Rabu, 21 Januari 2009

Kapan Menentukan Untuk Menggunakan Jasa Pengacara

Bagaimana atau kapan saatnya menentukan utk menggunakan jasa pengacara dalam proses perceraian di pengadilan?
Berikut pertimbangan saya untuk menentukan jasa pengacara dalam proses cerai di pengadilan:
  1. Jika anda seorang pekerja maka gunakanlah jasa pengacara. Karena proses perceraian di pengadilan dapat berlangsung sebanyak 8-12 kali sidang dan bisa berlangsung selama 6 bulan.
  2. Jika orang yang ingin bercerai banyak yang mau dituntut, maka gunakanlah jasa pengacara. Contohnya: jika orang yang mau bercerai itu ingin menuntut harta gono-gini, atau ingin pembuktian adanya orang ketiga, atau ingin mendapatkan hak asuh anak dan tuntuttan lainnya, maka saya sarankan menggunakan jasa pengacara. Karena dengan adanya banyak materi yang ingin didapatkannya maka diperlukan perencanaan matang dan strategi yang jitu untuk menghadapi persidangan cerainya. Dengan menggunakan jasa seorang profesional (pengacara) maka perencanaan dan strategi dalam bersidang dapat dijalankan sebagaimana mestinya.
  3. Jika anda punya cukup bajet yang dianggarkan untuk perceraian, maka gunakanlah jasa pengacara. Jasa pengacara memang tidak murah, namun jika memang mempunyai anggaran yang cukup untuk maka sebaiknya menggunakan jasa pengacara. Karena, dengan demikian adanya kesalahan dalam pembuatan berkas-berkas/surat-surat yang diperlukan dalam persidangan dapat diminimalisir.

29 komentar:

  1. Suami saya orangnya sangat2 bai,saking baiknya dia juga gampang salahtingkah baik sama nenek2,pembantu tua,muda dsbnya,saya jengkel krn dia membela org lain dg sikapnya yg aneh....aku ingin cerai krn ceritanya pjg.....tapi sesungguhnya saya sangat ingin suami anak2 panjang umur dan sehat krn saya ingin suami yg menikahkan anak2 kami kelak,saya ingin cerai...tolong

    BalasHapus
  2. kalau sudah bercerai saya ingin anak2ikut saya dan fasilitas kesehatan sayan anak2 spt biasa,apa bisa?harta warisan mertua (rm) jg gono gini buat anak semua,saya bosan dg sifat suami ,dia sgt setia,alim,baik,gak ada celanya tp kmi cekcok 12 taun hanya krn dia suka meniru niru or,contoh sya g ditegur nenek sblah rmh dia ikutan gak negor saya,sya jengkel ma pembantu diamati2 an bela pembantu siapa aja ia bela asal jgn saya...an itu12 taun...aduh saya bkn manja tp dia suka menghilangkan wibawa saya d depan org siapun bentuknya jdi kesannya sayainicemburuan pdal lbih bai dia diam drpd dia menirukan org..kenapa ya??apa suami sya autis??sya pengen cerai tp sya ingin suami n ana2 pjg umur krn mmrk sambungan nyawa saya...sayaingin ceraiiiiii

    BalasHapus
  3. tolonglah dmana kami bisa konsuling supaya saya dan suami sama2 normal...apa saya da sinting??

    BalasHapus
  4. kami sudah baikan...maafkan kata2 aneh saya,kamibutuh terapis mudah2 bisa saling menyesuaikan sifat,krn sya harus omong apa lagi ya supaya suami dewasa,menirukan orang kekanak an,bagimana mertua didik anaknya ya....

    BalasHapus
  5. kl isteri gugat cerai.. krn korban KDRT n suami selingkuh,, tp dipersulit si suami.. gmn tuh yg hrs di awali biar bs lepas si isteri??

    BalasHapus
  6. Mnurut saya tetaplah berpijak pada aturan hukum/prosedur yg berjalan pada proses persidangan di pengadilan.

    BalasHapus
  7. dalam hati dan pikiran saya ingin bercerai.. masalahnya suam,i mengingkari perjanjian kerjasama yang nyata nyata pekerjaaan itu menggunakan atas jaminan saya sbgi tokoh utama tp dibelakang hari setelah uang yang mengalir tidak secara terbuka di kasihtaukan kpd saya, saya tidak terima selain itu sbg suami dia juga lalai menjalankan ibadah bahkanmudah sekali memaki maki saya lewat sms yang sangat tdk pantas.. saya sangat ingin bercerai tp sy kawatir respon keluarga saya. apakah alasan ketidakharmonisan, cekcok, kebohongan, makian nafkah lahir yang seenaknya bisa mempercepat keputusan cerai ? krn sy tdk ingin berlama -lama dlm proses ini.

    BalasHapus
  8. pak kalau sidangnyanya tidak datang akan kena biaya perkara, kalau boleh tau apa bisa kalau tidak mau mendatangi sidang dan biaya kira2 biaya perkaranya?

    BalasHapus
  9. Utk Lulu;
    Pada prinsipnya dlm menjalani proses perceraian di pengadilan, anda harus punya bukti2x kuat dan wajib mnghadirkan 2 org saksi yg dpt mbuktika nmasalah ketidakharmonisannya tersebut.

    Utk anonim 30 Agustus;
    Mohon maaf, sy tidak mengerti kalimat dan pertanyaan anda, bisa tolong diperbaiki lagi, agar kmudian sy dpt mnjawabnya dgn tepat.

    BalasHapus
  10. Saya sedang dalam proses untuk menggugat cerai suami, tapi Saya tidak tahu langkah apa yang harus Saya ambil untuk ke pengadilan.
    Mohon jawabannya yaa pak.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  11. Utk garis besarnya maka anda dpt buka website: www.masalahperceraian.com atau email saja sy di azizmambro@gmail.com

    BalasHapus
  12. suami sy menggugat ceari karena dia memiliki wanita idaman lain(WIL),tp tdk mau mengakui hal itu.sy pny cukup bukti,tp suami sy bilang penyebabnya hal lain,kelrga besar dn siat sy.1 th belakangan sy sdg mlnjutkn sekolah jd tdk dlm keadaan bekerja,sy ingin hak asuh anak.Tolong apa yg hrs sy lakukan ? Hal ini mungkin atu tidak mungkin ?

    BalasHapus
  13. Tak perlu khawatir bu. Jika memang akhirnya trjadi proses cerai di pengadilan maka sy tetap yakin n optimis hak asuh anak akan ibu dapatkan, apalagi jika si anak masih balita.
    Dlm hal ibu tdk bekerja maka bagi sy hal itu tdk lah mngurangi resiko ibu mndapatkan hak asuh anak [malah ibu bisa mnuntut pmberian nafkah kpd si suami]. Asalkan ibu tdk pernah berzinah dan/atau pngguna narkoba dan/atau melalaikan tugasnya sbg seorang ibu maka optimis hak asuh anak kmungkinan bsar didapatkan oleh sang ibu.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah
    terimakasih,jawaban anda bagai oase di hati sy.
    bapak,
    suami sy menggunakan jasa pengacara,tentu sj sy agak khawatir,sy tidak memiliki cukup bny uang sendiri untuk melawan dgn jasa pengacara jg.bagaimana y ?
    apakah ada pengacara murah atau mngkn gratis ?
    Bskah bapak memberi rernsi LSM/pengacara yg bs sy minta bantuan ?
    terimakasih,

    BalasHapus
  15. Ibu bisa lgsung dtg ke pengadilan negeri setempat, biasanya disana ada ruangan LBH nya [Lembaga Bantuan Hukum].

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Saya suami yang digugat cerai istri saya sedang saya tidak ingin bercerai. Tapi karena istri saya memaksa dan mengancam jika saya tidak setuju, maka kalau terjadi apa-apa pada istri saya terus saya yang disuruh tanggung jawab.
    Kemudian kami sepakat, dalam arti saya mengijinkan istri saya menggugat cerai saya. Didalam tuntutannya itu menyatakan bahwa saya terdapat cacat dan tidak bisa menggauli dengan baik/tidak bisa bertahan lama saat berhubungan intim.
    Padahal menurut saya hubungan intim adalah hubungan dua insan yang saling mencintai. Nah pertanyaan saya :
    1. Istri saya pernah berzina (bukti pengakuan sendiri dan bukti tertulis curhatnya di yahoo messenger). Apakah itu bisa sebagai dalil bahwa hubungan bisa tidak lama karena salah satu pasangan pernah menikmati dengan orang lain ?
    2. Istri saya dari awal sudah tidak mencintai saya, apakah itu bisa dijadikan alasan menuntut gugat cerai?
    3. Apakah peristiwa perziahan istri saya itu sudah cukup untuk pengambil alihan hak asuh anak?
    Terima kasih.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  17. 1. Bisa pak, sbenarnya hal ini sdh masuk ranah hukum pidana [perzinahan].
    2. Tidak bisa, alasan itu tdk diatur dlm UU.
    3. Sangat bisa.

    BalasHapus
  18. Pak, saya ada masalah dalam rumah tangga. istri saya mengakui hamil dengan orang ketiga sehingga ingin cerai. istri ingin anak-anak usia 5 dan 4 tahun ( 2 orang ) ikut istri.
    pertanyaan saya adalah :
    1. kalau cerai, dapatkah anak ikut saya ( suami )
    2. bisa tidak saya menuntut lelaki tersebut karena telah melakukan perzinahan sampai istri saya hamil, kalau bisa pasal atau hal2 apa sehingga bisa menuntut dia.

    terima kasih atas bantuan bapak

    BalasHapus
  19. 1. sangat dapat pak, hak asuh anak dpt dipegang suami bilamana si istri dpt dibuktikan berzinah, skrg tugas anda bgmana myakinkan dan mbuktikan istri berzinah dlm prsidangan.
    2. bisa, namun pd koridor hukum pidana, namun istri bapakpun juga kena pak.

    BalasHapus
  20. Terima kasih pak, seadainya kami tidak jadi cerai namun anak yang dikandung istri saya adalah anak selingkuhan yang dibuktikan dengan tes dna, apakah anak tersebut dapat diambil haknya oleh dia.

    terima kasih

    BalasHapus
  21. saya sudah lebih dari 15 tahun berumahtangga. Kami menikah di luar negeri, penganut kristen. sejak 3 tahun lalu kembali ke Indonesia. pernikahan kami tercatat di luar negeri tapi blum tercatat di kantor catatan sipil (tidak ada surat nikah dari kantor catatan sipil) di sini hanya ada surat keterangan dari kedubes (translasi surat nikah). kembali ke indonesia kami hanya melakukan pemberkatan di gereja, sekali lagi, surat nikah kami tidak tercatat di catatan sipil. setahu saya, pernikahan yg tercatat di luar negeri harus dilaporkan ke kantor catatan sipil paling lambat 1 tahun setelah pindah. hanya saja pd kartu keluarga kami bisa tercatat sebagai pasangan suami istri.
    yg menjadi pertanyaan,
    • apakah secara hukum kami merupakan pasangan sah di sini?
    • secara hukum apakah anak2 kami diakui secara hukum sebagai anak dari saya dan suami?
    • bagaimana jika seandainya kami sepakat untuk berpisah, apakah berhak suami menggugat hak asuh atas anak2? sekedar informasi anak2 kami berusia 7 dan 12 tahun

    BalasHapus
  22. * tetap syah hanya saja belum terdaftar di negara Indonesia ini [segeralah daftar];
    * iya;
    * bisa saja dia tuntut hak asug anak tapi harus beralasan dan harus bisa dibuktikan.

    BalasHapus
  23. menyambung pertanyaan sebelumnya, kalau belum terdaftar di Indonesia apakah syah secara hukum Indonesia atau syah secara hukum di negara di mana pernikahan dilaksanakan saja? artinya apakah sudah terikat dengan segala kewajiban hukum sesuai perundang2an yg berlaku di Indonesia atau belum?

    BalasHapus
  24. - belum syah krn belum diakui[blm didaftar] oleh negara Indonesia;
    - krn sudah menetap di Indonesia maka harus tunduk dgn UU Indonesia, bukan berarti blm didaftar maka blm tunduk, itu salah, malah lebih bahaya jika sdh di Indonesia tapi blm juga didaftar.

    BalasHapus
  25. saya pernah menikah dan ternyata surat nikah yg diberikan penghulu yg menikahkan saya itu palsu. setelah ditelusuri ternyata tidak terdaftar di KUA manapun di jakarta timur. yg ingin saya tanyakan adalah, apakah bisa saya mengurus surat pernyataan belum pernah menikah secara sah menurut hukum melalui pengadilan agama setempat?

    BalasHapus
  26. PA tidak memutus perkara perihal itu bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya inggin menggugat istri saya karena istri saya sering mengucap kata2 kotor ketika sedang ada masalah keluarga.saya berusaha menahan diri untuk tidak membalas dengan ucapan kotor dan tidak pakai fisik.tp anak saya masih kecil berumur 1 th 2bln(perempuan),saya ingin hak asuh anak jatuh ketangan saya.gmn cranya pak?saya gak ingin anak saya kelak ikut sifat istri saya

      Hapus
    2. Jika dmikian maka anda harus kuat bukti2x dan saksi2x yg mngetengahkan ttg prilaku si ibu terhadap si anak. Bukti2x dan saksi2x tersebut akan sgt diperlukan Hakim utk mnentukan hak perwalian si anak.

      Hapus