Minggu, 13 Januari 2019

Hukum Perkawinan antara WNI dengan WNA


A.    Perkawinan Antara Warga Negara Indonesia (WNI) dengan Warga Negara Asing (WNA)
perkawinan antara WNI dan WNA dalam hukum positif Indonesia tidak dilarang baik itu perkawinan yang dilaksanakan didalam Negeri (Indonesia) yang disebut Perkawinan Campuran ataupun yang dilaksanakan di Luar Negeri disebut dengan Perkawinan diluar Indonesia  asalkan syarat dan ketentuan mengikuti prosedur yang ada pada negara tersebut.
1.      Perkawinan Campuran
Perkawinan Campuran ialah Perkawinan Warga Negara Indonesia  (WNI) dengan Warga Negara Asing (WNA) yang mana perkawinannya dilangsungkan di dalam Negeri (Indonesia), namun Perkawinan Campuran tidak dapat dilangsungkan sebelum syarat-syarat yang ditentukan oleh hukum yang berlaku di Indonesia terpenuhi, sebagaimana diatur dalam Pasal 57 UU Perkawinan yang menyatakan :
                  yang dimaksud dengan perkawinan campuran dalam Undang-undang ini ialah perkawinan antara dua orang yang di Indonesia tunduk pada hukum yang berlainan, karena perbedaan kewarganegaraan dan salah satu pihak berkewarganegaraan Indonesia”
                                     
2.         Perkawinan di Luar Indonesia
Perkawinan di Luar Indonesia ialah perkawinan antara seorang Warga Negara Indonesia (WNI) dengan seorang Warga Negara Asing (WNA) yang perkawinannya dilangsungkan di luar wilayah Indonesia dan mengikuti aturan dan hukum negara dimana perkawinan itu dilangsungkan.
                 
Salah satu contoh jika seorang WNI menikah dengan WNA dan memilih tempat perkawinan di Luar Negeri maka keduanya harus patuh dan tunduk pada aturan/hukum yang berlaku di Negera dimana mereka melangsungkan perkawinan, serta harus melaporkan kekonsulat Indonesia yang ada di Negara tersebut, dan juga melaporkan perkawinan yang dilangsungkan di Luar Negeri paling lambat satu tahun setelah perkawinan dilangsungkan ke Kantor Catatan Sipil setempat agar mendapatkan surat Laporan Kawin Luar Negeri dan tentunya juga agar perkawinannya tercatat di Indonesia.  Sebagaimana diatur dalam Pasal 56 UU Perkawinan yang berikut:
1)         Perkawinan yang dilangsungkan di luar Indonesia antara dua orang warganegara Indonesia atau seorang warganegara Indonesia dengan warganegara Asing adalah sah bilamana dilakukan menurut hukum yang berlaku di negara dimana perkawinan itu dilangsungkan dan bagi warga negara Indonesia tidak melanggar ketentuan-ketentuan Undang-undang ini;
2)         Dalam waktu 1 (satu) tahun setelah suami istri itu kembali di wilayah Indonesia, surat bukti perkawinan mereka harus didaftarkan di pencatatan Perkawinan tempat tinggal mereka.


B.        Akibat-akibat hukum bagi Perkawinan Campuran
Tentunya ada akibat hukum yang tibul dari adanya suatu perbuatan, dan dalam konteks perkawinan campuran seperti yang dibahas diatas pastinya ada beberapa sebab akibat yang harus di ikuti diantaranya adalah tentang masalah harta atau harta bersama.
    Bagi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang menikah dengan Warga Negara Asing (WNA) yang telah melangsungkan perkawinan dan Perkawinan tersebut telah sah baik di Indonesia maupun sah di Negara dimana Pernikahan dilangsungkan, memang setalah adanya perkawinan bagi keduanya tidak di perbolehkan untuk memiliki hak milik atas Tanah, hak guna bangunan, hak guna usaha yang ada di Indonesia. Hal tersebut telah termuat dalam Pasal 35 UU Perkawinan yang berbunyi “ Bahwa harta benda yang diperoleh selama masa perkawinan menjadi bersama. Mamun jika merujuk pada UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan dasar Pokok-pokok Agraria, yang menyebutkan “ Warga Negara Asing tidak boleh memiliki Hak Milik, Hak Guna Usaha, serta Hak Guna Bangunan”. Jadi kesimpulannya adalah jika harta yang didapatkan setelah perkawinan menjadi milik bersama yang menjadi masalah adalah seorang Warga Negara Asing (WNA) tidak diperbolehkan memiliki Hak Milik, Hak Guna Usaha, serta Hak Guna Bangunan di Indonesia, namun demikian jika seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih tetap ingin memiliki hak milik meskipun telah melangsungkan perkawinan dengan Warga Negara Asing (WNA), harus membuat Perjanjian ataupun perjanjian pranikah yang mengatur mengenai pemisahan harta








2 komentar:

  1. Halo, nama saya Darci Lyne, saya dari jersey baru, AS. Saya membaca posting-komentar online dari Jurnalis Berbasis Los Angeles Mengungkapkan Bagaimana Dia Sembuh Secara Permanen Ereksi Lemah & Ejakulasi Cepat 2 bulan setelah Istrinya Meninggalkan Dia dan dia juga mengatakan Dr. NOSA membuat mantan istrinya kembali setelah 2 tahun berpisah. Saya menghubungi Dr. NOSA yang sama karena tantangan hidup saya, saya memiliki Niat Kuat ini bahwa segala sesuatunya akan berhasil bagi saya, saya percaya pada kesaksian adalah bukti kehidupan nyata. Saya menyadari ini akan baik untuk dibagikan di sini karena saya tahu itu akan menginspirasi orang lain juga.
    Saya sangat beruntung bertemu dengan BLACK MAGIC SPELLS
     Kontak pribadi kastor
     -Email- blackmagicsolutions95@gmail.com
    Saya tidak yakin saya bisa melakukannya tanpa dia. Saya akan menyerah dan percaya itu karena suami saya melihat orang lain dan dia berkata kita sudah selesai. Setelah Dr.NOSA meluncurkan mantra Cinta Sihir, suamiku memanggilku di ponsel dan dia kembali ke rumah. Terima kasih banyak telah membawa pulang suamiku setelah 3 tahun berpisah. Kami selamanya berhutang budi. hari ini saya bersaksi dengan sukacita dan kebahagiaan kepada dunia ... juga, Anda bisa
    WhatsApp dengan dia-- +2349083639501
    * Love Spells Win-Back Ex kekasih
    * Sukses & mantra sihir promosi
    * lucky charm - BISNIS BINTANG
    * bangsal - HOOK PROTEKTIF
    * Resolusi kutukan
      Solusi masalah perceraian?
      solusi untuk penyakit dan penyakit pada tubuh
    * Ingin mantra cinta untuk kekasih baru?
    * pembersihan spiritual
    * Sihir kesuburan - BUAH WANITA
    * Decreeing Magic, Eja LOTTERY & WIN-GAMES Eja

    BalasHapus
  2. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif : dewa-lotto.name

    BalasHapus