan cerenye [walopun cerenye dikabulin hakim] karena bakal diproses lage di pengadilan tinggi [kira2x makan wkt 3 bulan lage]. Saran abang, kalo ente mo cepet kawin, mending ente serahin aja ntu hak asuh anak biar nanti die kagak ajuin kasasi ke Mahkamah Agung, kalo die sampe kasasi, bwaaah...berabe dah, bakal bisa setaunan gak cere-cere.

    Utk anonim tgl 19 Feb;
    Bu,sy perlu tanya dulu, apkah perkawinan anda dicatat di catatan sipil? [apkah ibu pegang akta perkawinan?] bisa iya, maka jk ibu ingin cerai ibu tinggal daftar gugatan di pengadilan negeri sesui wilayah domisili saat ini si suami, prosesnya ibu bisa klik di http://masalahperceraian.com/index.php?c=2

    BalasHapus
  129. Yth, Saat inI saya berdomisili di kanada. Ya, pernikahan kami dicatat di cat sipil Dan saya pegang Akta nikah. Apakah yg hrs saya lakukan?

    BalasHapus
  130. Bos sebelumnya terima kasih atas jawabannya sebelumnya. Semoga dilimpahi berkah yg barokah dengan beramal memberikan konsultasi cuma-cuma ini.

    Ane anonim tgl 17 Feb;

    Tapi ane gak terima anak semata ane ini diasuh oleh ibunya, dengan alasan kehidupannya glamor dengan pekerjaan malamnya, maksiat deh pokoknya.

    Tapi bener juga kata bos bisa berabeh kalau kasasi, bisa makan waktu yang lama bos yak?> bisa kadaluarsa ane gak kawin-kawin, 2 tahun bos nganggur, mana tahan....

    Pertanyaan...?

    Terus gimana donk bos, ane msh butuh advice nich, strateginya gimana biar ane cepet bisa kawin lagi n anak tetep ane yg asuh.

    Ide :

    Seandainya saya kalah di banding nanti,dengan alasan mumayiz. dan saya tidak kasasi. surat cerai bisa keluar langsung kan tuh ya? nah itu bisa gak saya mengajukan gugatan/ penetapan hak asuh anak kembali.

    Mohon Pencerahannya Bos.......

    Sebelum dan sesudahnya Terima kasih Bos... Wasalam

    BalasHapus
  131. Asslmkm.

    Pak, Mohon lanjutan pencerahan dari status tgl 15 feb. 19:03.

    Jika sudah lewat masa 14 hari, kalau misalnya ingin menikah lagi, apakah bisa ?.

    Soale, denger2x dari beberapa orang kl sdh terima surat, dan bila ingin menikah lagi, maka harus mengurus surat2x pindahan KTP terlebih dahulu, selanjutnya baru boleh menikah dengan KTP Baru. Begitukah ?.

    Mohon pencerahannya...

    Terima kasih

    BalasHapus
  132. Utk anonim tgl 21 Feb;
    ya benar.

    Utk anonim tgl 23 Feb;
    tidak benar itu pak.

    BalasHapus
  133. Utk anonim tgl 23 Feb;
    tidak benar itu pak.

    24 Februari 2011 08:10

    menindak lanjuti
    =============================================
    ===> trus yang benar bagaimana pak ?
    Oh iya, langkah apa yang harus saya tempuh jika ingin melakukan nikah lagi bersama istri setelah menerima surat putusan PA.

    InsyaAllah tanggal 29 Maret besok, surat cerai oleh PA disuruh ambil.

    Mohon pencerahan lebih lanjut.

    Terima kasih

    BalasHapus
  134. Selamat Pagi Pak Pengacara,,

    mohon pencerahannya,,,

    waktu itu saya disuruh nungu sampai maximal 1 bulan,, Perkara saya sudah putus dengan pembacaan CTV,,
    trus proses selanjutnya apa,,,dan berapa lama saya mendapat keputusan sah bercerai,,

    trimakasih pak sebelumnya,,,

    BalasHapus
  135. Mungkin yg dimaksud urus KTP adalah kepengurusan utk merubah statusnya pak.
    Pada prinsipnya kalau sudah terima akta cerai maka bapak sdh bisa menikah.

    BalasHapus
  136. Saya menikah dg WNA,saat menikah dia sudah berstatus cerai dan memiliki 2 orang anak di negaranya yg ikut bersama ibunya(mantan istrinya),2 rumah suami saya semua atas nama saya sebagai istri yg sah, pertanyaannya adalah apakah masih ada hak mantan istri menuntut berapa persen dari salah satu rumah yg sdh di bangun sebelum menikah dg saya dg alasan hak untuk 2 org anaknya yg sudah bekerja (rumah pertama sdh ada sebelum menikah, dan setelah menikah nama nominee di indonesia sudah diganti dg nama saya, sedang rumah yg satu lagi full atas nama saya karna saya ada anak dari suami yg masih balita) suami saya mengatakan saat cerai dg mantan istrinya semua harta gono gini sudah di bagi 2 di negaranya, rumah serta isinya dan uang sudah di ambil pihak istri dan suami keluar dari rumah hanya dg membawa baju2 saja, sisa uang yg dimilikinya di invest kedlm bentuk rumah di indonesia (rmh yg pertama), pertanyaannya lagi, apakah nanti saya berhak(sbagai istri yg sah) mengatur pembagian rata atas rumah yg pertama dengan anak2nya dan anak saya jika terjadi sesuatu dg suami sya, mengingat kondisi suami saya yg mengkhawatirkan dan sakit2an. sya hanya hendak berlaku adil mengingat suami sya terus2an di rongrong olen mantan istri dg alasan anak2 yg sudah besar, sedangkan anak saya masih balita perjalanan hidupnya masih panjang..apakah saya memerlukan pengacara untuk untuk mengingat mantan istri yg sudah tidk ada hak sama sekali..?

    terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  137. selamat siang,
    saya ingin bertanya, saya sudah 4tahun tidak serumah dgn istri saya. dan istri saya tidak tau kemana.apakah bisa saya mengajukan cerai sepihak?
    terima kasih

    BalasHapus
  138. Utk anonim tgl 4 April jam 02:08
    Si mantan sdh tdk berhak lg. Ya, sbaiknya pakai jasa pengacara. Maaf, mnurut pertanyaan anda sdh sgt pribadi, sebaiknya anda email sy saja di azizmambro@gmail.com.

    Utk anonim tgl 4 April 2011 jam 19:55;
    Bisa pak, nanti proses cerainya; panggilan sidang utk si istri akan melalui iklan koran yg ditentukan dan diatur oleh pihak pengadilan.

    BalasHapus
  139. Pak pengacara

    Klo bercerai dalam kondisi telah memiliki anak lebih dari 1. Misal ada yang masih balita, dan ada yang SMP, dan ada yang kuliah.
    Kira-kira bagaimana penyelesaiannya tentang status hak asuh? Terutama anak yang masih dianggap belum dewasa ( balita dan SMP )
    siapa yang berhak mengasuh nya?
    Misal semua anak ikut ayahnya apakah sang ibu berhak menemui anaknya kapan saja? atau sebaliknya jika anak ikut ibu apakah ayahnya mempunyai hak menemui nya kapan saja?
    apakah semua hak itu di lingdungi secara hukum?
    apakah setelah perceraian masing-mas

    BalasHapus
  140. Umumnya hak asuh anak dipegang oleh si ibu. Hak asuh anak dpt dipegang oleh si bapak jika si ibu trbukti brzinah.
    Ya, ibu tetap berhak menemui anak2x kandungnya, bgitupun sbaliknya.
    Ya, namun negara kita blm punya departemen perlindungan anak, jd tdk ada pengawasan/prlindungan dlm hal trsebut.

    BalasHapus
  141. Saya anonim 10 april 22:19
    selain terbukti berzinah apa tidak ada lagi hal lain yg bs menyebabkan hak asuh di pegang oleh si bapak?
    jadi hak orang tua kandung menemui anak2nya itu sampai saat ini tidak di lindungi oleh undang2?
    thanks

    BalasHapus
  142. Selamat Pagi Bp. Pengacara,

    Terima kasih atas kesempatan yg bapak berikan kepada kami untuk konsultasi lewat forum ini.

    Saya memiliki beberapa pertanyaan :

    a. Apakah benar, Kutipan Akta Pernikahan ASLI akan dipegang (disimpan menjadi arsip) oleh Pengadilan Negeri setelah Putusan dari Pengadilan Negeri atas Perceraian keluar? Ataukah Kutipan Akta Pernikahan ASLI akan diserahkan kepada salah satu pihak (penggugat/tergugat)?

    b. Jika Putusan dari Pengadilan Negeri sudah keluar dan saya ingin mengurus pembuatan Kutipan Akta Perceraian di Ktr Catatan Sipil, apakah Kutipan Akta Pernikahan ASLI diperlukan?

    c. Jika Kutipan Akta Pernikahan ASLI diperlukan, bagaimanakan cara saya memintanya dari Pengadilan Negeri? Apakah melalui Surat Permohonan Peminjaman Kutipan Akta Pernikahan ASLI, atau melalui cara apa ya pak?

    d. Jika Kutipan Akta Pernikahan ASLI dipegang oleh Pihak Penggugat (Posisi saya adalah sebagai Tergugat), dan jika saat saya ingin meminjam Kutipan Akta Pernikahan ASLI tersebut kepada Pihak Penggugat untuk mengurus pembuatan Kutipan Akta Perceraian, namun Pihak Penggugat tidak bersedia memberikannya kepada saya (mungkin untuk mempersulit saya), apakah yang bisa saya lakukan?

    Terima Kasih atas informasi yang akan bapak bagikan kepada kami dengan menjawab beberapa pertanyaan saya diatas.

    Informasi yang bapak berikan akan sangat membantu saya.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  143. Utk anonim 11 April;
    Jika istri trbukti melalaikan tugasnya sbg seorang ibu jg dpt mngalihkan hak asuh anak dari ibu ke bapak, namun tentu disertai dgn bukti2x dan saksi2x yg kuat.

    Utk anonim tgl 13 April;
    a. Tidak benar. Kalau nanti prkaranya sdh inkrah [dikabulkan cerainya] maka akta nikah asli diserahkan ke ktr cat. sipil utk kmudiann diproses akta cerai.
    b. Ya, sgt diperlukan.
    c. PN tdk 'menahan' akta pkawinan, kita hanya mperlihatkannya sj kpd majelis hakim.
    d. Itu sulitnya pak, jgn dikasih sj.

    BalasHapus
  144. slamat sore pak,
    sy soerang suami, sdh 11 bulan ini saya tidak bekerja tetapi sy mempunyai usaha biar pun kecil. istri sy mengajukan cerai karena alasan sy tdk memberikan nafkah kepadanya, padahal kami tinggal di rumah orng tua saya yang tidak di gunakan, ddan setiap bulannya saya membayar kepada orng tua saya, apakan ibu bkn termasuk memberi nafkah? tolong komentarnya . thanks

    BalasHapus
  145. Benar pak, pmberian nafkah itu sangat relatif, di UU pun tdk menentukan harus brapa Rp nafkah utk istri/keluarga. Nafkah dari suami itu seharusnya sesuai kemampuan si suami, dan jk dianggap kurang maka istripun wajib mbantunya, bukan malah meninggalkannya.

    BalasHapus
  146. saya adalah pria usia 28 thn dan sudah menikah 5 tahun yang lalu dan memiliki 2 orang anak. Pernikahan saya tidak ada surat Catatan Sipil, hanya ada surat dari gereja dan surat dari gereja sdh disobek2 oleh mantan istri. Sudah 2tahun terakhir saya pisah dengan mantan istri dan tidak pernah tinggal serumah lagi.pertanyaan saya 1. Apakah surat nikah dari gereja punya kekuatan hukum di pengadilan ? 2. Apakah bila saya menikah lagi dengan gadis lain dan ingin membuat Catatan Sipil dapat dilakukan ? Syaratnya ? 3. Haruskah saya membuat surat cerai di Catatan Sipil sementara saya tidak pernah membuat surat nikah di Catatan Sipil ? 4. Kemanakah saya harus meminta bantuan untuk pembuatan surat Catatan Sipil seperti pada point 2 ?(Jawaban)

    BalasHapus
  147. 1. Tidak, harus ada akta perkawinan yg dikeluarkan oleh ktr Cat Sipil.
    2. Tidak bisa, kan harus cerai dulu dgn istri pertama [dgn mnyerahkan akta perkawinannya].
    3. Tidak bisa, jika anda tdk prnah punya akta prkawinan maka artinya prkawinan anda blm pernah didaftar di negara ini, maka anda harus daftar dulu di ktr cat sipil utk dpt akta prkawinan.
    4. Kita bisa bantu pak, silahkan email/hub sy secara pribadi [0816722282].

    BalasHapus
  148. Saya pria 40 th telah menikah 8 tahun dan saat ini hidup dengan istri dan 1 anak laki2 berusia 7 th. Sejak menikah saya tinggal di rumah alm mertua dan sejak mertua meninggal, praktis saya sebagai yang tertua mengurusi segala sesuatunya di rumah.
    Sebenarnya saya atas penghasilan selama berkarier, telah memiliki tanah yang lumayan luas untuk rencana dibangun kelak bila anak sudah dewasa. Hal ini tidak diketahui oleh istri saya.

    Sudah sejak lama istri saya sering marah2 meskipun dikarenakan suatu hal yang sepele, tetapi saya selalu berusaha untuk menahan diri. Terakhir, rasanya saya sudah tidak kuat lagi karena sdh sangat menyinggung harga diri sebagai suami.

    Saya berencana pergi dari rumah untuk hidup sendiri di suatu apartemen supaya bisa hidup lebih tenang terfokus pada pekerjaan saya dan agar ibadah bisa lebih khus'yu.

    Pertanyaannya adalah apakah saya bisa dituntut cerai oleh istri saya dan harta saya juga bisa diklaim 50% oleh istri saya?
    Bagaimana caranya agar harta saya tidak dapat diklaim, karena semuanya adalah jerih payah saya selama 20 tahun bekerja.

    BalasHapus
  149. Mungkin anda maksud adlh harta gono-gini ya pak. Pmbagian harta gono-gini merupakan akibat dr prceraian. Dlm UU mngatakan bhwa harta gono-gini [harta brsama] adalah harta yg diciptakan hanya pd masa prkawinan sj. Jadi, iya, istri mpunyai hak sebesar 1/2 bagian dari harta bersama trsebut. Utk pnjelasan lebih lanjut sebaiknya bapak email sy secara pribadi di:
    azizmambro@gmail.com

    BalasHapus
  150. Pak pengacara yth
    Kira kira setahun yg lalu kaka permpuan saya mendapati suaminya sedang satu ruangan kontrakan yang tertutup bersama perempuan lain, mulai saat itu mereka sudah tidak tinggal bersama lagi , bahkan sudah pernaAh dilakukan pertemuan antara kedua belah pihak yang tujuan nya untuk mengusahakan supaya zang suami sadar dan kembali bersMa, tapi secara terang terang suaminya menolak. Intinya suaminya ingin menceraikan kaka saya, tapi selama ini kaka saya tidak pernah mengajukan gugatan cerai sampai sekarang. Tapi belom lama ini suaminya memberikan sebuah surat yang bertuliskan "pernyataan ikrar talak" yang sudah dia tanda tangNi serta menambah kan materai enAm ribu ,
    Pertanyaan saya apabila kaka saya meneruskan surat itu ke KUA apa kah akan menjadi penggugat atau tergugat,
    Menurut pak pengacara yth , dengN adanya surat itu apa yang sebaiknya kaka saya lakukan.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  151. Hal trsebut belum diakui sebuah perceraian oleh negara. Intinya jk mau brcerai secaea resmi maka harus diproses di pengadilan. Tanyakan lg ke kakak anda, kalo dia tdk mau cerai maka biarlah si suami yg daftar ajukan gug cerai di pengadilan brwenang tp jk kakak anda mmg jg ingin cerai maka kakak andalah yg mndaftarkan srt gugatanya di pengadilan brwenang.

    BalasHapus
  152. met malam ....saya maw konfirmasi....ni saya dah menikah selama 4th dan dikaruniai 1 anak...tapi dalam kehidupan sehari" kami tidak pernah merasakan keharmonisan.tiap hari selalu bertengkar,selama 4thn tersebut.saya dah g betah...dan saya ingin menceraikan istri saya,karna saya emang dah dah betah.sy hidup dirumah mertua.n slama itu saya diperlakukan seperti sampah.nga diangap...

    BalasHapus
  153. pak pengacara yth...
    menyambung yg diatas....untuk kehidupan sehari"ny kami tidak ada harmonisny sama sekali....bahkan pernah suatu hari saya ingin memeluk istri saya..malah yg terjadi saya dihempaskan layakny seperti dah g dianggap suami lg.untuk urusan sex jg tidak pernah dilayani..kl pun melayani dgn terpaksa...menurut pak pengacara adakah jalan supaya saya bs bercerai dr istri saya...emg saya anak orang miskin...jd istri saya tidak menghomati saya sama sekali....untuk berbagai pekerjaan pun tidak ada suport...saya menikah untuk bs merasakan kebahagiaan...bukanny hinaan....terus terang,dr pertama nikah saya sebetulny tidak mencintai istri saya.saya berharap setelah menikah bs mencintainy.tp ternyata malah sebalikny....saya jd amat sangat membenciny...saya dah bersabar selama 4 thn....tp kesabaran seseorang pasti ada batasny.....sebenarny waktu nikah pun tak ada seorang keluarga saya yang menghadiri pernikahan kami....sya saat ini dilanda kegalauan yang teramat sangat...tolong saya pak pengacara....saya berdomisili di jogja.....

    BalasHapus
  154. bisakah saya menggugat cerai suami saya ? karena suami impoten, sehingga tidak bisa punya keturunan ?

    BalasHapus
  155. Utk anonim tgl 16 Mei, 10:35
    Sbelumnya maaf,pertanyaan anda apa pak? sy bersedia mbantu dan mberikan jawaban, namun sy tdk berhak menentukan sesuatu atas kehidupan seseorang, mohon maaf sy blm dpt mberikan respon.

    Utk anonim tgl 17 Mei
    Bisa bu, namun sebaiknya anda dpt mbuktikan "masalah" suami anda tersebut kpd hakim, misalkan seperti srt keterangan dokter, atau keterangan medis lainnya.

    BalasHapus
  156. dear pak pengacara..
    sya mau bertanya apabila terjadi perceraian dan memiliki harta yang didapatkan pada waktu perkawinan kan disebut harta gono gini yah?harta harta tersebut telah dihibahkan atas nama anak yang disetujui kedua belah pihak..
    apakah bisa salah satu pihak menggugat kembali harta itu untuk dijadikan harta gono gini?
    trimakasih sblmnya..

    BalasHapus
  157. Pak... Mohon pencerahan.

    Saya pernah bercerai dengan istri, dan diputuskan oleh PA, dalam kasus GUGAT CERAI.

    Akan tetapi, setelah 2 bulan berjalan, kita ingin rujuk kembali.

    setelah konsultasi ke pihak KUA, harus menikah lagi. tapi, disini ada sisi lain yang sangat mempersulit kita.

    Kita sdh punya anak, niatan balik sudah ada... akan tetapi, ortu istri tidak mau kita rujuk karena alasan tertentu.

    Apa yang harus kita lakukan pak ?. mengingat kita sdh benar2x saling menyadari kesalahan kita dan ingin membesarkan anak kita bersama lagi.

    Mohon bantuannya jalur yang seperti apa yang harus kita tempuh, padahal secara Agama, kita sdh menikah lagi.

    Terima kasih

    BalasHapus
  158. Wah, sy bingung skali mnjawab ini pak, paling saran sy sbaiknya bapak adakan pndekatan lagi dgn ortu mantan istri anda krn jk ayahnya tak stuju maka anda akan sulit skali mlakukan nikah krn kan si anak prempuan hrs diserahkan oleh ayah kandungnya.

    BalasHapus
  159. Dr 25 Mei 2011 02:10

    Pak, pendekatan sudah... akan tetapi, mereka tak memberikan jawaban sama sekali apa yang memberatkan.

    trus, saya pernah tanya kepada seseorang, kl ada yang namanya WALI HAKIM. itu yang bagaimana ?.

    Dan apabila alasan orang tua istri saya diluar hukum agama bagaimana ?. misalnya, alasan mereka kl kita tetap bersama, maka istri saya akan meninggal dunia, astaghfirullah...

    itu bagaimana pak ?.

    Mohon bantuannya bagaimana memutuskan sst yg tidak bisa diterima oleh akal...

    terima kasih

    BalasHapus
  160. Pak, saya beragama Kristen menikah dengan istri saya di Sumatera thn 1997 kemudian kami pindah ke Surabaya. 2 tahun kemudian dia meninggalkan saya dan saya tidak tahu keberadaannya hingga sekarang. Apakah saya bisa mengajukan proses cerai di Pengadilan Negeri Surabaya?

    BalasHapus
  161. Utk anonim tgl 18 Juni;
    Bisa pak, pakai PN sesuai wilayah domisili saat ini si penggugat.

    BalasHapus
  162. Yth Bapak/Ibu Pengacara

    Saya (suami) ingin melakukan gugatan perceraian agama (islam) dikarenakan sudah tidak ada keharmonisan dan sudah tidak adanya lagi rasa kepercayaan kepada saya, pernah suatu waktu saya bersama istri saya memeriksakan istri saya ke dukun anak (paraji dalam bahasa sunda bukan dukun sihir ) dan mengatakan tidak bisa mempunyai anak karena ada cacat fisik di bagian tulang belakang. istri saya bisa terima dengan gugatan saya tapi seperti tidak ikhlash begitupun dengan orang tuanya namun hal yang berbeda justru kepada orang tua dan keluarga saya yang tidak mau adanya perceraian.. Pertanyaannya apakah gugatan saya dapat terkabul....?? dan apa yang musti saya lakukan jika keadaannya seperti ini...??


    Terima Kasih

    BalasHapus
  163. Salah satu alasan cerai memang ada yg sperti itu tetapi tdk lah berdasarkan keterangan dari "dukun" pak, sebaiknya dipriksa ke dokter dulu.
    Pada prinsipnya, utk proses cerai di pengadilan itu harus ada buku/akta nikah asli dan saksi min 2 org, serta alasan cerai yg sesuai yg trcantum dlm undang-undang pak.

    BalasHapus
  164. dear pak

    pertanyaan saya sblmnya tgl 22 mei harap dijawab pak agar saya dapat mengerti
    terimaksih

    BalasHapus
  165. Maaf pak/bu, terlewat.
    Tidak bisa, dan smoga hibahnya trsebut dibuatkan akta hibahnya [notaris].

    BalasHapus
  166. dear bpk.pengacara.
    Saya seorang ibu yang berdasarkan putusan perceraian yang telah berkekuatan hukum tetap ditunjuk sebagai pemegang hak asuh atas seorang anak dibawah umur.saya menyadari bahwa perceraian tidak memutus hubungan antara anak dan ayahnya namun menurut saya oleh karena hak asuh ada ditangan saya maka menurut saya bila ayahnya hendak bertemu atau membawa anak saya haruslah diketahui atau seizin saya. akhir-akhir ini saya khawatir suami tanpa sepengetahuan saya tiba-tiba membawa anak saya pada saat anak saya sedang sekolah.oleh karenanya saya meminta kepada pihak sekolah anak agar pihak sekolah tidak memberikan izin/memperbolehkan pihak lain selain saya atau orang-orang yang telah saya tunjuk untuk menjemput anak saya, dan untuk maksud saya tersebut pihak sekolah meminta agar saya atau kuasa saya (pengacara) membuat surat kepada pihak sekolah yang isinya memuat hal tersebut.
    pertannyaan saya adalah apakah surat permintaan semacam itu lazim dilakukan? dan apakah surat semacam itu tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku?

    mohon dijawab ya pak, kalau bisa saya tunggu jawabannya segera.

    BalasHapus
  167. Coba di cek lg bu apkah benar ada tertulis "harus seizin ibu" krn umumnya hanya tertulis "sepengetahuan si ibu".
    Ttg prtanyaan ibu, utk srt trsebut syah - syah saja asalkan isinya tdk brtentangan dgn isi putusan pengadilannya bu.

    BalasHapus
  168. Dear Pak Pengacara,

    saya seorang suami, dimana saya dan istri saya sudah +/- 6 bulandi rumah org tua masing2, karena sudah tidak ada kecocokan. saya ingin mengajukan cerai dengan tuntutan istri saya selingkuh...
    dan selama ini memang dia sering berhubungandengan dia bahkan pernah ada rencana ingin menikah, ditambah lagi istri saya sering kali hutang diluar sepengatahuan saya, dan tetap saya yang jadi kambing hitamnya... saya berdomisili di bekasi selatan, Pak pengacara saya ingin urus masalah ini dengan cepat karena sy sudah gak kuat lagi dengan tingkah dia.
    kira2 brp biaya untk urus perceraian saya dan apa saja yang harus saya siapkan... terima ksih

    BalasHapus
  169. Utk menjawab prtanyaan anda, sebaiknya anda hub sy secara pribadi di 0878787 22282, atau emai sy secara pribadi di latiefnas@gmail.com
    Terimakasih.

    BalasHapus
  170. saya seorang perempuan muslim tahun sudah menikah hampir 5 tahun dan dikaruniai 1 orang putri cantik berusia 3 tahun. Dari awal memang sudah sering bertengkar dan sempat hidup terpisah beberapa kali (karena pekerjaan juga). Namun 2 tahun terakhir, kami tidak ada komunikasi, paling hanya sms 3 bulan sekali (dalam 3 bulan hanya 1x sms). Bahkan sudah 1,5 tahun ini, saya benar-benar tidak mengetahui keberadaan suami saya karena suami bertengkar dengan orang tuanya dan pergi dari rumah.

    Yang mau saya tanyakan:
    1. bisakah saya mengajukan gugatan cerai tanpa tahu alamat suami saya tinggal?
    2. dimanakah saya mengajukan gugatan saya? PA domisili saya atau PA domisili keluarga suami saya (mertua), karena terakhir yang saya tau dia tinggal bersama orang tuanya?
    3. Apakah menggugat cerai saya juga membutuhkan buku nikah suami? karena yang saya pegang hanya buku nikah istri.

    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  171. 1. bisa, dgn cara bercara secara ghoib [pakai iklan radio yg diatur oleh PA];
    2. PA sesuai wil dmsl saat ini si istri;
    3. bisa dgn buku nikah istri sj, yg penting asli, bukan fotokopi.

    BalasHapus
  172. pak mau tanya,
    1. berapa lama jangka waktu (kadarluarsa) keputusan cerai PA ?, bila kemudian dilakukan banding dan Kasasi yang waktunya lebih lama dari dari kadarluarsa keputusan PA bagaimana status hukum dari keputusan PA tersebut ?

    2. Apakah bila suami tidak mau berikrar talak berarti keputusan PA menjadi batal ?

    3. Berapa lamakah proses banding dan kasasi ?

    terima kasih, atas pencerahannya.

    HA, Bekasi

    BalasHapus
  173. Saya HA, dari bekasi,
    pertanyaan 1 september 2011 jan 11:23 itu bila yang mengajukan gugatan dari pihak Istri.

    BalasHapus
  174. Pak Pengacara, saya pria katolik sdh menikah sejak 2006 dan punya satu anak usia 3thn.
    saya ingin cerai dgn istri saya krn ketidakcocokan dan ketidakharmonisan. Bagaimana dgn hak asuh anak? bisakah sy mendapatkan hak asuh anak dan apa saja persyaratan untuk cerai ini dan berapa lama?
    mohon jawabannya, terima kasih

    BalasHapus
  175. Tina Shock..
    Pa pengacara, saya menikah 3 tahun yang lalu (sekitar tahun 2008)secara katholik. dan di tahun 2010 suami saya menceraikan saya dengan sebuah surat bermeterai. kemudian dia mempublikasikannya di media massa..pertanyaan saya: apakah perceraian itu sah dan bagaimana status kami secara hukumnya?? terima kasih Pa pengacara.. Gb

    BalasHapus
  176. - Itu perceraian "ngawur". Proses cerai wajib dilaksanakan di pengadilan [bukan secarik kertas bermaterai], wajib ada bukti dan saksi min 2org.
    - Blm bcerai.

    BalasHapus
  177. jika sudah di jatuhi talak 3, apakah secara hukum perdata masih bisa dibatalkan? sedangkan secara agama sudah sah cerai?

    BalasHapus
  178. Saya sudah nikah sejak 2002, tidak dikaruniai anak, dan sudah cukup lama pisah rumah dengan istri saya, bahkan istri saya pun sudah pernah tinggal dengan pria lain.
    saya ingin mengurus surat cerai, tapi sekarang sudah tidak bisa menghubungi istri saya....
    bagaimana cara pengurusan surat cerainya ?

    BalasHapus
  179. Utk pertanyaan bapak, mohon silahkan hub sy secara pribadi ke 0816722282 atau email ke latiefnas@gmail.com, krn cukup panjang sy jelaskan di kolom ini. Ditunggu, terimakasih.

    BalasHapus
  180. saya seorang suami yang telah di tinggal istri selama 2 tahun ke luar negeri , sekarang istri saya datang dan di meminta uang yang telah dia kirim kan kepada saya selama 2 tahun,
    karena uang itu telah habis karena adanya anak. akhirnya dia akan menuntut saya kepada pihak kepolisian.
    apakah bisa masalah ini sampai kepada pihak kepolisian?
    mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  181. Tidak mungkin itu pak, mnurut sy mngkin anda hanya ditakut-takuti saja, tertawakan saja pak. Hal tersebut sm skali tdk ada unsur pidananya, tdk ada pnipuan/penggelapan (kcuali jika ada srt perjanjian tertentu yg mewajibkan anda mngembalikan uang trsebut).

    BalasHapus
  182. terima kasih pak pengacara atas pencerahannya,
    terima kasih banyak,,,

    BalasHapus
  183. pa pengacara, bukti berupa apa sajakah untuk menuntut suami sy yang telah berselingkuh dengan wanita lain,,?
    mohon bimbingannya, terima kasih,,?

    BalasHapus
  184. Utk anonim tgl 19 Okt;
    - foto2x mesra/sms mesum/video mesum/surat pengakuan/ym/bbm mesra/pengakuan [dgn saksi].

    BalasHapus
  185. syarat apa saja yg hrus d bw k pengadilan bila akan mendaftar gugatan cerai,,?
    thanks pak pengacara,,

    BalasHapus
  186. syarat_syarat pengajuan cerai seorang tni apa aja pak pengacara,,
    thx

    BalasHapus
  187. 1. izin cerai dari atasan;
    2. mbuat srt gug cerai;
    3. pegang bukunikah/akta nikah, akta lahir anak, ktp dan kk;
    4. bisa mnampilkan saksi min 2 org.

    BalasHapus
  188. Pak pengacara, istri saya sudah mengajukan gugatan ke PN Bandung melalui pengacaranya dan sudah proses sidang katanya. Sedangkan domisili saya di Medan,apa itu bisa? Sampai sekarang saya tidak pernah dapat panggilan sidang, apa mungkin saya mencek jadwal sidangnnya ke PN Bandung. Terima Kasih

    BalasHapus
  189. - Kalau pernikahannya non ag Islam maka pn brwenang adlh pn sesuai wilayah domisili saat ini si tergugat. Jadi kalo anda sbg tgugat yg brdomisili di medan maka seharusnya di PN Medan.
    - Mungkin.

    BalasHapus
  190. moho pencerahan pak saya seorang suami yang tidak bisa setia sama istri saya sering menghianatin istri saya mungkin kekurangan fisik istri saya yang membuat saya tidak bisa setia kadang saya merasa kasihan dan merasa bersalah kepadanya tetapi saya ttp tidak bisa setia karna memang dulu saya menikah dengan tujuan agar bisa keluar ari rumah karena kondisi keluaga saya yang broken apakah saya bisa menceraikan istri saya karena saya tidak mau terus menghianatinya krn samapi skrang istri saya tdk tahu klo slam ini saya sering menghianatinya lalu alasan apa yang tepat untuk menceraikanya.tolong di balas di email saya ya pak di christrang77@yahoo.com

    BalasHapus
  191. Hal ini sulit pak, krn ada aturan hukum mngatakan bahwa pihak yg brsalah tdk bisa sbg pgugat. Saran sy mngkin sbaiknya anda brkata jujur dgn istri anda.

    BalasHapus
  192. pak pengacara, saya sedang menggugat cerai suami saya yang mempunyai wanita lain, kami mempunyai 2 anak, 6 dan 3 tahun. sekarang kami sudah tidak tinggal 1 rumah lagi, pada waktu saya keluar dari rumah yang lalu, kami sudah membuat surat kesepakatan bersama di depan notaris bahwa kami sepakat untuk bercerai dan suami saya menyetujui untuk memberikan hak asuh anak2 saya ke saya, pokoknya dia mau cerai secepatnya, dan kami tidak ada tuntutan harta gono gini juga. pertanyaan saya:
    1. saya dengar dari temen saya, kalo udah sepakat cerai, apalagi ada surat kesepakatannya, dan ga ada tuntutan anak dan harta, mending pihak suami atau tergugat tidak perlu menghadiri pengadilan. itu akan mempercepat prosesnya. apa betul pak pernyataan temen saya ini?
    2. saya denger dari temen saya juga, kalo memang betul lebih cepat kalo suami saya ga perlu hadir, masih harus nunggu 3 kali panggilan, baru putusan hakim keluar, itu biasanya panggilan 1 dengan lainnya jangka waktunya berapa lama?
    3. apakah hakim akan mengabulkan gugatan saya? bagaimana dengan hasil verstek? bagaimana cara mengajukannya?

    BalasHapus
  193. 1. Benar, bisa distrategikan demikian bu, tp sy tdk stuju dgn adanya srt stuju cerai krn hal itu biasanya dtolak hakim;
    2. 1 minggu;
    3. Bisa jika bukti dan saksi2xnya kuat, itu adlh ptsan vrtek, mendaftarkan gugatan ke pengadilan brwenang.
    Utk detailnya silahkan hub sy secara pribadi.

    BalasHapus
  194. selamat pagi,
    saya mau bertanya, apabila ada yang mau mendaftarkan perceraiannya ke pengadilan agama tapi bukan yang bersangkutan yang datang untuk mendaftarkan, apakah bisa?
    atau mungkin butuh surat kuasa?
    mohon advise'nya.
    terima kasih.

    BalasHapus
  195. Bisa, pakai jasa pengcara, dan ya, pakai srt kuasa.

    BalasHapus
  196. kalau misalnya bukan pengacara pak? mksd saya perorangan biasa.
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  197. Kalau maksudnya adlh anda sendiri, bisa.

    BalasHapus
  198. bukan,, maksud saya apabila sebutlah yg mau bercerai A, saya berlaku sebagai temannya yg berniat membantu untuk mendaftarkan dan mengurus semua administrasi dan segala macamnya sampai pada proses pengadilan. apakah bisa apabila saya memiliki kuasa yg diberikan oleh si A ini? dan seperti yang saya sebutkan apabila disini saya sebagai perorangan biasa, bukan pengacara.
    terimakasih.

    BalasHapus
  199. Tidak bisa, haruslah pengacara yg dpt mewakilinya.

    BalasHapus