Selasa, 24 Mei 2011

Kolom Khusus Konsultasi Perceraian


Dikarenakan sudah penuhnya kolom konsultasi "Pasaran Biaya Jasa Pengacara Untuk Perkara Perceraian", dan kurang enak jika terlalu lama meng-scroll ke bawah, maka pembaca/pengunjung blog ini diperlisahkan bertanya atau konsultasi APA SAJA tentang perceraian di kolom baru ini: "KOLOM KHUSUS KONSULTASI PERCERAIAN". Kami akan semaksimal mungkin menjawab pertanyaan-pertanyaan anda. Dengan adanya kolom baru ini mudah-mudahan dapat mempermudah untuk melihat, membaca, mempelajari dan bertanya ke blog ini. Terimakasih.

362 komentar:

  1. pak saya mau tanya, kalau istri yang akan di gugat saat ini tinggal di kota yang berbeda dengan suaminya, maka kemanakah si suami harus mendaftarkan gugatan cerainya?? dan apakah proses perceraian tersebut bisa dipercepat prosesnya? terima kasih

    BalasHapus
  2. Pak, untuk proses gugat cerai antar WNI yang berada di Indonesia dan WNA yang berada di LN,
    bagaimana prosesnya? apakah pada proses pengajuan membutuhkan dokumen yang perlu dilegalisasi selain akta pernikahan? misalnya surat pernyataan ingin bercerai?
    yang kedua apabila menikah di luar negeri dapatkah melakukan gugat cerai di pengadilan Indonesia?

    BalasHapus
  3. Utk pak Veeno;
    sy blm bisa jawab sblum sy tau menikah nya secara agama apa pak?
    Intinya bgini, kalau Moslem maka di PA sesuai domisili SAAT INI si istri, kalau nonMoslem maka di PN sesuai domisili SAAT INI si tergugat.

    Utk anonim tgl 1 Juni;
    Proses berjalan normal sperti biasa namun panggilan sidangnya utk si WNA memerlukan bantuan kedutaan besar.
    Tdk ada srt prnyataan cerai.
    Dpt, asal perkawinanya sdh didaftarkan di ktr cat. sipil.

    BalasHapus
  4. pak saya mau tanya, apakah benar proses cerai gaib itu lama?..
    karna yang saya hadapi ini saya harus menunggu 6 bulan baru sidang, sedankan ada yang bilang katanya dalam waktu 2 bulan aja sudah bisa selesai, tp yang saya alami ini kok lama banget...
    terima kasih

    BalasHapus
  5. Kepada Yth. Pak Pengacara

    Saya 4-5 tahun lalu menikah dengan pria berwarga negara taiwan, melalui semacam biro jasa. dan sudah 4-5 tahun pula suami saya tersebut tidak pernah ke indonesia lagi dan tidak ada komunikasi lagi diantara kami karena saya tidak tahu cara menghubunginya, begitu pula dengan biro jasa tersebut. dan semua dokumen saya ( KK, akte lahir, passport, KTP, akte nikah) dipegang oleh biro jasa tersebut. dan menurut orang orang kalau akte nikah saya itu palsu karna tidak ada nomor blangkonya (saya memiliki foto copy akte nikah saya).

    sekarang saya ingin bercerai dengan suami saya tersebut. tapi apakah akte nikah saya asli atau palsu? bagaimana cara membedakannya?
    dan jika akte nikah saya asli, lalu bagaimana saya mengugat cerai suami saya tersebut?

    BalasHapus
  6. kalau untuk pernikahan adalah pernikahan agama pak. jadi bagaimana?

    BalasHapus
  7. Utk Pablo Piccaso;
    Benar pak, lama. Krn pihak PA memerulkan wkt utk mngadakan pemanggilan trhadap si tergugat melalui iklan radio atau di papan pengumuman dgn batasan2x wkt trtentu utk memastikan si tergugat trsebut ada/tdk. Utk jangka wkt 2 bulan, sy yakin itu bukanlah sidang secara ghoib pak, mungkin itu vesrtek.

    Utk anonim tgl 2 Juni jam 6:24
    Pertama: anda cek buku nikah anda ke Kantor Urusan Agama dimana dikeluarkan, disana pasti bisa memastikan apkah itu asli atau palsu.
    Kdua: jika asli maka anda tinggal daftar gugatan cerai di PA sesuai wilayah anda brtempat tinggal, dgn alasan cerai sdh dtinggal suami 2 th tdk ada kabar maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai.

    Utk anonim tgl 2 Juni jam 21:35
    Pernikahan secara agama memang diakui negara namun tdk dicatat oleh negara pak.

    BalasHapus
  8. pak saya mau tanya, kalau istri yang akan di gugat saat ini tinggal di kota yang berbeda dengan suaminya, maka kemanakah si suami harus mendaftarkan gugatan cerainya?? dan apakah proses perceraian tersebut bisa dipercepat prosesnya?
    Pernikahannya adalah pernikahan AGAMA di KUA.
    terima kasih

    BalasHapus
  9. Utk Veeno;
    Maka PA brwenang adalah PA sesuai wilayah domisili saat ini si istri anda trsebut pak.
    Dipercepat? tdk bisa pak, wajib sesuai prosedur yg berlaku, kecuali jika berjalan secara verstek [tergugat tdk mau hadir-hadir ke PA].

    BalasHapus
  10. pak pengacara, mohon advicenya.

    1. sy menikah 8 bln lalu krn pd saat itu sy melihat suami sy seorang yg agamis, tp stlh menikah sy melihat dy tdk spt yg sy bayangkan ( utk shlt 5 wkt yg wajib saja masi bolong2) sy tdk bs menerima hal tsb dan makin lama kebencian muncul dlm diri sy terhdp suami sy tsb. apakah dg alasn ini sy dapat mengajukan dan memenangkan gugatan cerai sy??

    2. jk sy ingin mengajukan cerai kpd suami sy seorang pns, apakah sy hrs menminta srt ijin dr atasan kami dlu?? kami 1 kantor, suami sy pns tapi sy bukan pns.

    3.jika sy menggunakan pengacara, akankah mahal utk kasus yg spt sy alami??

    BalasHapus
  11. Pak, mohon pendapatnya utk kasus sy.
    Sy sdh menikah 8 th namun sudah 3 th terakhir sy meninggalkan suami krn sudah tdk bisa lg mentolerir tingkah lakunya yg kasar dan suka berselingkuh sehingga sering sekali terjadi pertengkaran selain itu jg krn terganggu oleh teror WIL suami yg hrs sy hadapi setiap hari. Sy pergi diam2 membawa anak kami satu2nya yg saat ini berusia 5th. Sampai saat ini sy tdk pernah kontak lg dgn suami dan sy memang menghindarinya krn dia mempunyai niat utk mengambil anak sy scr paksa. Suami sy jg tdk mengetahui keberadaan kami dan sy pun tdk tahu di mana dia skrg ini.Ia pun tidak berusaha mencari atau menemui keluarga sy utk menyelesaikan masalah kami. Apa saja yg harus sy siapkan utk mengugat cerai suami? dan apakah mungkin prosesnya akan lbh cepat krn sdh 3th? bisakah sy tdk hadir selama proses perceraian krn sy memang tdk ingin bertemu lg dgnnya? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Utk anonim tgl 11 Juni;
    1. saran sy, sbaiknya jgn lgsung ajukan cerai namun usahakan lah dulu anda membimbingnya kembali. pd prinsipnya jk hub kel sdh tdk harmonis dan seringkali trjadi prselisihan terusmenerus maka hal trsebut dpt dijadikan alasan cerai.
    2. kalau si pgugatnya bukan PNS maka tak perlu izin siapa2x.
    3. trgantung standard fee ktr pengacara masing2x, sy tidak tau berapa standard harga mereka.

    Utk anonim tgl 14 Jun;
    *Persiapan: buku nikah, akta lahir anak2x, ktp-kk, saksi min 2 org dan mbuat srt gug cerai, lalu daftarkanlah di pengadilan brwenang.
    *Tidak bisa bu, tetap wajib ada proses prsidangannya.
    *Kalau pakai jasa pengacara anda wajib hadir pd acara mediasi dan sidang saksi, selebihnya bisa dwakili oleh pengacara.

    BalasHapus
  13. selamat siang pak;
    saya mau minta pendapat tentang masalah saya,saya menikah sejak tahun 2005,,di karuniai seorang anak laki" 1,sejak awal pernikahan kami sampai sekarang saya selalu merasa tertekan dgn sifat dan prilakunya,yg egois sekali, setiap masalah kecil dia buat menjadi besar, dan kami sering bertengkar dan berselisih faham,dia malas dlm bekerja ,keluarga dia dgn keluarga saya jg kurang bs menghargai,malah mertua pernah blg ke orang tua saya , jangan suruh anaknya untuk kerja,biar dia mengasuh anak saja, sebelum saya pergi ke taiwan, kurang lebih selama satu tahun dia tdk menafkahi saya dan anak,malah saya yg menafkahi dia ,dgn pergi ke taiawan mengadu nasib,,demi anak dan ingin punya rumah sendiri,tp tiap kali saya minta di buatin rumah dia selalu menjanjikan tanpa ada bukti sedikitpun ,tiap kali marah dia selalu,putus asa,dan selalu mengancam ingin bunuh diri bersama anak,ataupun menyakiti dirinya sendiri, dan dia menuduh saya ada main dgn laki" di taiwan ,padahal libur saja nggak ada karena pasien saya sgt parah ,harus online 24 jam di samping pasien,saya dah merasa tdk kuat lagi dgn semua itu, sy memutus kan untuk pisah dgn dia, tpmasalahny surat nikah saya ada padanya, dan pengacara saya bingung tuntutan apa yg plg tepat untuk kasus saya ini, mhn pendapatnya bapak ,tentang kasus saya ini, kira" tuntutan apa yg paling tepat ,,..,terima kasih sebelumnya,,,

    BalasHapus
  14. pak, untuk pengurusan izin perceraian pns apakah dapat dilakukan oleh kuasa hukum jg ?

    BalasHapus
  15. Pak, saya beragama Kristen menikah dengan istri saya di Sumatera thn 1997 kemudian kami pindah ke Surabaya. 2 tahun kemudian dia meninggalkan saya dan saya tidak tahu keberadaannya hingga sekarang. Apakah saya bisa mengajukan proses cerai di Pengadilan Negeri Surabaya?

    BalasHapus
  16. Utk anonim tgl 17 Jun jam 01:23
    Pada prinsipnya jk hub kel anda sdh tdk harmonis dan sering terjadi prselisihan maka hal trsebut dpt dijadikan alasan cerai dlm srt gugatan cerai, namun bgmanapun anda wajib punya saksi min 2 org. Ttg buku nikah, anda bia urus ke ktr KUA utk mndapatkan duplikat buku nikah. Ttg si pengacara, sy sarankan carilah pengacara spesialis prceraian.

    Utk anonim tgl 17 Jun jam 04:34
    Tidak bisa pak. Setiap instansi pemerintaghan mpunyai tatacara/prosedur brbeda dlm kepengurusan izin cerai dr atasan yg wajib dilaksanakan oleh pihak yg ingin cerai itu sndiri.

    Utk anonim tgl 18 Jun
    Pn brwenang bisa di PN di wilayah domisili saat ini anda brtempat tinggal [bisa di Surabaya, pak].

    BalasHapus
  17. pak..bila menikah d Jakarta...kemudian suami pindah ke Banyuwangi istri tetap di Jakarta...Apakah proses percaraian bisa dilakukan di PA Banyuwangi ? Apakah waktu penyelesaiannya bisa lebih cepat dari di PA Jakarta ? Biasanya proses cerai menghabiskan berapa bulan ? terima kasih jawabannya...

    BalasHapus
  18. Saya menikah sudah 5th, beberapa hari yang lalu saya bilang ke suami kalau saya akan melanjutkan study di luar negeri. Suami saya keberatan dan bilang cerai saja. Kalau di simple itu memang gampang, masalahnya ternyata statement itu hanya emosi sesaat. Intinya suami saya tu tidak setuju dan tidak ingin cerai. Padahal jelas2 saya ingin cerai. Karena memang dari pertama tidak ada kecocokan juga masalah finansial yang dia kurang bisa mencukupi.

    Untuk masalah saya ini apa bapak punya solusi supaya saya bisa bercerai? Dikondisikan atau mungkin diatur gimana gitu karna suami jelas2 tidak mau cerai

    Terima kasih,

    Ken

    BalasHapus
  19. terimakasih untuk jawaban dari saya pd tgl 17 Jun jam 01:23
    dan saya mau bertanya lagi tentang masalah seputar itu,,skrg sy masih di luar negri,,apa bs jk saya mengurus perceraian dari luar negri,,kl bs bagai mana caranya dan menurut bapak siapa pengacara yg tepat untuk mengurus perceraian saya,,atau adakah saran atau kenalan dr bapak yg bs mengurus perceraian saya ini,,karana saya kurang tahu mencari pengacara yg bener" bs menguruskan masalah saya ini.sebelumnya saya ucapkan terima kasih jawaban dari bapak sangat membantu saya..

    BalasHapus
  20. Utk anonim tgl 29 Juni;
    - Bisa di PA Jakarta. Intinya PA brwenang adalah PA di wil SAAT INI si istri [khusus pceraian ag Islam].
    - Proses cerai biasanya skitar 3-4 bulan dan smua proses cerai sama saja di pengadilan manapun.

    Utk Ken;
    Sulit sy mberikan solusi utk prtanyaan anda, krn mnurut sy, jk mmg perkawinan masih bs dpertahankan knapa tdk tetap terus diusahakan?
    Namun, pd intinya syarat cerai itu: harus ada alasan cerai [dari alaan cerai yg diatur dlm UU Perkawinan], harus ada buku/akta nikah dan saksi minimal 2 org. Tetapi janganlah cepat mnyerah utk terus mpertahankan keutuhan keluarga.

    Utk anonim tgl 1 Jul;
    - bisa tp prosesnya akan sgt lama dan sulit skali;
    - pengacara manapun pasti bisa, tp sy ttp tdk sarankan jika anda masih di ln. proses cerai jk pihaknya masih di ln akan memerlukan kerjasama dgn kedutaan Indonsia di ln itu dan itu memerlukan wkt dan usaha yg extra, sbaiknya pulanglah dulu ke Ind utk proses cerai trserbut.

    BalasHapus
  21. terima kasih atas semua solusi yg bapak sarankan ,,pada saya,,dgn ini saya bs menentukan sikap untuk menangani masalah saya,,sekali lagi terima kasih,,,Wassalamm,,,

    BalasHapus
  22. Selamat malam,
    Setelah pernikahan berjalan 6 tahun, istri meminta diceraikan dengan alasan selama menikah tidak ada rasa cinta kepada suami. Suami tidak langsung menceraikan, tetapi mencoba memperbaiki komunikasi selama hampir 5 tahun sampai akhirnya pada tahun ke 10 suami menjatuhkan talak karena merasa istrinya benar-benar sudah tidak ingin melanjutkan pernikahan.
    Selama menikah hampir tidak pernah ada percekcokan serius, suami bersikap baik dan memenuhi nafkah keluarga. Pernikahan ini belum dikaruniai anak. Istri pun mengakui bahwa suaminya baik, hanya menurutnya dia tidak bisa mencintainya, entah kenapa.
    Saat ini mantan istri tinggal diluar negeri, sedangkan saya ber-KTP Bandung.
    Saya sudah menjatuhkan talak satu via telepon, dan sebentar lagi masa iddahnya akan berakhir. Rencananya saya akan mendaftarkan kasus perceraian ini di PA Bandung setelah masa iddah berakhir sehingga tidak perlu lagi ada proses usaha rujuk.
    Pertanyaannya, apakah langkah yang saya lakukan ini akan mempermudah proses di pengadilan ? Kemungkinan istri saya tidak akan bisa hadir dalam sidang-sidang di PA, apa saja yang harus saya siapkan ?
    Terimakasih banyak atas bantuannya.

    BalasHapus
  23. Pak saya Katolik, istri Kristen, menikah di catatan sipil. Dua orang anak. Anak yang besar laki2 sudah bekerja, anak yang kecil perempuan masih kuliah. Harta kami cuma 1 buah rumah dan 2 buah motor. Kalau bercerai bagaimana pembagian harta ini ?

    BalasHapus
  24. Utk anonim tgl 4 Jul, 5:32;
    1. Mbuat srt gug cerai lalu daftarkan di pengadilan brwenang
    2. prsiapkan buku nikah asli, akta lahir anak2x
    3. ktp & kk
    4. adanya saksi min 2 org

    Utk anonim tgl 4 Jul, 10:46;
    Secara hukum maka harus ajukan/daftarkan gugatan cerai dulu, baru stelah gugatan cerainya putus, bisa ajukan gugatan gono-gininya.
    Tp jk mngkin sy sarankan sbaiknya utk urusan gono-gini dilakukan secara kesepakatan bersama yg dilegalisasikan di ktr notaris, jd tak perlu buang2x uang utk byr lawyer dan proses sidang yg lama.
    Harta gonogini adalah harta/aset yg diciptakan hanya slama masa prnikahan sj yg dibagi sama besar antara suami-istri [50:50] sbg akibat adanya prceraian.

    BalasHapus
  25. Yth Bapak/Ibu Pengacara

    Saya (suami) ingin melakukan gugatan perceraian agama (islam) dikarenakan sudah tidak ada keharmonisan dan sudah tidak adanya lagi rasa kepercayaan kepada saya, pernah suatu waktu saya bersama istri saya memeriksakan istri saya ke dukun anak (paraji dalam bahasa sunda bukan dukun sihir ) dan mengatakan tidak bisa mempunyai anak karena ada cacat fisik di bagian tulang belakang. istri saya bisa terima dengan gugatan saya tapi seperti tidak ikhlash begitupun dengan orang tuanya namun hal yang berbeda justru kepada orang tua dan keluarga saya yang tidak mau adanya perceraian.. Pertanyaannya apakah gugatan saya dapat terkabul....?? dan apa yang musti saya lakukan jika keadaannya seperti ini...??


    Terima Kasih

    BalasHapus
  26. Salah satu alasan cerai memang ada yg sperti itu tetapi tdk lah berdasarkan keterangan dari "dukun" pak, sebaiknya dipriksa ke dokter dulu.
    Pada prinsipnya, utk proses cerai di pengadilan itu harus ada buku/akta nikah asli dan saksi min 2 org, serta alasan cerai yg sesuai yg trcantum dlm undang-undang pak.

    BalasHapus
  27. Yth Bpk. Pengacara,

    Saya (Suami, Muslim), usia pernikahan saya hampir 3 tahun dan dikaruniai 1 org anak. Saya dan istri saya terpisah jauh (saya di sulawesi & Istri di Sumatera) karena pekerjaan saya di luar kota (di Lokasi Proyek) selama 2 bulan dan 2 minggu utk libur.
    Saya berniat menceraikan istri saya karena selama 11 belan terakhir perasaan saya trhdp dia telah hilang dikarenakan tingkah lakunya yg tidak pernah bisa utk mandiri/selalu bergantung kpd orgtuasnya dan sudaranya dan terkadang suka menuduh saya yg macam2 selama saya di lokasi kerja. Selama saya dilokasi, memang istri & anak saya tinggal di rmh mertua saya (orgtua istri), awalnya gaji yg saya terima semua saya serahkan ke istri. Tetapi saya kecewa dg istri saya, sehingga saya mengalihkan gaji ke Rek. Saya. Sejak dari itu, istri saya suka menuduh saya yg tidak2, padahal saya pyur kerja dan kadang kala harus bertaruh dg nyawa demi tanggungjwb pkrjaan.
    dan bila saya macam2 dia pst akan tau krn di lokasi krj saya ada jg saudara saya...,
    Setiap bulan selalu saya kirimkan nafkah, jumlahnya mnrut saya mngkin cukup krn utk istri & Anak saya. Tapi di pertengahan bulan selalu saja sms/tlp klo dia berhutang dg saudaranya utk inilah, utk itulah..., walopun saya marah tp tetap saya usahakan utk melunasinya.
    makanya smpai skrangpun saya blm mempunyai tabungan sedikitpun krn gaji yg saya terima slalu habis, ditambah saya hrs membayar angsuran rumah, dan dia tau soal itu.
    Saya bkn hanya diam, tapi setiap saya pulang cuti saya selalu mnasehati bahkan sampai marah2, saya minta aturlah baik2 uang yg saya krm agar cukup utk 1 bulan krna kita lg ada angsuran utk rumah dan pendapatan saya bkn sprti pengusaha. Saya minta ke dia utk belajar mandiri, jgn selalu mengikuti org klo merasa kita gak mampu, bahkan dg tegas sering saya katakan "saya bkn tidak sayang dg anak, dan tidak ingin memanjakan anak. Tapi liat dulu kmampuan kita, yg penting kbtuhan utama anak tercukupi", saya jg sring mnasehati agar jgn selalu melihat ke atas...
    Saat itu dia bilang iya,, tp bgtu saya kmbali ke lokasi krj seolah2 semua nasehat2 saya, semua marah saya tidak ada gunanya..., Saya jg sedih ketika orgtua saya mmbutuhkan bantuan materi dari saya utk biaya sekolah adik saya tetapi saya tidak bisa membantunya.., padahal jumlahnya kecil kira2 hanya 5% dari pendapatan saya.., shingga orgtua saya merasa kecewa kpd saya...
    Berbulan2.. saya bisa sabar menghadapi tingkah istri saya,, setiap kali cuti saya bisa sabar..,, tp saya jg manusia pak.. ksabaran saya ada batasnya.., klo sampai lbh dari 5 kali dibilangin tp ttp saja tidak bs mngerti saya jg capek harus marah2 terus, dan saya merasa 3 thn saya kerja tidak mnghasilkan apa2 hanya capek dan sakit hati yg saya dpt setiap kali saya pulang. Oleh karena itu, perasaan dlm hati saya trhadap istri saya saat ini sudah hilang.., dan yang ada hanya kepura-puraan di dpn keluarga, apakah salah jika saya ingin memutuskan utk menceraikan istri saya..??
    Berhubung saya hanya memiliki waktu libur hanya 2 minggu per 2 bulan, apakah prosesnya akan memakan wkt yg lama..??
    Mohon pencerahannya pak..,, krna saya sudah tidak sanggup lagi utk melanjutkan pernikahan ini...

    terima Kasih,

    BalasHapus
  28. - salah/benar, hanya hati kecil anda yg dpt mnilainya. maaf sy tdk bs mnjawab itu.
    - proses cerai dpt memakan wkt 3-4 bulan, kalau anda sibuk maka anda bs pakai jasa pengacara.
    - sy sarankan cobalah ajak istri anda bicara dgn anda saja , 4 mata, bicarakan dari hati kehati ttg keluhan2x anda, kalau perlu diakhiri dgn srt kesepakatan, bila ada yg melanggar ksepakatan itu barulah berpikir ttg meja hijau. mohon jgn trlalu mudah utk memutuskan utk bercerai.

    BalasHapus
  29. ass...pak saya seorang suami, rmh tangga saya selalu ribut karan selalu brbeda pendapat...sebagai suami sya sudah bnyak mengalah..singkatnya sudah 1 bln ini istri saya meninggalkan saya dan anakny...semua terjadi juga di sebabkan oleh orng ketiga...dan sekarang istri saya ingin cerai meski saya menolaknya..karna kasihan anak. yg mau sya tnyakan..

    1. sah kah bila istri diam2 menggugat cerai ke pengadilan.

    2. bila istri sya beberapa thun kedepan menikah dng laki2 lain, sah kah pernikahan itu dan berhak kah saya menuntut istri saya dan calon nya. karna blm ada hitan di atas putih bahwa saya tlh bercerai. (saya pun belm mengucapkan talaq)

    3. anak saya butuh seorang ibu, bolehkah saya menikah dengan perempuan lain..

    sebelum nya terima kasih atas pencerahan nya
    bisa di email pak ke edp.bgr@mpi-pharmaniaga.co.id

    salam
    herman

    BalasHapus
  30. 1. Proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan tandatangan suami. Selama dia pegang buku nikah asli, ada alasan cerai dan saksi minimal 2 org maka tetap bisa proses cerai.
    2. Jika yg ajukan cerai si istri maka tdk perlu ada ikrar talaq, tp jk ia blm ada akta cerai tp sdh mnikah dgn org lain maka bisa dikenakan pidana przinahan.

    BalasHapus
  31. pak..saya dan suami menikah 4th yg lalu..menikah dng catatan sipil d semarang..kemudian saya dan suami pindah k sumatra dan memiliki ktp medan..
    Tnyata suami suka maen pukul&fitnah saya..2th yg lalu saya kembali ke jawa dng anaq saya..
    Ktp saya bulan agustus tahun ini jatuh tempo..
    Pertanyaan nya:
    1.bisakah saya mengajukan cerai d jawa?
    2.bisakah saya mengajukan cerai dng kondisi ktp yg jatuh tempo?
    Makasi y,pak..

    BalasHapus
  32. 1. PN brwenang adalah PN sesuai wilayah domisili "SAAT INI" si tergugat, jad mnurut sy di PN Sumatra.
    2. Bisa.

    BalasHapus
  33. istri saya ketahui dekat dengan pria lain, dan mengaku kepada saya sudah pernah jalan berdua dengan pria tersebut dan pernah berpelukan., istri saya mengugat saya cerai dengan alasan sudah tidak ada kecocokan lagi...

    jika memang proses persidangan terjadi, bisakah saya (suami) menggunakan pengakuan istri tersebut untuk menuduhnya selingkuh dan seberapa besar saya akan mendapatkan hak asuh anak....

    terima kasih

    BalasHapus
  34. Sangat bisa pak. Jika TERBUKTI si istri selingkuh dan, apalagi, berzinah, maka anda sangat mungkin mndapatkan hak asuh anak.

    BalasHapus
  35. Say mengajukan gugatan cerai talak kepada istri saya dan sudah ada putusa dari PA yang menyatakan permohonan cerai dikabulkan dan saya harus membayar biaya mut'ah dan nafkah masa iddah yang sangat besar. Apakah bisa saya mengkompensasikan pembayaran biaya mut'ah dan iddah tersebut dengan saya berikan harta gono-gini saya kepada istri? Mengingat saya tidak mampu dan tidak sanggup membayar biaya mut'ah dan iddah tersebut. Terima kasih.

    BalasHapus
  36. Tidak dmikian caranya. Seharusnya jk tdk mampu utk putusan hakim yg mnyatakan jumlah mutah-idah tertentu maka anda sebaiknya ajukan upaya hukum banding yg mnyatakan bhwa anda tidak mampu.
    Ttg ide anda utk mngganti idah-mutah dgn harta gono-gini, bisa saja trjadi jika si istri 'setuju'.

    BalasHapus
  37. saya duda mati 47 thn, anak 2 orang 20 thn dan 16 thn. Kawin dengan janda mati anak 1 orang 8 thn. Usia perkawainan baru 7 bulan. Karena sering cekcok dan tak kunjung selesai diya minta cerai.
    1. apakah bisa istri mengajukan cerai (kami satu kota Instansi BUMN)
    2. Syarat apa yg harus dilengkapi istri.
    3. Setelah cerai apakah ada kewajiban suami untuk menafkahi anaknya (bukan anak kandung)
    terima ksih...

    BalasHapus
  38. saya menikah sudah 5th, tiba2 suami sy selingkuh dan selalu berbuat maksiat sprt berzina. bahkan sampai saat ini sy sudah dibagi dgn wanita lain itu yg belum mjd istrinya. lama kelamaan sy berpikir utk menyudahi pernikahan kami.
    1. Apakah proses perceraian dapat dilakukan didaerah yang bukan tempat asal kita menikah?
    2. waktu yang dibutuhkan lebih lama atau lebih cepat kalau bukan di daerah asal?
    3. tentang harta bersama, suami sudah menyerahkan semua harta untuk saya seperti rumah, kendaraan dll. apakah boleh seperti itu?

    BalasHapus
  39. 1. Sy blm bs mnjawab bilamana tdk diinformasikan dlm agama apa anda mnikah [krn pengadilannya berbeda];
    2. sama sj, semua tunduk pada UU No.1 th 74;
    3. bisa, namun sbaiknya tertulis dan diaktanotariskan.

    BalasHapus
  40. kpd yth. bapak pengacara,
    kami pasangan yg telah menikah selama 4 tahun.
    bila istri meminta cerai dengan alasan tidak menyukai kondisi keluarga inti suaminya apakah perceraian itu dapat diajukan oleh istri baik itu dalam agama islam maupun negara?
    kemudian apakah hak asuh anak akan dapat diberikan kepada saya selaku suami yg dimintai cerai?
    mengingat kami berdua bekerja
    terima kasih

    BalasHapus
  41. Jika alasan cerai hanya itu maka mnurut sy hal trsebut tdk bisa dijadikan alasan cerai krn tdk diatur dlm UU pak.
    Dan ttg hak asuh anak, dari pengalaman sy maka jika prceraian dikabulkan maka umumnya hak asuh anak dipegang oleh sang ibu. Biasanya hak asuh anak didapat sang bapak jika si istri trbukti berzinah.

    BalasHapus
  42. istri saya akhirnya mengaku dia berzina dan kehamilannya diperbuat dengan selingkuhannya. Saya sudah talak istri saya dengan talak 1. Yang saya tanyakan apakah hak asuh anak bisa saya dapatkan? Bagaimana tentang proses hak asuh anak tersebut. Karena istri dan keluarga istri saya bersikeras tidak mau memberikan hak asuhnya karena anak saya berusia 3th. Saya tidak mau kehilangan anak, karena saya sudah kehilangan istri. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  43. Pak saya ingin bertanya, bagaimana jika saya tidak mempunyai fotokopi ktp dari tergugat apakah saya bisa untuk tetap melayangkan gugatan cerai? terima kasih

    BalasHapus
  44. Saya Seorang Suami. Saya mau sedikit curhat mungkin bapak bs kasih pendapat mengenai pernikahan kami, dan mungkin bisa memberikan solusi yang terbaik.

    Singkat kata kami menikah setelah 6 bln saling mengenal (cukup cepat). karena mnrt saya saya tidak ingin lama berpacaran tp tidak jelas akhirnya. seperti hubungan saya sebelumnya. dan sekarang usia pernikahan kami baru 1,2 tahun.

    1. Setelah menikah istri menjadi sangat posesif. cuma hanya karena terkena macet telat sampai rumah malah dibilang jalan sama perempuan lain. padahal dulunya dia tidak seperti itu. dulu istri merupakan orang yang sangat pengertian, tp setelah menikah dia menjadi diktator.

    2. Setelah menikah saya tidak bisa lagi kerja lembur karena istri mengharuskan saya menjemput setelah pulang kerja, saya sdh coba komunikasikan dengannya mengenai ini, dia blg ya boleh ajah kalau mau lembur. tp hasilnya nihil setiap saya lembur di kantor, tlp saya selalu berdering menanyakan pulang jam brp hampir setiap 10 menit. dan memaksa untuk cepat pulang dgn berbagai alasan. intinya krn dia berpikir saya tidak lembur tapi pergi dengan wanita lain.

    3. Setelah menikah saya tidak lagi bisa bersilaturahmi dengan kawan2 saya kawan2 smp, sma, kuliah, komunitas motor dan mobil, karena istri selalu berfikiran negatif, dia selalu beranggapan tmn2 saya adalah sumber masalah. pdhl mereka yang memberikan jalan agar kami bisa menikah. dan hingga sekarang saya tidak lagi dapa berkumpul dengan kawan2 saya walau hanya 1 jam dalam sebulan. Bahkan contact list tlp pun sdh tidak ada kawan2 saya lagi semua dihapus, Facebook saya harus di delete, email, nomer telepon diganti, pin bbm tiap hari di cek, kalau ada nambah org ditanya siapa, kenal dmn, ada urusan apa add pin bb. Bgitu juga dgn nomer telepon.

    4. Sudah lebih 3 kali dia memukul dan melempar saya dengan benda di rumah, dan berusaha melukai dirinya sndiri dengan membenturkan kepala ke kaca atau ke tembok dan semenjak saya mengalami perlakuan ini, saya sangat tidak respek sm istri. karena terus terang saya sangat sakit hati dengan perlakuan dia. walaupun skrg sdh tidak pernah lagi krn saya selalu menghindari pertengkaran. dan saya lebih banyak diam dan mengikuti kemauannya. krn saya sdh sangat malas untuk berdebat dan bertengkar, krn dia selalu merasa paling benar dan merasa lebih pintar. mungkin krn dia lulusan UI dan saya hanya lulusan universitas swasta dan tidak terkenal. dan dia bekerja di BUMN sedangkan saya hanya bekerja di Bank Swasta dengan gaji yang tentunya lebih rendah dari dia.

    5. Karena permasalahan diatas tadi saya tidak lagi bisa mencintai istri saya, dan saya melakukan semua sehari2 hanya karena kewajiban, dan bukan lg karena cinta.

    Mohon saya diberikan pencerahan mengenai permasalahan saya ini. Saya takut melakukan kesalahan yang berakibat fatal, krn saya juga takut istri melakukan hal2 yang membahayakan dirinya sendiri apabila saya meminta perceraian.

    Terima Kasih,

    BalasHapus
  45. Yth.Pak Pengacara, saya mau tanya..saya dan suami telah berumah tangga selama 1 tahun, belum memiliki anak dan akhirnya sepakat utk bercerai, suami saya yang mengajukan gugatan cerai dengan alasan perselisihan dan perbedaan pikiran yg sudah tidak bisa disatukan lagi(seperti yg terjadi sebenarnya) dan tidak ada pembagian harta gono-gini. Sekarang saya masih dalam proses cerai di PN, sudah 3x panggilan saya tidak datang namun hakim tidak jg memberi keputusan dan terkesan mempersulit dengan meminta kehadiran saya dipersidangan yg disampaikan secara lisan pada advokat suami dengan alasan bahwa bukti2 kurang kuat, padahal saksi dari pihak suami sudah hadir, dan saya sudah menghadirkan saksi pada sidang terakhir kemarin(krn didesak oleh hakim).
    1.Apakah saya harus menghadiri sidang selanjutnya mengingat saya dari awal mula berniat menginginkan sidang berjalan scara verstek??
    2.Apakah yg dilakukan hakim tersebut sah menurut hukum?
    Terima Kasih sebelumnya atas bantuannya.

    BalasHapus
  46. Oiya, saya juga sudah membuat surat pernyataan bahwa saya menerima gugatan cerai dari suami yang saya berikan melalui advokat suami yang telah diserahkan pada hakim juga pada persidangan sebelumnya.thx

    BalasHapus
  47. Selamat Siang...

    Saya ingin menggugat cerai istri saya. Karena ternyata yg diharapkan dari saya hanya uang saja. Istri saya tersebut masih sangat bergantung kepada orang tuanya dan orang tuanya pun selalu ikut campur dalam rumah tangga kami. Setelah 5 hari kami menikah, orang tuanya meminta sejumlah uang kepada saya dengan alasan untuk biaya hidup saya dan istri saya tersebut. Saya pun memenuhi permintaan mertua saya tersebut. Uang yg tiap bulan saya berikan kepada istri saya pun, selalu diberikan kepada orang tuanya untuk membayar hutang2 orang tuanya tanpa sepengetahuan saya. Bahkan ketika saya menyewa kontrakan lengkap dengan perabotannya untuk istri saya, mertua saya itu ikut pindah juga. Tiap kali istri saya diajak untuk berhubungan, selalu beralasan malu karena ada orang tuanya. Kamar kami pun selalu dlm keadaan terbuka pintunya. Saya mencoba untuk menerima, tapi lama2 tidak tahan, karena hanya dijadikan sapi perah oleh mereka, karena yg mereka minta hanya uang saja dari saya. Skrg sudah hampir 8 bulan lebih saya tidak memberikan nafkah untuk anak & istri saya, saya pun tidak pernah pulang.

    1. Apakah dengan kasus seperti ini akan mudah bagi saya untuk menceraikan istri saya tersebut ke PA? Apakah bisa saya mengajukan gugatan tanpa sepengatahuan istri saya?

    2. Apabila saya menggunakan jasa pengacara, kira2 berapa lama prosesnya? Apakah bisa saya tidak hadir dalam persidangan?

    3. Apakah bisa saya menikah lagi sementara masih dalam proses perceraian? Dan bisakah status saya tetap perjaka jika nanti menikah lagi? karena KTP domisili saya statusnya belum kawin

    Terima kasih....

    BalasHapus
  48. Utk anonim tgl 8 Sept, jam 22:14;
    1. Mudah jika ada bukti kuat dan saksi yg kuat juga. Bisa tapi ilegal.
    2. Skitar 2-3 bulan. Hadir minimal pd saat sidang mediasi dan sidang pmbuktian saja.
    3. Tidak. Tidak.

    Utk anonim tgl 8 Sepet, jam 2:59;
    1. Secara hukum anda punya hak utk tdk hadir, mnurut sy sbaiknya anda tetap tdk hadir.
    2. Mnurut sy hakim nya mngkin kurang mngerti hukum, hakim juga manusia.

    Utk anonim tgl 7 Sept, jam 21:33;
    Prinsipnya proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd istri. Jika hub kel anda sdh tdk harmonis dan memang sering trjadi prselisihan terus menerus yg sulit didamakan maka hal itu sdh bisa dijadikan alasan cerai.
    Utk solusi prakteknya ttg proses cerai di pengadilan maka silahkan hub sy atau email sy ecara pribadi di latiefnas@gmail.com

    Utk anonim tgl 7 Sept, jam 20:44;
    Bisa asalkan anda mengetahui alamatnya secara lengkap sejauh rt,rw, kelurahan dan kecamatannya.

    Utk anonim tgl 6 Sept:
    Anda harus dpt mbuktikan [baik secara bukti tertulis atau bukti dari kesaksian seseorang] ttg masalah perzinahan trsebut didpan hakim pada saat sidang pembuktian, krn hak asuh anak bisa didapatkan oleh sang bapak jika si ibu TERBUTKI berzinah.

    BalasHapus
  49. Yth. bpk pengacara...

    Mohon penjelasannya.

    Saya menikah pada saat masih dlm proses perceraian. Dan surat cerai baru keluar ketika saya sudah menikah.

    1. Bagaimana status pernikahan saya secara hukum? sah atau tidak sah?

    2. Apakah pernikahan saya itu bisa batal secara hukum?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  50. pak, saya dan istri saya (muslim) sudah menikah +/- 4 tahun... setahun lalu sy pernah buka komputer dan ada YM istri sy online. tanpa sengaja ada pria yg chat ke ID YM istri saya tersebut... karena penasaran sy pura2 saja jadi istri saya, selama chat sy coba korek informasi... selama chat dengan pria tersebut saya baru tahu kalo mereka ternyata pernah berzinah.

    itu saya tau sejak saya coba pancing pembicaraan tsb. pria tsb sampai tahu celana pendek istri saya yg di gunakan waktu mereka bertemu, bekas operasi caesar istri saya dll.

    langsung saja setelah itu saya minta konfirmasi dari istri saya, awalnya dia mengelak... namun ketika saya minta dia bersumpah di atas alquran, dia tidak mau dan akhirnya mengakuinya...

    awalnya saya tidak terima dan ingin bercerai, namun istri saya mencoba untuk bunuh diri dan tidak ingin di cerai. karena masih mikir anak akhirnya saya coba menerima... namun makin lama saya tidak tahan dengan keadaan ini, bila teringat terus saya pasti akan sakit hati dan sesek. dan suatu hari kita bertengkar hebat dan saya minta kumpul bersama orang tua dia dan orangtua saya... disana ketika saya memberitahukan perselingkuhan saya, ternyata istri saya mengelak dan tidak mengakuinya!!!

    apa bisa pengakuan istri, saya minta disumpah diatas alquran pada waktu persidangan? soalnya dulu jelas2 dia sudah mengakui semuanya kepada, skrg di depan orang tua dan orangtua saya dia mengelak semuanya.

    apakah kalo cerai saya bisa mendapatkan hak asuh anak?

    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  51. Utk anonim tgl 12 Sep, jam 2:30;
    1. Bisa tdk syah krn-kan kalau mnikah lg sharusnya memegang terlebih dahulu akta cerainya, jd kalau pernikahan kdua itu terlaksana maka mungkin ada unsur2x yg diumpatkan.
    2. Kalau ketauan dan kalau ada yg keberatan dan melaporkan maka bisa "iya".

    Utk anonim tgl 12 Sep, jam 6:29;
    - pada prinsipnya anda harus mbuktikan bahwa dia berzinah, dan hal itu sangatlah sulit;
    - utk paksa dia bersumpahpun agak sulit krn blm tentu dia mau lakukan itu di pengadilan. Saran saya anda tulis saja smua kejadiannya agar mendapat simpati hakim, namun anda tetap wajib mbuktikan perihal perzinahan trsebut;
    - anda bs dpt hak asuh anak jk anda dpt mbuktikan ttg perzinahan trsebut.

    BalasHapus
  52. Yth. Bpk Pengacara...

    Saya ingin menggugat cerai istri saya, tp istri saya tidak mau. Saya sudah tidak mencintai dia lagi, karna selama ini yg dia dan keluarganya harapkan dari saya hanya uang dan materi saja.

    1. Apakah permohonan perceraian saya bisa disetujui oleh pengadilan?

    2. Berapa lama prosesnya? Apa bisa dalam 1 bulan selesai, karna saya benar2 ingin bercerai dengan istri saya itu

    3. Mana yg lebih cepat prosesnya, apakah saya urus sendiri atau menggunakan jasa pengacara?

    Terima kasih...

    BalasHapus
  53. 1. Bisa asalkan anda punya akta/buku nikah dan saksi yg kuat min 2 org.
    2. Skitar 3-4 bulan.
    3. Relatif pakai jasa pengacara [trgantung latar blakang perkaranya juga].

    BalasHapus
  54. Yth. Bpk. Pengacara,

    Saat ini istri saya menggugat cerai saya. Dalam surat gugatan cerai alasannya adalah karena adanya pertengkaran/percekcokan yang terus menerus. Tetapi alasan itu sesungguhnya tidak benar, karena sesungguhnya saya masih mencintai istri saya dan sangat megasihi dia.

    Tidak pernah terjadi KDRT dan sangat jarang terjadi pertengkaran/percekcokan.
    Namun yang terjadi adalah istri saya tergoda orang ketiga, dan dia merasa lebih baik pisah dari saya untuk orang ketiga ini. Namun disisi lain saya masih ingin mempertahankan istri saya sesuai iman saya bahwa apa yang sudah dipersatukan oleh Tuhan tidak dapat diceraikan oleh manusia.

    Saya merasa pikiran istri saya seperti sudah dipengaruhi oleh orang ketiga ini sehingga sampai2 saya tidak mengenal istri saya seperti istri saya yang dulu.

    Saya masih ingin "menyelamatkan" dia karena saya yakin dia tidak akan bahagia dengan orang ketiga ini. Dia masih dipenuhi oleh emosi "cinta yang palsu" hingga nekad menggugat cerai saya. Namun tampaknya dia tidak mau masalah orang ketiga ini muncul kepermukaan sehingga menggunakan alasan lain yang sebenarnya tidak benar.

    Masih adakah kesempatan bagi saya untuk mempertahankan istri saya sehingga gugatannya ditolak?

    Terima kasih sebelumnya.
    (sedang menanti mujizat)

    BalasHapus
  55. Yth Bapak;
    tentu bisa, caranya adlh anda harus hadiri/mnghadapi prsidangan di pengadilan, lalu anda harus mbuktikan hakim bhwa apa yg didalilkan oleh istri anda itu tdk benar, dan argumenkanlah apa yg mnurut anda itu adalah kejadian/alasan yg sbenarnya, tentu diikuti dgn bukti dan saksi yg mndukung argumen anda trsebut.
    Jika apa yg sy sarankan diatas dpt anda jalankan maka kmungkinan besar gugatan pgugat tdk dikabulkan.

    BalasHapus
  56. Yth. Bpk. Pengacara,

    Terima kasih atas jawaban serta saran yang diberikan.

    Sekiranya berkenan mohon kiranya diberikan bantuan informasi lanjutan, mohon contoh-contoh bukti apa yang perlu saya siapkan, dan bagaimana bentuknya? Apakah dari keterangan saksi belum cukup?

    Dan apakah saksi itu harus ada pertalian darah dengan tergugat (dalam hal ini saya), mengingat saya justru akan memohon mertua saya (orang tua istri saya) untuk menjadi saksi bagi saya mengingat mereka tahu betul kondisi RT saya dan mereka juga sangat tidak mendukung langkah istri saya.

    Apakah benar saksi minimal harus 2 orang?
    Dan jika istri saya tidak bisa menghadirkan saksi yang menguatkan gugatannya apakah benar gugatannya besar kemungkinan di tolak oleh hakim?

    Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas budi baik pemilik situs ini yang membantu banyak orang yang sedang mengalami problema RT dalam hal kasus perceraian.

    *Need a Miracle*

    BalasHapus
  57. - sms/foto/srt
    - jika ada bukti lain maka mnurut sy lbh baik
    - tdk hrs yg penting dpt mberikan keterangan brdasarkan melihat dan/atau mndengar lgsung
    - benar
    - benar

    BalasHapus
  58. Mohon info mitra/teman kompeten di semarang. Sebagai alternatif cerai resmi apakah "pernyataan kesepakatan untuk pisah" diatas meterai kedua belah pihak dengan saksi2 mempunyai kekuatan hukum mengikat?

    Terimakasih atas bantuannya

    Setyawan, Semarang

    BalasHapus
  59. Tidak, tetap harus mengajukann gugatan cerai ke pengadilan brwenang.

    BalasHapus
  60. Yth.bpk.pengacara..
    pak saya mau tanya..saya dan suami saya agama buddha..saya sebagai istri sudah 2 thn pisah ama suami saya..kini saya memohon cerai ama suami saya tp suami saya tidak mau..gimana caranya dan apa yang harus saya lakukan agar perceraian ini bisa terkabul tanpa persetujuan suami saya..
    dan apabila suAmi menyetujui nya kemana kami garus proses perceraian nya pak..mohon infonya pak..terima kasih..

    BalasHapus
  61. Dear Pak Pengacara...

    Pak kami mau tanya..kalau kami mengajukan gugat cerai dan kami tidak bisa hadir di persidangan apakah pengacara dapat mewakili kami,kelengkapan apa yang harus kami siapkan

    Terimakasih

    BalasHapus
  62. Utk anonim tgl 11 Okt jam 9:56;
    Proses cerai di pengadilan itu tidak memerlukan persetujuan dan tandatngan suami. Yg penting, anda punya alaan cerai yg kuat, ada akta nikah asli dan saksi 2 org maka proses cerai sdh pasti bisa dilaksanakan di pengadilan. Anda daftarkan gugatannya ke pengadilan negeri sesuai wilayah domisili saat ini si tergugat.

    Utk anaonim tgl 11 Okt jam 21:56;
    - Bisa;
    - Buku nikah, akta lahir anak2x, ktp dan kk.

    BalasHapus
  63. Yth.bpk.pengacara
    Saya (menikah dgn istri sejak tahun Sept 1999. Karena istri tdk mau menikah agama budha
    ditmp kelahiranku, dia menyarankan buat di
    biro jasa - akta nikah & dia blang asli.
    Saat itu tk berpikir lg akhirnya aku stuju.
    Tahun 2002 cicilan rumah diluar JKT dr hasil berdua krna sama2 kerja.
    Tahun 2007 rmh tsb dijual & bli rumah di JKT.
    Pernikahanku Punya anak 2 (Anak ke 1= 11 Thn,ke 2= 5 Thn)

    Sejak tahun 2007 istriku sdh tidak bekerja
    lagi.
    Jun-Sept 2008 masalah rumah tangga kami bermasalah sbb:
    1. Gajian saya biasanya akhir bln (28,29,30,31)
    karena saya lupa mengambil gaji di ATM
    istri marah2 dan menyuruh anak ke 1 utk bsok
    tidak sekolah lagi karena malu blm bayar
    skolah dan disuruh sobek buku2nya anaku
    menangis krn dia ingin sekolah. aku tak boleh
    membelanya tapi sobek buku2nya tdk jadi.
    istriku tidak puas lalu menyuruh robek surat
    kawin dan disobeklah surat tsb. karena anak
    tdk tau surat apakah itu kejadian ini aku ada
    saat itu aku hnya bisa diam saja padhal hati
    menolak atas perlakuan istri saya thdp anak
    dan saya.
    Maslah ini hny sepele dan tdk perlu perlakuan
    sprti itu. padahal blm awal bulan, saya tahu
    batas pembayaran skolah SD pling lambat tgl
    10 an.
    ====== berlanjut =======

    BalasHapus
  64. Yth.bpk.pengacara
    Saya (suami) menikah dgn istri sejak tahun Sept 1999. Karena istri tdk mau menikah agama budha
    ditmp kelahiranku, dia menyarankan buat di
    biro jasa - akta nikah & dia blang asli.
    Saat itu tk berpikir lg akhirnya aku stuju.

    2. Istri kasar dgn anak ke 1 saat anaku
    sembahyang lalu main api tapi tidak bahaya.
    Anak ke 1 dihukum dgn disiram minyak sayur
    dia mengancam saya utk tidak membelanya, saya
    hnya diam saja karena istri saya pemarah dan
    tidak boleh dilawan dgn kekerasan lagi.
    stlah disiram minyak tsb istri menakuti akan
    membakar anakku dgn menyalahkan korek api dan
    disiram sedikit dgn baygon. lalu istri reda
    dia kembali kekamar ( loteng ) anakku yg ber-
    simbar minyak tsb, aku suruh buka baju dan
    aku sruh mandi namun anakku mngkin msh truma
    baju tsb dimasukan ke cucian lain. akhirnya
    saya membilasnya smpai jam 4 pagi karena
    takut ketahuan istri dan akan bisa kena marah
    bila dia tahu. aku hanya bs bersabar saja
    & kasihan melihat anak ke 1.
    saat itu aku critakan ke saudara kandungnya
    kejadian diatas.
    3. Atap rumah bocor & disuruhlah tukang yg dia
    kenal namun tetap bocor bila hujan deras.
    aku kena marah. 3 x atap rumah dibetulkan tp
    tetap bocor. Istriku marah dgn membanting
    piring plastik berisi nasi. Aku dh gk kuat lg
    melihat tindakan istri dari kejadian diatas.
    aku kabur dari rumah & anakku minta ikut
    akhir aku & anakku bisa keluar dari rumah.
    anak ke 2 aku tidak bawa krna msh kecil umur
    2-3 tahun. Awal Jan 2009 istriku menangis
    untuk minta aku & anaku pulang namun aku sdh
    bisa toleri lagi tindakan istriku tsb.
    ========= berlanjut 2 ==========

    BalasHapus
  65. Yth.bpk.pengacara
    Saya (suami) menikah dgn istri sejak tahun Sept 1999. Karena istri tdk mau menikah agama budha
    ditmp kelahiranku, dia menyarankan buat di
    biro jasa - akta nikah & dia blang asli.
    Saat itu tk berpikir lg akhirnya aku stuju.

    4. Anak ke 1 aku pindahkan skolah diluar Jkt
    aku dh muak dgn sikap & tindakan istriku.
    Aku masih tetap biayain perbulan utk istri &
    anak ke 2 karena aku masih syang sama istri
    & anak2ku. biarlah anakku tinggal sma neneku
    karena aku tahu istriku keras kepala. Takut
    kejadian diatas terulang kembali yg menyebab
    anak ke 1 truma yg menyebabkan anakku
    mengigau ketakutan tp matanya terbuka dan
    satu mengigau anakku sejnak tdk inget apa2
    lagi hrs disadarkan dgn perlahan2 supaya
    tidak shok saat disadarkan.
    5. Sejak Okt-Mar Tahun 2009 istriku menolak utk
    diajak berhubungan intim. Istriku msih
    berulah utk ribut dgn melempar gelas, piring
    ke lantai aku tetap sabar dan mebersihkan
    serpihan kaca tsb. Sdh 5 x aku kost ( kabur
    dr rumah ke gedung perkantoran dmn aku
    bekerjan tuk tidur & esokan pagi aku bekerja
    )karena istri sdh tdk membuat nyaman dirumah.
    anak ke 2 dirumah sring menyaksikan keributan
    tsb. Tiap bulan aku msh tetap beri nafkah
    istri % anaku ke 2. bathinku sakit krn aku
    tdk bs keras krn aku ingin pertahankan rumah
    tanggaku sprti dulu. Blm Mar 2009 aku kost lg
    krna perlakuannya msh tdk bs ditoleri lg.
    ========= berlanjut 3 ==========

    BalasHapus
  66. Yth.bpk.pengacara
    Saya (suami) menikah dgn istri sejak tahun Sept 1999. Karena istri tdk mau menikah agama budha
    ditmp kelahiranku, dia menyarankan buat di
    biro jasa - akta nikah & dia blang asli.
    Saat itu tk berpikir lg akhirnya aku stuju.

    6. Bln April-sept 2009 istriku & anak ke 2
    meninggalkan rumah & kost entah dimana &
    kluarga istrikupun tdk tahu kost dmn.
    kluarga istriku tahu bhwa adiknya keras
    kepala & aku dusuruh bersikat sabar dlm
    menghadapinya. Rumah dalam keadaan kosong
    dan tiap pagi-siang jam 15:00 istriku hnya
    mengunakan rumah itu tuk mencuci & menjemur
    saja. sekitar jam 15:00-16:00 istri & anak
    ke 2 pulang ke kost.
    Saat rumah kosong & istriku kost aku msh
    tetap biayainya. aku pikir istriku marah
    besar karena tiap ribut aku slalu tinggalkan
    rumah ( pdahal tindakan itu yg membuat aku
    tidak betah dirumah karena aku hrs kerja )
    7. Okt-Maret 2010, aku, istri & anak ke2 kembali
    kerumah dan istriku tetap menolak utk diajak
    berhubungan intim. Sikap istriku sdh drastis
    berubah dgn aku, wajah,tatapannya & dia sring
    telphon mesra dgn teman cowoknya dikmar atas.
    aku tidur disofa lntai dasar. Tiap hari s
    sehabis plg kerja aku mengasuh anak ke 2 tuk
    bermain & istriku tetap cuek saja kpdku
    dia tdk menghiraukan anak ke 2 & aku.
    Akhir beberap hari aku rekam kejadian dirumah
    - Anakku sring dibentak & dia suka bicara via
    hp dgn cowoknya.
    Aku merasa dicampakan dan dihianati maka aku
    tegur suatu malam, bathinku sdh tdk kuat lagi
    menerima ini semua.
    apakah sdh punya cowok dia tdk mengakuinya
    aku tetap sabar dlm menghadapinya. Lempar
    gelas masih terjadi bila aku cembur dan mene-
    gornya. akhir Mar 2010 aku tegur keras dia
    saat tlpon dgn cowoknya dan cowok tsb bicara
    dgn aku via hp. Saat itu jam 2 pagi kabur dr
    rumah ke gedung perkantoran dmn aku bekerja
    tuk tidur & esokannya aku bekerja.
    ========= berlanjut 4 ==========

    BalasHapus
  67. 8. Aprir 2010 smpai saat ini aku kost.
    April - Juli 2010 aku masih tetap beri nafkah

    Bln Juli anak ke 1 libur & diajak menginap
    dirumah kakak istriku. Berapa hr kmudian anak
    ke 1 diajak menginap 2 hari dirumahku ada
    istri & anak ke 2. Anak ke 1 menyasikan orang
    asing ( cowok istriku ) menginap dirumah.

    Saat anak ke 1 plg ke neneknya akhirnya dia
    critakan apa yg terjadi dirumah. Aku sngat
    kaget mendengar crita itu dan bln Aug 2010
    aku sudah tidak memberi nafkah istriku lg.
    karena dia telah lancang & berani dlm
    mengambil keputusan tsb.

    saat itu aku sudah lapor RT setempat.
    RT tdk mau menegur istriku & cowok tsb.
    bila mau ditegur hrs didampingi saya.
    tapi aku sdh terlanjur sakit hati atas
    tindakan istriku tsb. aku smpai skarang
    blm mengambil tindakan apapun & hnya melapor
    kan kejadian tsb kepada kakak istriku.
    kakak istriku sakit hati atas tindakan
    adiknya dan dia hnya menyarankan saya
    tuk meminta 50% dari harga jual rumah tsb
    kepada istri & cowonya tsb.
    aku sudah bicara tsb kepada istriku namun
    istriku bersih keras menyatakan bahwa
    rumah itu milik istriku seluruhnya.

    * Sertifikat asli dipegang oleh saya dan
    belum ganti nama.
    * Bukti pembayaran PBB asli ada di istriku
    * Surat Kawin Asli ( hnya ada 1, yg 1 lg sdh
    dirobek oleh anak ke 1 dan sdh dibuang )
    dipegang oleh istriku.

    Pertanyaan saya adalah :
    - Melihat dari pembuatan akta nikah saya.
    Apakah akta tsb Asli ?
    - Bagaimana menyelesaikan kasus diatas ?
    - Bagaimana menyelesaikan pembagian rumah tsb ?
    ( karena aku orangnya tidk mau ribut lagi dan
    hanya mau menyelesaikan
    secara arif & damai.
    - Melihat history diatas, apakah saya dapat mem-
    bawa anak ke 2 & dgn jalur hukum apa ?


    Mohon pencerahannya, sblumnya saya ucapkan trima kasih atau perhatiannya

    BalasHapus
  68. Yth. Bpk. Pengacara

    Saya ingin menjatuhkan talak ke atas istri saya.

    Sejak 1 hari setelah pernikahan saya langsung meninggalkan istri saya karena memang saya menikahinya hanya karena tidak mau durhaka terhadap orang tua saya.

    3 bulan sebelum akhirnya menikah saya memang sudah tidak lagi berniat menikahiistri saya. Tapi istri saya memaksa orang tua saya u/ menikahinya dengan alasan malu terhadap keluarga besar dan teman2nya. Jika orang tua saya tidak mau istri mengancam bunuh diri. Akhirnya kami pun menikah.

    Sudah hampir 2 tahun saya tidak pernah sudi lagi bertemu istri saya. Bahkan saya sudah jatuhkan talak ke atas istri saya secara lisan di malam pernikahan kami.

    Beberapa bulan yang lalu istri sms saya dan istri meminta diceraikan secara sah agar status kami sama2 jelas di mata hukum(saya masih simpan sms itu).

    Saya ingin mengajukan cerai ke pengadilan.

    Dulu kami menikah di kota M. Saya tinggal dan berdomisili di kota J, istri tinggal di kota yang sama tapi tidak memiliki KTP/KK kota J karena memang bukan warga kota J. Buku nikah semua ada di istri saya.

    Saya pernah berkonsultasi dengan KUA tempat saya meminta surat pindah nikah di kota J, Bpk. petugas yang berwenang setempat menyampaikan bahwa saya bisa mendaftarkan cerai ke PA kota J karena saya domisili kota J, jadi tidak perlu daftar ke PA kota M tempat dulu menikah.

    Buku nikah semua dipegang istri saya, saya sudah meminta secara halus tapi istri berkeras tidak mau memberikan kepada saya.

    Apa yang sebaiknya saya lakukan Pak? Apa saya bisa meminta Duplikat Buku Nikah milik saya (hak suami saja) ke KUA kota M dengan alasan ingin mempercepat proses perceraian?

    Mohon pencerahannya Pak. Terima kasih.

    -Lelaki di kota J-

    BalasHapus
  69. yth.Bpk pengacara

    saya menikah dgn istri slm 7th dan sdh mempunyai 1org anak, pernikahannya secara adat kami tdk punya srt nikah, yg ada hy kartu keluarga. saya sdh berpisah rumah selama 3th dan tdk pernah bertemu/komunikasi dgn istri maupun keluarganya.tp saya msh ttp memenuhi kwjban sy sebagai seorang ayah.(bertemu anak disklh dan membiayai)

    yang mau saya tanyakan;
    1. apa surat yg harus saya urus untuk menyelesaikan hub.an ini krn smua surat2 seperti kk smua istri saya yg pegang, sedangkan dia tdk mau bercerai. wlw secara kekeluargaan

    2. apakah bisa saya menikah lagi setelah pisah slm 3th?

    mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  70. Utk anonim tgl 16 Okt;
    1. tidak mngkin anda bisa ada kk jika perkawinan anda tidak didaftarkan di KUA [Islam] atau Ktr Cat Sipil [non muslim];
    2. Mnurut sy prkawinan anda tidak syah krn memang prkawinan hanya dilakukan secara adat [tdk secara negara], jd anda bs nikah lagi.

    Utk anonim 14 Okt;
    - Jika mnurut anda, anda benar2x sdh tdk bs brsama lg dgn istri anda maka tetap kputusan ada di tgn anda [utk brcerai/ajukan gugatan pceraian], intinya jikma mau ajukan pceraian maka anda harus punya buku nikah dan saksi min 2 org;
    - Bisa.

    Utk anonim tgl 13 Okt;
    Maaf, tulisan anda trlalu panjang, mohon kirim lg dgn tulisan yg singkat, lgsung pada inti dan prtanyaannya sj. Mohon pngertiannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  71. maaf, ijin bertanya jika istri mengajukan gugat cerai dikarenakan tingkah laku dia sendiri karena berselingkuh tetapi karna gengsi dan resiko jabatan dia tidak mau mengakui dan malahan berbuat nuzyuz ke suami, maka saat pengadilan apa yang harus saya lakukan untuk menyanggah semua dalil yand dikemukakan oleh istri, trims (andy - cirebon)

    BalasHapus
  72. Alasan cerai yg sperti itu tentu tdk akan diterima oleh majelis hakim. Ada aturan dalam hukum kita bahwa pihak yg bersalah tdk bisa menjadi pgugat.

    BalasHapus
  73. yth bpk pengacara

    menurut anda perkawinan sy tdk sah krn secara adat dan sy bisa menikah lagi.

    ada yg mau sy tanyakan lg:
    1. jika saya menikah lg secara negara/non muslim secara sah apakah tdk mslh dgn surat kk yg dipegang istri sebelumnya krn disana ada nm saya.

    2. apakah dia bisa menuntut saya nantinya krn menikah lagi. krn smp skrg(da 3th) dia msh tdk terima dgn perpisahan ini.

    3. bisakah saya menuntut dia jika dia menggangu rumah tangga saya yg baru.

    sebelumnya sy ucapkan terima kasih, mohon pencerahannya

    BalasHapus
  74. 1. Itu yg sy tdk mngrti pak, bgmana bisa suatu prkawinan yg tdk dcatat negara bs diterbitkan kk [yg merupakan produk negara]. Maksud sy bgini, kk itu adalh kartu tanda suatu keluarga yg dibuat brdasarkan buku/akta nikah, smentara kan pernikahan anda hanya secara adat saja [tdk didaftarkan negara], jadi sy tdk bs mnjawab prtanyaan no.1 anda;
    2. Jika adalah benar bahwa prkawinan anda yg prtama tdk syah secara negara maka ia tdk bs mnuntut apa2;
    3. Bisa.

    BalasHapus
  75. yth.bpk.pengacara
    saya nikah sekitar 8 thn dan pisah udah lima tahun( punya 2 anak ..jika pernikahan kami secara adat dan tidak ada surat nikah kalau suami nikah lagi apakah istri bisa menuntut..??..
    sebelumnya sy ucapkan terima kasih, mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  76. yth.bpk pengacara..
    saya mau tanya pak..saya mau gugat cerai suami tapi surat nikian saya di tangan suami dan swbaliknya surat nikah suami ada di tangan saya..
    1.jadi apakah saya bisa gugat cerai tanpa surat nikah saya yg di tgn suami..??..
    2.gimana dgn harta gono gini..(tabungan istri apakah jg termasuk harta gono gini)..??..
    3.apakah saya bisa mendapatkan hak asuh anak ??

    BalasHapus
  77. Utk anonim tgl 17 Okt jam 9:07;
    - Tidak bisa nuntut secara hukum krn perkawinannya tdk dicatat negara;

    Utk anonim tgl 17 Okt jam 9:23;
    1. bisa, tp si suami harus mnyerahkan akta nikahnya pd saat sidang pmbutkian;
    2. ya, seharusnya termasuk;
    3. umumnya hak asuh anak dipegang sang ibu kculai terbukti si istri berzinah.

    BalasHapus
  78. Yth.bpk.pengacara ( posting tgl 13 oktober )
    Saya menikah dgn istri sejak tahun Sept 1999. Karena istri tdk mau menikah agama budha
    ditmp kelahiranku, dia menyarankan buat di
    biro jasa - akta nikah & dia blang asli.
    Saat itu tk berpikir lg akhirnya aku stuju.

    Tahun 2002 cicilan rumah diluar JKT dr hasil berdua krna sama2 kerja.
    Tahun 2007 rmh tsb dijual & bli rumah di JKT.
    Pernikahanku Punya anak 2 (Anak ke 1= 11 Thn,ke 2= 5 Thn)

    Sejak tahun 2007 istriku sdh tidak bekerja
    lagi.
    Jun 2008 - juli 2010 masalah rumah tangga timbul sbb :

    1. Istri kasar thp anak ke-1 & suami.

    2. Juli 2008 anak ke 1 aku pindhkan sekolah diluar JKT.

    3. Setiap istri lempar perabotan rumah, aku tinggalakan & kost beberapa x.

    4. Saat aku kost pd bulan April - Juli 2010 aku masih tetap beri nafkah & bayar listrik tiap bln.

    5. Bln April-sept 2009 istriku & anak ke 2
    meninggalkan rumah & kost entah dimana &
    kluarga istrikupun tdk tahu kost dmn.
    Rumah dalam keadaan kosong
    dan tiap pagi-siang jam 15:00 istriku hnya
    mengunakan rumah itu tuk mencuci & menjemur
    saja. sekitar jam 15:00-16:00 istri & anak
    ke 2 pulang ke kost.

    6. Okt-Maret 2010, aku, istri & anak ke2 kembali
    kerumah dan istriku tetap menolak utk diajak
    berhubungan intim. Sikap istriku sdh drastis
    berubah dgn aku, wajah,tatapannya & dia sring
    telphon mesra dgn teman cowoknya dikmar atas.
    aku tidur disofa lntai dasar ( selingkuh ).

    7. April 2010 aku meninggalkan rumah dan smpai bulan juli 2010 masih memberi nafkah. pertengahkan juli 2010 anak ke 1 memberi tahu bahwa dirumah ada selingkuhannya. bulan agust 2010 aku sdh tidak menafkahi lg.

    * Sertifikat asli dipegang oleh saya dan
    belum ganti nama.
    * Bukti pembayaran PBB asli ada di istriku
    * Surat Kawin Asli ( hnya ada 1, yg 1 lg sdh
    dirobek oleh anak ke 1 dan sdh dibuang )
    dipegang oleh istriku.

    Pertanyaan saya adalah :
    - Melihat dari pembuatan akta nikah saya.
    Apakah akta tsb Asli ?

    - Bagaimana menyelesaikan kasus diatas ?

    - Bagaimana menyelesaikan pembagian rumah tsb ?
    ( karena aku orangnya tidk mau ribut lagi dan
    hanya mau menyelesaikan
    secara arif & damai.

    - Melihat history diatas, apakah saya dapat mem-
    bawa anak ke 2 & dgn jalur hukum apa ?

    - Sejak bulan Agustus 2010, dia tinggal dgn cowok tsb dirumahku. apakah cowok tsb bisa dihukum atas perbuatannya ?

    Mohon dibantu utk menyelesaikan kasus diatas

    BalasHapus
  79. - mnurut sy asli tp coba cek ke KUA;
    - sy tdk boleh mpengaruhi siapapun, pd intinya jk mnurut anda hub perkawinan anda sdh tdk harmonis dan mmg sering trjadi prselisihan terus menerus maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai, skarang tinggal anda yg menentukan pilihan trsebut, pikirlah masak2x, jgn mudah ambil kputusan utk bcerai;
    - jika masih memungkinkan maka cobalah ajak ke konsultan perkawinan;
    - jika anda dpt mbuktikan adanya prselingkuhan dan/atau perzinahan maka sy yakin bisa, jalur hukumnya adalah mngajukan gugatan cerai dgn tunttutan hak asuh anak;
    - bisa, jika dpt dibuktikan dia berzinah dgn istri anda.

    BalasHapus
  80. Yth.bpk.pengacara ( posting tgl 13 oktober )
    Saya menikah dgn istri sejak tahun Sept 1999. Karena istri tdk mau menikah agama budha
    ditmp kelahiranku, dia menyarankan buat di
    biro jasa - akta nikah & dia blang asli.
    Saat itu tk berpikir lg akhirnya aku stuju.

    1. Melihat dari pembuatan akta nikah saya.
    Apakah akta tsb Asli ( Agama Budha ) ?


    2. Bagaimana menyelesaikan pembagian rumah tsb ?
    ( karena aku orangnya tidk mau ribut lagi dan
    hanya mau menyelesaikan
    secara arif & damai tp istri menolaknya ?

    3. - Sejak bulan Agustus 2010, dia tinggal dgn cowok tsb dirumahku. apakah cowok tsb bisa dihukum atas perbuatannya ? dan bilamana cowok & istriku sdh menikah .. jalur hukum apa untuk mengambil hak asuh anakku & membagi rumah tsb ?

    Mohon penjelasannya Pak

    Tks

    BalasHapus
  81. Pak Pengacara saya ingin tanyakan adalah kalau pernikahan di lakukan di semarang secara katolik serta surat nikah juga dari semarang. sekarang posisi saya dan suami ada di bandung. nah proses perceraian ini di daftarkan dimana pak? terima kasih pak

    BalasHapus
  82. Utk anonim tgl 24 Okt;
    1. akta perkawinan harus dikeluarkan dari ktr cat. sipil, lain dari itu sy yakin palsu;
    2. kalo itu ttg gono-gini maka selesaikanlah sesuai dgn hukum maka 50:50;
    3. bisa, jalur hukum pengadilan negeri.

    Utk vicky;
    Di pengadilan negeri bandung.

    BalasHapus
  83. pak pengacara sy mau tanya.

    1. ada seorang istri yang ingin mengajukan gugatan cerai kepada suaminya dan pernikahan baru 6bulan dikarenakan suami berzina (peluk,cium bahkan sampai oral seks) dengan permpuan lain dan juga tidak adanya keharmonisan dalam RT dan perbedaan prinsip. bisakah itu menjadi alasan gugat cerai?

    2. si istri tersebut adalah seorang PNS baru. pernikahanya belum di laporkan seperti aturan yang berlaku (mungkin ke BKD), hanya teman2 sekantor dan teman2 dekat yang mengetahui. disurat nikah pun pekerjaan istri tidak ditulis PNS melainkan tidak bekerja.
    apakah masih perlu ijin atasan?apakah boleh langsung ke PA? pasalnya terlalu repot jika meminta ijin.

    trimakasih atas jawabanya

    BalasHapus
  84. 1. Bisa, asalkan masalah zina itu dpt dibuktikan dlm persidangan;
    2. Secara hukum, maka harus izin atasan.

    BalasHapus
  85. pak mhon pendapatnya , saya sudah menikah selama hampir 3 th dan kami dikaruniai 1 anak laki2.dlu awal2 menikah kehidupan kami harmonis layaknya pasangan yang baru menikah ,kami masih tinggal dirumah orangtua,tapi ditengah2 perjalanan kehidupan rumah tngga kami sering bermasalah kami sering bertengkar hanya masalah sepele kalau bertengkar dia selalu pulang kerumah, selain itu dia juga sering berbohong apalagi masalah uang dia selau berbohong,dia setiap hari pergi kerja tapi tidak pernah memberi uangnya pada say adan selalu berbohong, kami berdua selalu bertengkar dan akhirnya dia menyerahkan saya kepada orangtua saya dan mengemballikan saya.dan sekarang dia plg kerumahnya sudah 6 bln lamanaya tanpa memebri nafkah.klau saya mengajukan cerai secara hukum apa yang saya perlukan dan prosenya bisa berapa blan

    BalasHapus
  86. Saran sy cobalah ajak dia brtemu dan bicara 4 mata dan dari hati ke hati, jgn cepat memutuskan utk bcerai, anak menjadi korban, carilah solusi semaksimal mungkin.
    Utk proses cerai yg diperlukan adalah: mbuat srt gug cerai, ada buku nikah asli, akta lahir anak2x, ktp/alamat para pihak, kk, lalu daftarkan srt gug cerai di PA brwenang, mnunggu srt panggilan sidang, menghadiri persidangan dan mpersiapkan 2 org saksi.
    Proses persidangan kira2x 3 bulan.

    BalasHapus
  87. Saran sy cobalah ajak dia brtemu dan bicara 4 mata dan dari hati ke hati, jgn cepat memutuskan utk bcerai, anak menjadi korban, carilah solusi semaksimal mungkin.
    Utk proses cerai yg diperlukan adalah: mbuat srt gug cerai, ada buku nikah asli, akta lahir anak2x, ktp/alamat para pihak, kk, lalu daftarkan srt gug cerai di PA brwenang, mnunggu srt panggilan sidang, menghadiri persidangan dan mpersiapkan 2 org saksi.
    Proses persidangan kira2x 3 bulan.

    BalasHapus
  88. Saya adl seorang PNS yg ditugaskan di luar Jakarta, menikah selama 4 thn dan sudah berpisah rumah selama 2 thn, dgn anak 1, sama2 beragama Islam, ingin bercerai krn ketidakcocokan, pertengkaran dsb. pertanyaan sy adl:
    1. Apa saja yg hrus sy lakukan utk proses cerai ini dan mohon dibimbing dr awal smp selesai dgn segera, krn 2 thn adl dosa bg sy dan dia "menggantung" spt ini?
    2. Sangat ingin memakai jasa pengacara, mohon info jasa pengacara yg bagus di daerah Ciputat (Tangerang) krn kami menikah daerah Tangerang?
    3. Apakah bisa hak asuh anak jatuh ke tangan sy? sbg catatan kami sepakat berpisah krn hny ketidak cocokan.
    4. Maaf agak sedikit tidak sopan, bisakah sang pengacara sy nanti ini yg betul2 mengurus semuanya dr A-Z nya, istilahnya sy hny tau beresnya saja dan dgn segera?
    Mohon info dan bantuannya, terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  89. Perkawinan kami sudah 2 tahun dikaruniai 1 anak, sejak nikah tidak pernah tinggal serumah karena pekerjaan, awalnya tiap minggu saya pulang ke rumah mertua, setelah beberapa bulan terasa ketidakcocokan dan campur tangan saudaranya sangat mendominasi kehidupan keluarga, sehingga hampir 20 bulan saya tidak pulang ke rumah mertua, setelah itu baru 4 kali saya ketemu istri, tetapi saya selalu kirim uang untuk keperluan anak dan istri walaupun kadang terlambat.
    seminggu yang lalu saya bicarakan niat untuk cerai ke istri saya, tapi dia menolak untuk diceraikan.
    karena kami masing2 tinggal di kota berbeda maka ktp kami alamatnya berbeda, dan buku nikah dipegang istri saya.
    pertanyaanya:

    1. Bisakah gugatan cerai saya diijinkan hakim PA jika istri saya menolak cerai?

    2. Bagaimana jika istri saya tidak memberikan buku nikah itu?

    3. Di PA kota mana harus mengajukan gugat cerai?

    4. Kira2 berapa lama proses perceraian kalau istri menolak cerai?

    terimakasih

    BalasHapus
  90. Utk anonim tgl 6 Nov:
    1. mbuat srt gugatan cerai dan daftarkan ke pengadilan brwenang. utk tatacaranya silahkan klik www.masalahperceraian.com
    2. silahkan hub sy secara pribadi.
    3. sgt bisa.
    4. sgt bisa, silahkan hub sy secara pribadi.

    Utk anonim tgl 8 Nov:
    1. Bisa, proses cerai tdk memerlukan prsetujuan dan ttd istri;
    2. Silahkan hub/email sy secara pribadi nanti sy info jalan keluarnya;
    3. di PA domisili SAAT INI si istri;
    4. Bisa skitar 3-4 bln.

    BalasHapus
  91. yth.pak pengacara
    pertanyaan saya apakah perceraian agama buddha selain di PN apakah tidak ada jln lain lg yg lbh gampang dan cepat prosesnya..??..
    terima kasih

    BalasHapus
  92. Yth Bpk Pengacara.

    Saya mau tanya,

    1. Suami (Muslim) bermaksud menggugat istri (Katolik) apakah benar gugatannya ditujukan ke PA bukan PN ? Pernikahannya dahulu di Ktr Catatan Sipil dan kemudian (hanya) istri di berkati di gereja.

    2. Dapatkah Akta Nikah digunakan sebagai pengganti Buku Nikah dalam mengajukan gugatan ? (masalahnya buku nikah disimpan istri yg tdk mau dicerai)

    Terima kasih....

    BalasHapus
  93. Utk anonim tgl 11 Nov, jam 00:27
    Tidak! perceraian yg syah hanya bisa dilakukan di pengadilan, apapun itu agamanya.

    Utk anonim tgl 11 Nov, jam 7:59
    1. Kalo anda memegang akta perkawinan maka cerainya harus di pn;
    2. Tidak bisa.
    - Anda harus tau perbedaannya, kalo nikah secara Islam maka bukti nikahnya adalah "buku nikah" [jadi kalo utk cerai harus di PA], kalau pernikahan selain yg agama Islam maka bukti nikahnya adalah "akta perkawinan"[perceraiannya harus di pn].

    BalasHapus
  94. ........
    2. Tidak bisa.
    - Anda harus tau perbedaannya, kalo nikah secara Islam maka bukti nikahnya adalah "buku nikah" [jadi kalo utk cerai harus di PA], kalau pernikahan selain yg agama Islam maka bukti nikahnya adalah "akta perkawinan"[perceraiannya harus di pn].

    >> Mohon pecerahan, apakah saya masih dapat melakukan gugatan cerai jika yang saya pegang adalah "akta nikah" ?

    BalasHapus
  95. Pa seorang lelaki melakukan gugatan cerai ke pengadilan, sudah dua kali pemanggilan istrinya tidak mau hadir (karena tidak mau dicerai). Laki2 tersebut sudah mentalak 3 kali. Laki2 tersebut kemudian menikah dengan wanita lain secara siri. Lalu istri yang digugat cerai itu menuntut ganti rugi sebesar 20 juta karena dia menikah lagi. Ada solusinya pa ?

    BalasHapus
  96. Utk anonim tgl 14 Nov;
    Bisa.

    Utk anonim tgl 15 Nov;
    Tidak ada dasar hukumnya itu minta ganti rugi 20jt, drmana jalannya, perkawinan/perceraian bukanlah hal jual-beli dan untung-rugi.

    BalasHapus
  97. Yth Bpk Pengacara

    Saya Seorang lelaki muslim yang ingin menggugat cerai istri saya..

    adapaun hal yang mendasari keputusan saya adalah kurangnya waktu istri saya untuk anak dan suaminya
    dikarenakan pekerjaan istri saya sebagai karyawan swasta yang bekerja mulai jam 8 pagi s/d jam 5 sore dilanjutkan
    dengan brieefing di kantor mulai jam 5.30 sore s/d jam 9-10 malam di hari yang sama..,hal ini terus menerus terjadi bahkan di hari minggu sekalipun..

    yang ingin saya tanyakan....apakah hal tersebut bisa menjadi landasan saya untuk meminta hak asuh anak...?? karena anak saya masih berumur 2 tahun....

    mohon petunjuk....terima kasih.....

    BalasHapus
  98. Yth Bpk Pengacara

    Saya Seorang lelaki muslim yang ingin menggugat cerai istri saya..

    adapaun hal yang mendasari keputusan saya adalah kurangnya waktu istri saya untuk anak dan suaminya
    dikarenakan pekerjaan istri saya sebagai karyawan swasta yang bekerja mulai jam 8 pagi s/d jam 5 sore dilanjutkan
    dengan brieefing di kantor mulai jam 5.30 sore s/d jam 9-10 malam di hari yang sama..,hal ini terus menerus terjadi bahkan di hari minggu sekalipun..

    yang ingin saya tanyakan....apakah hal tersebut bisa menjadi landasan saya untuk meminta hak asuh anak...?? karena anak saya masih berumur 2 tahun....

    mohon petunjuk....terima kasih.....

    BalasHapus
  99. Yth Bpk Pengacara

    Saya Seorang lelaki muslim yang ingin menggugat cerai istri saya..

    adapaun hal yang mendasari keputusan saya adalah kurangnya waktu istri saya untuk anak dan suaminya
    dikarenakan pekerjaan istri saya sebagai karyawan swasta yang bekerja mulai jam 8 pagi s/d jam 5 sore dilanjutkan
    dengan brieefing di kantor mulai jam 5.30 sore s/d jam 9-10 malam di hari yang sama..,hal ini terus menerus terjadi bahkan di hari minggu sekalipun..

    yang ingin saya tanyakan....apakah hal tersebut bisa menjadi landasan saya untuk meminta hak asuh anak...?? karena anak saya masih berumur 2 tahun....

    mohon petunjuk....terima kasih.....

    BalasHapus
  100. Utk anonim tgl 20 Nov jam 20:09;
    Mnurut sy alasan cerai anda tdk kuat krn masih sgt sgt bisa diperbaiki. Pada intinya kalo memang hub kel anda sdh benar2x sering terjadi keributan yg tdk bs didamaikan lg maka barulah alasan itu bs dijadikan sbg alasan cerai.
    Dan utk hak asuh anak, blm bisa anak dipegang oleh sang bapak, krn masih balita dan tdk ada masalah perzinahan trhapad si istri.

    BalasHapus
  101. yth bpk. pengacara
    sy seorang laki2 muslim, berumur 25 thn

    sy pernah menikah dan tinggal dgn mertua,akan tetapi istri sy tidak menjalankan kewajibanya sebagai istri yg baik, sy hanya karyawan swasta, berpenghasilan UMR, tapi sy selalu menfkahi istri sesuai dgn penghasilan sy, tapi kami sering bertengkar, dan dia pernah meminta berpisah melalui sms kepada saya, dan saya memenuhi keinginannya tersebut disaat kami sm2 emosi, tapi sy mencoba mendinginkan kepala dengan pergi kerumah orang tua saya, seminggu sy pergi dia tidak pernah menanyai kabar saya, sempat dia sms tapi yg ditanya malah sendal pamanya yg sempat sy salah bawa saat sy pergi, sy sudah coba tlp dia tapi dia matikan, sy sms pun tidak dibalas, akhirnya sy ajak dia bertemu dijalan untuk berbicara, tapi dia menolak dgn alasan org tuanya sakit, sy tau orang tuanya sakit, tp sy hanya butuh waktu sebentar saja, tapi dia tetap menolak, karna sy sudah benar2 kecewa, sy pergi kerumah dia dengan membawa surat talak, akan tetapi belum sempat saya menjelaskan kepada org tuanya, sy malah dimaki2 org tuanya, bahkan mau dibunuh, kemudian pakaian sy semua dilempar keluar rumah, dan saya diusir dengan kata2 yg sungguh tidak layak dari seorang mertua kepada menantunya, dan akhirnya 2 tahun kami pisah, tapi sy tidak tahu apa yg harus saya ajukan kepengadilan, sementara dia baru sadar dan ingin kembali rujuk dgn sy tapi sy benar2 terluka karna dia dan orng tuanya, apakah sy bisa mengajukan cerai ? apakah sy wajib membayar uang iddah dan mut'ah? sementara dia yg telah mengusir sy dari rumah,dan tidak menginginkan sy lagi, terimakasih sebelumnya,

    BalasHapus
  102. yth bpk. pengacara
    sy seorang laki2 muslim, berumur 25 thn

    sy pernah menikah dan tinggal dgn mertua,akan tetapi istri sy tidak menjalankan kewajibanya sebagai istri yg baik, sy hanya karyawan swasta, berpenghasilan UMR, tapi sy selalu menfkahi istri sesuai dgn penghasilan sy, tapi kami sering bertengkar, dan dia pernah meminta berpisah melalui sms kepada saya, dan saya memenuhi keinginannya tersebut disaat kami sm2 emosi, tapi sy mencoba mendinginkan kepala dengan pergi kerumah orang tua saya, seminggu sy pergi dia tidak pernah menanyai kabar saya, sempat dia sms tapi yg ditanya malah sendal pamanya yg sempat sy salah bawa saat sy pergi, sy sudah coba tlp dia tapi dia matikan, sy sms pun tidak dibalas, akhirnya sy ajak dia bertemu dijalan untuk berbicara, tapi dia menolak dgn alasan org tuanya sakit, sy tau orang tuanya sakit, tp sy hanya butuh waktu sebentar saja, tapi dia tetap menolak, karna sy sudah benar2 kecewa, sy pergi kerumah dia dengan membawa surat talak, akan tetapi belum sempat saya menjelaskan kepada org tuanya, sy malah dimaki2 org tuanya, bahkan mau dibunuh, kemudian pakaian sy semua dilempar keluar rumah, dan saya diusir dengan kata2 yg sungguh tidak layak dari seorang mertua kepada menantunya, dan akhirnya 2 tahun kami pisah, tapi sy tidak tahu apa yg harus saya ajukan kepengadilan, sementara dia baru sadar dan ingin kembali rujuk dgn sy tapi sy benar2 terluka karna dia dan orng tuanya, apakah sy bisa mengajukan cerai ? apakah sy wajib membayar uang iddah dan mut'ah? sementara dia yg telah mengusir sy dari rumah,dan tidak menginginkan sy lagi, dan kami belum dikaruniai anak, terimakasih sebelumnya,

    BalasHapus
  103. Utk anonim tgl 22 Nov;
    - bisa;
    - jika yg ajukan gugatan sang suami maka wajib mberikan nafkah idah dan mutah sesuai kemampuannya.

    BalasHapus
  104. YTH Bpaka pengacara..

    saya seorang istri WNI menikah dengan pria WNA 6 tahun silam beragama kristen dan belum punya anak

    saat ini kami sepakat mau cerai karena berhubung banyaknya perbedaan pendapat dan konflik selama ini yang membuat kedua belah pihak merasa tidak nyaman lagi satu sama lain dan dikarenakan belum adanya keturunan dan saat ini kami pun tidak hidup bersama lagi dan suami saya sudah pulang kenegaranya sekitar 6 bulanan lalu dan sudah tidak ada lagi nafkah lahir dan batin.sehingga kami pun memutuskan sepakat untuk bercerai untuk kebaikan masing2 kedepan harinya.
    terimakasih.

    yang mau saya tanya.
    1. apa prosedur yang harus saya siapkan untuk proses perceraian dan kira2 berapa biayanya ?
    2. apakah saya sendiri sebagai penggugat ( istri WNI ) bisa melakukan proses cerai sendiri sampai dengan selesai meski suami saya tidak bisa hadir dalam proses perceraian ?

    BalasHapus
  105. Bapak pengacara yang saya hormati

    saya pria berumur 23 tahu, saya ingin menikahi seorang wanita yang sudah berstatus janda tp belum resmi cerai secara pengadilan baru secara agama!yang ingin saya tanyakan adalah ::

    1. apakah bisa saya menikahi wanita itu resmi secara negara ( mendapatkan surat nikah), jika wanita itu belum memiliki surat cerai? tp ia sudah bercerai selama 4 tahun yang lalu, dan tidak diberi nafkah selama 2 tahun setelah ditalak!bagaimana caranya?

    Nb :: saya pernah dengar, saya bisa menikahi wanita itu rsemi secara negara, walaupun dia belum memiliki surat cerai, itu melalui BP4..

    Mohon bantuannya pak..
    Terima kasih..

    BalasHapus
  106. Utk Frieska Natali;
    1. Ada akta perkawinan asli, mbuat srt gugatan cerai dan mndaftarkannya dan ada saksi min 2 org. Utk biayanya, silahkan hub sy secara pribadi di 087 87 87 222 82 atau email ke latiefnas@gmail.com
    2. Bisa.

    Utk anonim tgl 4 Des;
    1. Sgt tidak mungkin, dia harus cerai dulu / hrs memegang akta cerainya dulu. Caranya adalah mengajukan/mndaftarkan gugatan cerai di pengadilan brwenang.

    BalasHapus
  107. dari Surabaya : anonim

    Saya perempuan dalam proses perceraian. Suami menggugat cerai di pengadilan agama Surabaya, dan tinggal ikrar talak saja. Tetapi sekarang dia ada di luar pulau. di Merauke. Disini hanya ada orang tuanya(ibu) sudah lanjut usia.Dia tidak punya saudara lg di surabaya. bagaimana prose ini dapat dilanjutkan secepatnya? Saya menanyakan ke pengadilan agama, katanya harus ke notaris dan diwakili oleh saudara suami saya. Padahal disini tidak ada saudara lagi(di surabaya) hanya ada ibunya yang sudah lanjut usia dan adiknya perempuan yang masih kuliah, sedangkan suami saya tidak bisa hadir karena masalah pekerjaan yang padat dan jauh di luar pulau. Apakah ada alternatif lain..atau jalan lain untuk mempercepat proses perceraian ini pak???terima kasih sebelumnya. Mohon bantuannya

    BalasHapus
  108. Sbenanrnya sdh tepat cara itu, bisa diwakili oleh salahsatu keluarganya.
    Jika tidak maka bisa pakai jasa pengacara.

    BalasHapus
  109. Kulo Nuwun Mas Azis,sebelumnya saya berikan Apresiasi Positif kepada Pemilik Blog ini karena telah membantu memberikan Informasi Hukum (Terutama Hukum Keluarga/Perceraian) kepada masyarakat yang awam Hukum. Perlu diketahui saya juga seorang Advokat di Bekasi, dan jika ada Klien di BEKASI yang membutuhkan Jasa saya terutama Perkara Perceraian bisa menghubungi sy di email : ronny_het@yahoo.co.id. Thx Mas Azis atas dimuatnya comment saya di Blog anda.

    BalasHapus
  110. Maturnuwun sami2x, senang dpt mbantu.

    BalasHapus
  111. Sekarang saya digugat cerai gan oleh istri saya (Pengadilan Negeri).
    Apabila diputus cerai oleh hakim, saya mo nanya bisa ga ane banding terus sampe pengadilan negeri lanjut ke Makamah Agung, apakah permhonan banding bisa ditolak?apakah prosesnya ribet dan makan biaya besar? apabila juga saksi2 yg diajukan pas sidang di pengadilan negeri udah sangat menguatkan istri ane (ortunya sendiri).saya ngaku saya ada salah juga ke istri saya (jarang nafkhain dan suka main perempuan dll)

    saya sengaja mo melama2kan proses dan mengambangkan status istri ane gan, karna saya berharap selama masih proses, istri saya bisa maafin saya..

    saya maju sendiri ke sidang, istri saya memakai jasa pengacara, skrg tahap sampai sidang jawaban dari saya

    BalasHapus
  112. Utk anonim tgl 15 Des;
    - Bisa banding, upaya hukum banding tetap akan diproses oleh majelih hakim pengadilan tinggi skitare 4-5 bulan [tetapi tdk ada sidang];
    - Tidak, hanya daftar biaya banding dan submit memori banding ke PN, skitar 700-800ribuan.
    Saran sy, cobalah banding, mudah2xan selama proses banding istri anda dpt memaafkan anda dan mncabut gugatannya.

    BalasHapus
  113. assalamu'alaikum wr wb
    selamat malam pak..

    sy aikah dri makassar..
    saya mau bertanya...
    sekitar 5 bulan lalu..setelah beberapa kali panggilan sidang dri PA...saya mendapatkan surat dri PA yg memuat ttg rencana pembacaan ikrar talak oleh suami/mantan suami saya berdasarkan verstek..
    yg ingin saya tanyakan..mengapa sampai saat ini saya belm mendapatkan akta cerai??saya saat ingin ada ejelasan mengenai status pernikahan saya..apa yg harus saya lakukan??apakah saya sudah resmi bercerai??

    saya sangat membutuhkan bantuan bapak...
    terima kasih...

    BalasHapus
  114. Utk abu Aikah;
    - anda harus urus/ambil sndiri akta cerai nya di PA bu;
    - anda harus ke PA dimana tempat proses perkara perceraiannya itu, temui panitra nya lalu baru bisa penerimaan akta cerainya;
    - jika sdh ikrar maka sdh resmi cerai bu.

    BalasHapus
  115. assalamualaikum
    salam sejahtera pak pengacara
    saya seoarang suami yang kebetulan berada di luar negri(TKI)yang sudah 3thn 6bulan
    beberapa waktu yg lalu(1bulan) istri saya tiba2 minta cerai dengan saya?yg mana sseminggu sebelumnya kami masih baik2 saja dan tidak ada pertengkaran/perselisihan sama sekali?
    bahkan komunikasi kami lancar2 aja?
    dan saya kaget bukan kepalang,terus terang sy masih CINTA sama dia pak,
    tanya demi tanya saya ajukan ternyata hanya masalah sakit hati dengan keluarga saya,bukan dengan saya?
    kemudia semalampun dia telepon yg intinya minta cerai,saya pun masih belum terima alasan dia,dan berusaha menyakinkan dan mempertahankannya?tapi dia masih bersih keras u/berpisah tanpa mempedulikan anak juga perasaan saya,sampai2 dia bilang
    *AYAH BISA GA BISA HARUS SLESAIKAN INI(PERCERAIAN)DALAM WAKTU 1SAMPAI2 BULAN TITIK!!KALUA TIDAK LIAT AJA
    *APA PERLU SAYA YG URUSIN(SURAT CERAI)DARI SINI?
    pertanyaan saya?
    1.apakah tanpa saya pulang?istri saya dapat putusan cerai dari KUA/pengadilan setempat?
    2.apakah tanpa ijin(tanda tangan)saya dia bisa nikah lagi?
    3.u/hak asuh anak apakah bisa saya ambil alih sepenuhnya?
    4.andai kata istri saya mengajukan gugatan CERAI itu dengan dalih bahwa saya ada di rumah bukan di Perantauan (LN)bisa di kabulkan oleh pengadilan/KUA setempat?
    5.SAYA harus bagaimana.....
    TRIMAKASIH Atas saran yg akan di berikan pada saya?
    salam hormat selalu dari saya?
    NB:*saya masih terikat kontrak 1tahun lagi
    *saya juga masih cinta dengan DIA(karena buah HATI kami)

    BalasHapus
  116. mohon maaf pak pengacara
    dari pertanyaan saya di atas(22/12/11)
    kok ga ada jawaban ya?
    mohon petujuknya pak pengacara
    trims's

    BalasHapus
  117. Utk anonim tgl 22 Des
    1. Bisa;
    2. Proses cerai di pengadilan itu tidaklah memerlukan prsetujuan dan ttd suami;
    3. Umumnya hak asuh dipegang oleh sang ibu, kecuali jika dia berzinah;
    4. Bisa asal tak ketauan, tp dia bisa sgt berbahaya krn membohongi pengadilan;
    5. Usahakan tahan sampai anda balik ke Indonesia.

    Utk anaonim tgl 23 Des
    Pertanyaannya apa ya, maaf krn traffic email dan blog yg sgt-sgt tinggi, mbuat kami sering tak sempat mbaca kolom2x sebelumnya. Jika memang prtanyaan anda byk maka kami sarankan kirim email ke konsultasiperceraian@gmail.com
    Terimakasih.

    BalasHapus
  118. yth Bp.Pengacara, sy ibu rumah tangga,19 th menikah dan punya 3 anak. kasusnya suami sdh 2x selingkuh &yg ke 2 malah sdh nikah siri & saat ini sdg hamil, sy sudah minta cerai suami tp dia tdk mau menceraikan sy, sy mau masuk ke jalur hukum saja,krn sdh tidak ada ketenangan hidup & terus bertengkar, pertanyaan sy, apakah gugatan sy di PA nanti akan dikabulkan ? mengingat suami msh memberikan nafkah utk kami, tp jika gugatan sy dikabulkan suami tdk akan memberikan nafkah untuk anak2 kami, mohn solusinya

    BalasHapus
  119. - bisa, asalkan dlm srt gugatannya nanti mncantumkan alasan cerai yg jelas dan kuat, ada bukunikah asli, dan saksi min 2 org.

    BalasHapus
  120. yth P. pengacara, saya udh mengugat cerai suami saya, dan sudah sampai sidang kesimpulan, sidang terakhir saya udh mengahdirkan saksi yaitu orang tua saya (ayah dan ibu) dan tergugat tidak menghadirkan sama sekali, pada awalnya dia tidak setuju tapi 2 sidang terakhir dia sudah setuju cerai.
    anehya suami saya diperbolehkan melalu lisan (sidang jawaban) karena dia tidak memakai jasa lawyer, dan tidak ada sidang replik maupun duplik, pas sidang jawaban , pengacara saya langsung menhadirkan saksi ortu saya. jadi proses sidang berjalan singkat, pemeriksaan berkas, mediasi 2 x, jawaban, kesimpulan dan minggu depan putusan
    , apakah bakal dikabulin gugatan cerai saya, dimana hakim setiap sidang selalu bicara kalo tidak setiap gugatan akan dikabulkan bla2 dan kalo ada putusan tidak sesuai silahkan untuk banding.....
    dan hak asuh bakal jatuh di siapa , kami punya anak 5 tahun , skrg diurus keluarga dia, karena dari awal kami tinggal sama mertua, dan anak sy ditahan oleh keluarga mereka.

    BalasHapus
  121. - Jawaban memang bisa secara lisan;
    - Sbaiknya anda mngadakan replik;
    - Jika replik ditiadakan maka masuk akal jika tdk diadakan duplik;
    - Gugatan cerai dpt dikabulkan jika mnurut hakim cukup bukti dan saksi;
    - Hak asuh anak kmungkinan besar akan anda dpt kan.

    BalasHapus
  122. ass wr wb..

    pak saya istri tinggal diluar Jawa, suami di Jawa..bisa tidak menngunggat cerai diPengadilan agama domisili saya sekarang?

    BalasHapus
  123. Bisa. PA brwenang adalah PA sesuai wilayah domisili saat ini si ibu.

    BalasHapus
  124. Yth. Bp Pengacara,

    Sahabat saya mengalami kdrt, dan ia ingin cerai. Ia sekarang hidup di luar pulau, terpisah dengan suaminya.
    Yg sekarang ia bingungkan, ktp nya sudah habis masa berlaku, sedangkan ktp nya dibawa oleh suami dan tidak mau dikembalikan sama sekali.
    Ingin buat ktp baru jg tidak bisa krn ketat. Sedangkan untuk mengurus surat cerai, butuh ktp tsb. Bagaimana sebaiknya pak?
    akte nikah dan akte lahir anaknya ada di sahabat saya.
    untuk minta bantuan lembaga hukumpun, ia tidak ada biaya.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg trpenting dlm pngajuan perkara cerai adalah akta/buku nikah asli. Utk KTP bisa diganti dgn srt pnjelasan domisili dari RT atau Kelurahan setempat. Utk berperkara bisa secara gratis dgn cara trlebih dahulu mbuat srt tidak mampu di ktr Kelurahan dimana ia tinggal. Lalu kasih ke pengadilan.

      Hapus
  125. Yth. Bpk Pengacara

    teman saya (LK) sudah pisah dgn istrinya dari 6thn yg lalu dan sang istri tdk dnafkahi. tp smpai skrang blm pnya akta cerai karna alasan akta nikah mreka dlu Aspal ( di KUA trdaftar,tp di dinas kependudukan status mreka blm kawin ). Lalu bgmna cara/ syarat agar bs mngurus akta cerai yg asli??? thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datangani KUA nya, proses bukunikah yg asli, jika tdk bisa maka dpt dikatakan pernikahannya itu tdk syah.

      Hapus
    2. tapi kan di KUA terdaftar pak pernikahan mreka? skrang yg LK mau urus cerai tapi buku nikah dua2 nya dtahan si istri.menurut bapak langkah apa yg hrus di ambil si LK???
      Mohon petunjuknya pak, trms.....

      Hapus
    3. mohon dblas pak.....thx

      Hapus
  126. Pak Pengacara, saya mau nanya:
    Saya ingin menikahi seorang manita tetapi statusnya masih belum bercerai. Sebelumnya dia menikah siri dan sudah sekitar 2 tahun ditinggalkan suaminya tanpa kejelasan. Dia ingin bercerai tp alamat suami sekarang juga diketahui... Saya bingung sekali apakah saya bisa langsung menikahinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nikah siri maka tak perlu cerai di pengadilan pak krn prnikahannya trsebut juga tdk dicatat dan tdk diakui negara.

      Hapus
  127. Assalamualikum Pak
    Saya ingin bertanya...saya seorang suami yang di hianati istri saya sampai ke perZinahan dan dia telah mengakuinya melakukan perZinahan itu sudah 7X, dan saya ada bukti berupa SMS, kemudian orang tuanya malah membela dan melindungi istri saya..sampai2 orang tuanya menyuruh ke saya untuk menceraikan istri saya...dan orang tuanya juga menutupi Aib anaknya dengan mempersalahkan saya dengan alasan2 yang tidak rasional

    saya sudah tida menyukainya, pertengkaran sering terjadi pasca Perzinahan istri saya terungkap
    saya menanyakan ke istri saya dan katanya dia juga mau di ceraikan

    1. apakah saya berhak menceraikan istri saya ?
    2. bagaimana kalau istri saya dan saksi2nya suatu saat tidak akan menghadiri persidangan...apakah putusan hakim tetap jatuh (tetap cerai)
    3. kalau istri saya mau di ceraikan...apakah proses di PA akan lama ?

    terima kasih sebelumnya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong di balas donk pak....


      ..terima kasih...

      Hapus
    2. 1. Sgt berhak;
      2. Maka proses cerai dpt tetap berlangsung. Proses cerai di pengadilan itu tdk memerlukan prsetujuan dan ttd istri, yg trpenting dlm proses sidang cerai adalah kekuatan atas bukti2x dan saksi2x penggugat;
      3. Justru bisa lebih cepat pak, utk caranya, silahkan hub sy di 087 87 87 222 82.

      Hapus
    3. Terima kasih pak... Insya Allah saya hubungi Bapak untuk konsul lebih lanjut...saya seorang PNS pak, sekarang masih dalam proses hirarkhi untuk bisa mendapatkan persetujuan tertulis dari pejabat (walikota)
      kalau sudah di PA saya hubungi Bapak

      Hapus
  128. Barusan kakak saya selesai sidang putusan perceraian dgn suaminya.. di sini sesudah keputusan dari hakim ternyata "Tidak dikabulkan " masalah perceraian ini... Padahal di sidang tergugat tidak menghadirkan saksi atau bukti apapun sama sekali dan kakak ane (pengugat) menghadirkan kedua saksi ortu ane yg pada kesaksiannya membenarkan dalam pernikahan ini sering cekcok dan masalah tidak menafkahin...
    Dan lbh konyolnya kakak saya (Pengugat) mengunakan jasa pengacara dan tergugat tidak. Tapi tergugat tiap sidang hadir dan membantah semua alibi di sidang..tetapi tanpa saksi sama sekali

    Maka dari ini kakak ane bertekad buat banding, yg mau ane tanyakan setelah memori banding udah dibuat, apabila tergugat tidak membuat kontra memori banding, karna tergugat tidak mengunakan jasa pengacara, apakah tetap akan dijatuhin putusan oleh PT..

    Ini benar2 putusan yg tidak fair oleh hakim..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pd prinsipnya bagi si pmbanding dan trbanding tdk lah wajib mbuat dan men-submit mem banding dan kontra mem banding. Krn di PT nanti si majelis hakim tetap memeriksa berks2x prkara yg dari pengadilan tingkat prtama. Jadi dari prtanyaan anda, jika si trbanding tdk mnyerahkan kontra mem banding maka PT tetap akan mnjatuhkan putusan bandingnya.

      Hapus
  129. ada hal yg ingin saya tanyakan.
    Bisakan membuat akta nikah lagi apabila salah satu pasangan masih dalam status pernikahan.Tetapi pasangan yg telah menikah tersebut KTP nya masih belum kawin dan status KK nya masih ikut orang tua( belum kawin). dan pembuatan akta nikah dilakukan di kota lain, dimana tidak terdaftar di catatan sipil kota tersebut.
    Misalkan A dan B , Si B sudah menikah di kota Bandung , Status KTP belum kawin KK ikut ortu(belum kawin)
    Dan si A memiliki KTP lampung dan KK Lampung (belum kawin), dan dilakukan pembuatan akta nikah lagi di kota Lampung dengan KTP, KK si B (Bandung dgn status belum nikah)
    Bisakah dilakukan demikian? Karna Suami si A jga udah pisah lama dan tidak ada kabarnya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara UU maka jika seorang yg blm cerai secara syah maka ia pun tdk diperbolehkan mnikah lagi [kcuali ia dpt izin dari istri pertanya atau berzinah]. Pada intinya jika ingin mnikah lg maka ia harus cerai dulu secara syah di pengadilan brwenang.

      Hapus
  130. Saya ingin menggugat cerai istri saya dengan alasan krn saya sdh tdk sayang lg dng istri saya karena akumulasi perasaan kekecewaan saya selama 11 th menikah spt dilecehkan, tdk dihargai sbg suami,menyindir yg akhirnya sering ribut2 hanya masalah kecil. Pd saat perasaan kekecewaan ini sy rasakan saya akhir beralih ke perempuan lain, dan hubungan ini akhir ketahuan oleh istri.
    Awalnya saya yg mau menggugat cerai dia, kemudian dia berubah lagi cerai karena kesepakatan bersama. Terakhir dia berubah lagi tdiak mau bercerai.
    Dan hubungan saya dng wanita lain masih berlangsung dan istri tau hal itu. oya istri kerja di bank swasta dan saya wiraswasta.
    Saya bingung jika saya menggugat istri apa yang menjadi alasannya,karena dari keluarga besar saya dan istri sama tdk mendukung untuk cerai. Dan saksi jika kami cekcok jg tdk ada, saksi yg bisa mendukung gugatan saya tidak ada. Tapi jika saya dan tidak cerai saya merasa kedepannya tidak baik bagi kejiwaan saya, saya akan semakin stress.
    Kemudian jika kami benar2 bercerai, bagaimana sih hak harta atas anak kami, apa yg harus anak kami terima.
    Mohon penjelasannya...trima kasih

    Budi-Yogyakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seorang pgugat tdk bisa ajukan cerai dgn alasan sdh tdk cinta/tdk syg lg. Jika hub kel anda sdh tdk harmonis dan memang sering trjadi prselisihan terus menerus yg sulit didamaikan, maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai dlm srt gug cerai.
      Anak anda blm dewasa dan jika ortunya cerai maka sbtulnya anak blm ada hak utk harta bersama. Anak hanya mndapat hak dinafkahi dari sang ayah. Kecuali jika ortu nya meninggal, barulah si anak mndapatkan hak dari harta ortu.

      Hapus
  131. saya masih dalam proses perceraian. lama karena proses banding dan kasaasi hak asuh anak. Akan tetapi, kalo perceraian ke 2 belah pihak sudah sama2 setuju.

    Akan tetapi, akte cerai ga bisa turun karena turunnya bareng hak asuh anak. karena gugatannya bareng masuknya.

    pertanyaannya : bisa tidak saya (laki2) menikah lagi? mengingat proses cukup lama.
    ada saran meminta surat dari pengadilan yang menerangkan kalo masih dalam proses perceraian, agar bisa menikah lagi.
    itu bagaimana hukumnya pak?

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para pihak blm bs mnikah lg secara negara jika blm pd trima akta cerai [kcuali nikah siri].

      Hapus
    2. apa ada keringanan jika memakai surat dari pengadilan pak?

      Hapus
    3. Pihak pengadilan tdk mungkin mngeluarkan srt keterangan sperti itu pak.

      Hapus
    4. ya kalau memang sudah ingin cepat cepat menikah, kenapa harus banding. seharusnya sejak di putus kan nya keputusan hakim, ada waktu tunggu 14 hari, anda tunggu saja sampai surat cerai itu keluar, dan anda bisa menikah lagi

      Hapus
  132. Salam Pak Pengacara,

    Saya perempuan muslim, sudah menikah dengan suami selama 4 tahun dan dikaruniai seorang anak.Saya ingin mengajukan ceria dengan alasan sbb:
    1. Dari awal landasan pernikahan kami menurut saya tidak kuat, karena kami belum mengenal satu sama lain dengan baik. Tetapi karena kami sempat melakukan hubungan fisik terlampau jauh, karena takut tidak suci dan kenaivan saya yang waktu itu masih sangat belia, saya setuju saja waktu dia ajak saya nikah. Saya merasa bahwa dia mengeksploitasi rasa bersalah saya agar saya mau langsung diajak nikah.
    2. Dari awal pernikahan kami tidak perah tinggal bersama lebih dari 2 bulan karena kami belajar dan bekerja di kota yang berbeda. Kami tidak berusaha mengenal satu sama lain lebih baik dan malah sibuk dengan aktivitas masing2. Pada awalnya semua terlihat baik2 saja, saya berusaha untuk mencintai suami saya. Tetapi karena jarak lama kelamaan komunikasi kami merenggang, dan sampai sekarang saya tidak ada perasaan respek atau cinta pada suami, meskipun suami tidak pernah berbuat kasar.
    3. Perbedaan prinsip kami terlihat dari awal pernikahan. Kami pernah bertengkar hebat di awal2 pernikahan karena perbedaan prinsip hidup dan cita2.Saya cenderung ambisius dan ingin mandiri sedangkan dia tidak mau keluar dari zona nyaman keluarganya. Memang terkesan arogan, tetapi saya tidak bisa menghargai sikapnya yang sangat tergantung dengan keluarga tidak hanya secara emosional tetapi juga finansial. Karir saya menuntut saya untuk selalu mobile lintas negara sedangkan suami ingin menetap di satu tempat.Keluarganya pun intervensi dengan melarang dia dan anak saya untuk ikut saya.
    4. Pernikahan kami tidak lebih dari hubungan instutiusional, sudah tidak ada esensi.Bahkan secara fisik kami sudah hidup berjauhan 1 tahun terakhir.
    5. Ada satu hal yang menjadi masalah buat saya. beberapa bulan lalu, saya n mengajak suami berdialog secara terbuka karena saya ingin bercerai baik2. Dia menyangkal alasan saya meminta cerai dan berfikir bahwa pernikahn kami 'baik2 saja'. Padahal kami sebenarnya sering bertengkar tetapi karena suami cenderung submisif dia selalu menyerah dan 'berpura-pura' sekan-akan tidak ada masalah. Sampai akhirnya saya kesal dan berpura2 bahwa saya selingkuh semata2 agar dia mau menceraikan saya.Saya sudah tidak tahan lagi. Saya tidak mau terjebak seumur hidup dengan orang yang tidak saya inginkan dan mengorbankan kesempatan saya karena keluarganya memaksa saya untuk 'nurut' dengan suami.

    Menutut bapak, apakah alasan di atas cukup untuk menggugat cerai? Apakah kebodohan saya yang pura2 selingluh (baca: zinah)dan fakta bahwa saya sudah terpisah dengan anak saya selama 1 tahun (sekarang usianya 1,5 th) bisa dijadikan senjata untuk menjatuhkan saya dlm perebutan hak asuh?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya utk mngajukan gugatan cerai tdk lah memerlukan prsetujuan dan ttd suami. Namun cara anda utk cerai dgn alasan selingkiuh maka cara itu salah krn pihak yg bersalah [brselingkuh] tdk bisa mnjadi penggugat dlm perkara pceraian.
      Pada intinya, jika hub kel anda sdh tdk harmonis dan benar2x sdh tdk bs diperbaiki maka hal itu sdh dpt dijadikan alasan cerai dlm gugatan cerai.

      Hapus
  133. Maaf, ada satu hal lagi. Suami pernah mengancam untuk menyakiti dirinya sendiri jika saya minta cerai. Dia juga pernah mengancam untuk merebut hak asuh anak kami tetapi kemudian mencampakkan dia dengan harapan agar saya tersiksa melihat anak saya disia-siakan sedangkan saya tidak berdaya karena tdk punya hak asuh.
    Apa fakta ini (meskipun tdk ada bukti tangible) bisa membantu saya di pengadilan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa saja. Namun tetap, sbiaknya mengkedepankan masalah utamanya yakni ketidakharmonisan dlm berumah tangga.

      Hapus
  134. salam pak pengacara.,

    Saya sudah cerai dg mantan istri saya 3thn,, dan hak asuh anak saya ada d tangan istri saya,, tp sejk stahun yg lalu janda sy sdh mnikah lg dan skrg sudah mempunyai seorang anak,, yg jd mslh saya adalah anak saya sekarang di asuh sm orang tua janda saya itu,, yg saya mau tanyakan pak apakah bisa saya ambil hak asuh anak saya dan kalau bs,, bagaimana caranya,,??? Usia anak saya sekarang 6,5thn, tolong pak beri saya masukan tuk memecahkan mslh ini, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa, caranya, anda hrs ajukan gugatan hak asuh anak ke pengadilan brwenang namun harus dgn adanya bukti dan saksi ttg bhwa anak itu tdk diasuh oleh orangtua kandungnya [ibunya].

      Hapus
  135. Selamat Siang pak pengacara,

    Saya sedang menunggu jadwal sidang pertama gugatan perceraian dari istri saya. Tapi pada saat sama2 meunggu hari sidang, kami melakukan hubungan sebagaimana layaknya seorang suami dan istri. Apakah hal tersebut menjadikan gugata perceraian yang diajukan menjadi batal?

    BalasHapus
  136. Tidak juga, pada prinsipnya utk prceraian itu kuncinya di saksi-saksi, jika para saksi dpt mberikan keterangan yg kuat ttg alasan cerai anda maka umumnya dikabulkan tuntuttan cerainya.
    Namun diluar itu smua, secara pribadi sy mnghimbau anda utk tdk mudah memutuskan cerai apalagi spertinya masih ada rasa syg diantara kalian, cobalah pergi ke konsultan prkawinan dulu drpd ke pengadilan.

    BalasHapus
  137. selamat siang..pak!

    kami ber dua non muslim, kami sepakat mengakhiri perkawinan kami,kemudian kami membuat surat keputusan kesepakatan berpisah yg kita tanda tangani ber dua dengan materi yg isinya adalah gugatan perceraian dimana saya sebagai pihak tergugat dan istri sbg penggugat, kemudian istri saya menggunakan biro jasa untuk mengurus perceraian kami, dan tidak memakan waktu yang lama sekitar satu bulan sudah keluar akta perceraian kami yang dikeluarkan oleh kantor catatn sipil Jakarta Timur tanpa melalui proses di pengadilan sementara kami tercatat sebagai penduduk Tangerang Selatan, kami tinggal di BSD, yang ingin kami tanyakan adalah :
    1. apakah perceraian kami sudah sah dan legal? tanpa melewati proses pengadilan (karena kami ber dua sudah sepakat berpisah seperti di katakan oleh biro jasa yg mengurus perceraian kami)?
    2. apakah pihak kantor catatan sipil jakarta Timur berhak memgeluarkan akta perceraian kami sementara kami berdomisili di Tangerang Selatan (akta perkawinan kami dikeluarkan oleh kantor catatan sipil di solo)

    BalasHapus
  138. 1. Proses cerai wajib mlalui proses persidangan di pengadilan sampai keluar akta cerai;
    2. Akta cerai dikeluarkan oleh ktr capil wilayah pengadilannya.

    BalasHapus
  139. pak,saya kristen sudah mengajukan perceraian ke PN,tp gugatannya ditolak oleh PN,padahal secara saksi lebih kuat saya(sahabat&ortu yg jd saksi),sedangkan dr pihaknya 2 org dr gereja semua yg notabene baru lihat saya di ruang sidang.kasus saya padahal saya yg selingkuh,krn istri tdk mau gugat cerai dg alasan tidak boleh di Alkitab.saya sudah 1,5th ini pisah rumah&tdk ada usaha dr dia untuk rujuk,berkunjung ke rumah kontrakan saya jg tdk pernah.apa yang hrs saya lakukan?karena status saya digantung oleh dia sampai sekarang ini.sedangkan saya sdh tdk cinta/sayang lg ke dia,saya cinta&sayang hanya ke pasangan yg sekarang&saya ingin menikah dengan dia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh pengalaman sy, memanglah benar bahwa jika alasan cerainya adalah krn anda berselingkuh maka alasan itu tdk bs dijadikan alasan cerai. Pihak yg 'bersalah' tdk bisa menjadi penggugat.
      Namun, jika hub kel anda sdh benar2x tdk harmonis dan sering terjadi percekcokan maka hal itu barulah bisa dijadikan alasan cerai. Silahkan hub sy utk informasi lebih lanjutnya ya pak [hp: 0878787 22282, Latif sh].

      Hapus
    2. untuk pengajuan gugatan cerai,saya tidak ada singgung masalah perselingkuhan ini krn tdk mau pasangan saya dibawa2...jd alasannya krn sdh tdk dpt dipertahankan lagi&sering terjadi percekcokan..

      Hapus
    3. perlu ditambahkan..istri jg mengetahui masalah perselingkuhan ini..tp anehnya dia tdk mau dicerai,hanya dg landasan Alkitab..padahal kasus perceraian secara kristen/katholik pun byk..

      Hapus
    4. Jika demikian maka prediksi sy, dalil2x alasan cerai anda kurang kuat, atau mngkin juga bukti2x dan saksi2xnya pun kurang kuat. Krn bukti2x dan saksi2x merupakan faktor kunci utk keberhasilan sidang. Mnurut sy, tdk ada salahnya coba utk pakai jasa pengacara.

      Hapus
    5. untuk memakai jasa pengacara,saya bingung masalah biayanya..krn saya msh ada kebutuhan lainnya..kontrakan rmh sebentar lg habis waktunya,kredit motor,kebutuhan sehari2,sedangkan gaji saya tdk besar..

      Hapus
    6. Tidak wajib pakai jasa pengacara, bisa juga datangi pengacara di lembaga bantuan hukum [tidak dikenakan biaya], cobalah diskusi ttg masalah anda, ttg dalil-dalil dalam gugatan cerai, dgn dmikian anda pasti akan mendapat pencerahan yg lebih dalam.

      Hapus
  140. Pak, saya ingin mengajukan gugat cerai ke suami dg alasan suami jarang memberi nafkah batin selama 15 tahun pernikahan kami, bahkan 5thn terakhir tdk pernah. saya mau hak asuh anak kami (usia 4thn) jatuh ke tangan saya. Masalahnya saya sudah mengaku ke suami kalau saya pernah berselingkuh, jadi suami menerima gugatan saya tapi dia yg pegang hak asuh anak. Bisakah saya mendapatkan hak asuh anak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika terbukti selingkuh dan/atau berzinah maka sang bapak bs dapatkan hak asuh anak.

      Hapus
  141. ohya, saya punya anak itu juga dari hasil medis (bayi tabung), bukan dari hub suami istri. kami benar2tidak pernah melakukan hub suami istri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran sy, cobalah ajak suami anda bicara dari hati ke hati, kasih pengertian bahwa anak masih balita dan memerlukan perhatian lebih sang ibu, atau setidak2xnya hak asuh anak secara bersama-sama.

      Hapus
  142. mau nanya pak, klo pria ingin menikah tapi poroses sidag masih berlanjut apakah bisa...?karna wanitanya sering banding jadi terlalu lama untuk menunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mnikah secara siri, bisa, selain dari itu, tdk bisa.

      Hapus
  143. Salam pak,

    Sdh 1,5 thn saya meninggalkan anak istri karena "diusir" tanpa diijinkan membawa apapun termasuk berkas2 data pribadi.

    Pada saat itu mereka bilang akan segera mengurus proses perceraian, tetapi hingga saat ini belum ada tindak lanjut. Bahkan mereka justru malah meminta saya untuk segera memproses gugatan cerai.

    Saya ingin segera mengajukan gugatan cerai tetapi masalahnya saat ini saya sama sekali tidak punya berkas2 data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan (akte nikah dsb) Karena mereka (pihak istri) ngotot tidak mau memberikannya pada saya.

    Karena kondisi yang demikian saya ingin menggunakan jasa pengacara untuk proses gugatan cerai, apakah ada kemungkinan berhasil?

    Terimakasih atas tanggapannnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diketahui pernikahan kami secara Katolik. Tetapi saya hanya akan mengajukan gugatan cerai secara hukum negara di pengadilan negeri. Untuk proses di Gereja Katolik pihak Gereja yang akan menyelesaikannya.

      Hapus
    2. Silahkan hub sy secara pribadi ya pak, bisa mlalui email latiefnas@gmail.com atau hp: 087878722282.

      Hapus
  144. saya Muslim, ingin mngajukan gugatan cerai ke suami.
    domisili saya sesuai KTP di kalimantan. tapi sudah 1 minggu saya pulang ke rumah orangtua di Jawa.
    Ke PA mana saya bisa mngajukan gugatan?
    Bisakah mngajukan di PA Jawa?

    BalasHapus
  145. Bisa, sesuai UU dikatakan bhwa PA brwnang adalh PA sesuai wilayah domisili "saat ini" si istri.

    BalasHapus
  146. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  147. mlem,,
    sya mau tnya ,istri saya mengajukan cerai karena selama ini kami selalu berselisih pendapat,,dan selama 3 bulan kami pisah rmah dan sya sdah tidak menfkahinya lg, apakh d dalam persidangan nanti sang istri berhak meminta ganti rugi karena sya sdh tidk menfkahi selma tersebut,,
    trimak ksih,

    BalasHapus
  148. Si istri memang dapat memintanya, dinamakan nafkah terhutang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ap ad aturan"tntang nafkh terhutang...dlam arti satu bulan hrus ganti rugi segini,.,lok 2 blan segituu,.,.
      pdhal bknny sya sdh tdak mau mnafkahi,,tp sya cman jg harga diri ,,jd ya g pernah njenguk n nafkahi dia,,tp lok dia mint pasti aq ksihh,.cman diany mungkn sdh bungkm,,gmn itu pak,,,???

      Hapus
  149. Berapa lamakah boleh bercerai setelah menikah, bagi non muslim.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tdk ada aturan/pasal ttg batas wkt itu, pd intinya jika memang hub keluarga sdh tdk harmonis dan sering trjadi perselisihan terus menerus yg tdk bs didamaikan lg maka hal itu sdh bisa dijadikan alasan cerai dlm srt gugatan cerai.

      Hapus
  150. Pak, menurut hukum islam, apabila selama pernikahan si suami tidak pernah memberi nafkah batin (tdk/jarang melakukan hub suami istri), sdgkn kebutuhan finansial terpenuhi, bisakah saya mengajukan gugatan cerai kpd suami?. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut sy, bisa, oleh sebab itu dinamakan "nafkah" batin, jadi merupakan sesuatu yg hak dan kewajiban yg dipenuhi.

      Hapus
  151. Yg terhormat bapak pengacara.

    Saya laki2 menikah dgn mantan saya(A),Dari Awal saya tidak mau menikah dgn si A krn saya sudah serius berhubungan dgn wanita lain,,
    pernikahan diawali dgn desakan orang tua si A kepada keluarga saya,minta pertanggung jawaban kepada saya krn saya pernah berhubungan badan dgn si A,dgn perjanjian status saja,akhirnya pacar saya mengizinkan saya untuk bertanggung jawab sama A,krn orang tua saya janji bantu saya ngurus masalah ini.tp dlm sebulan sebelum menikah perjanjian berubah-ubah,dr awal status saja(KUA saja),lalu berubah(undang2 saudara saja),sampai akhirnya pernikahan normal(layak),semua keluarga A yg nanggung,surat2pun saya tidak mengurusnya..
    Setelah menikah,saya minta bantuan keluarga saya,tp tidak di dengar,saya tagih janji keluarga si A,mereka malah bilang jalani saja,
    Saya tidak bisa pak,tolong saya,krn saya dr awalnya tidak mau,oia,dr awal pernikahan saya belum melakukan hubungan badan dgn si A,saya tinggal dirumah keluarga si A,
    Mohon bantuanya pak,tolong jawab secepatnya ya pak,
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf, sy blm bisa bantu utk masalah tersebut, forum ini difokuskan utk pihak2x yg kesulitan dlm proses cerai.
      Jika maksud anda , anda ingin cerai maka pd prinsipnya jika hub keluarga sdh benar2x tdk harmonis maka hal itu sdh bs dijadikan alasan cerai dlm srt gugatan cerai.
      3 hal penting dlm proses cerai di pengadilan adalah: mbuat dan mndaftarkan srt gugatan cerai ke pengadilan brwenang, ada akta/bukunikah dan saksi minimal 2 org.

      Hapus
    2. prosesnya lama tidak ya pak??? Lalu alasan seperti ini di terima tidak sama PA???

      Hapus
    3. Bisa skitar 3-4 bulan.
      Pada prinsipnya, jika hub keluarga sdh benar-benar tdk diharmonis, maka hal itu sdh bisa dijadikan alasan cerai dlm srt gugatan, namun tetaplah yg trpenting selama proses persidangan adalah bukti2x dan saksi2x yg mndukung alasan cerainya.

      Hapus
  152. Yang terhormat Bpak Pengacara
    saya mo tanya neh pak...saya pernh menikah dgn seorg pria tmpa restu org tua saya...selama 1 tahun namun tdk tinggal bersama...karena org tua saya tdk tau.tp stlah stahun pernkahn pria trsebut mentalaq 3 saya..kemudian pergi mnngalkan saya entah kmn..yg ingin saya tanyakn sya ingin mengajukan gugatan cerai trhadap pria tersbut...tp apakah bsa sya mngajukan cerai tpi foto saya dbku nikah sudah dcopot dan dsobek2 dia ketika kami berantam sedngkan buku nikahnya dia bakar...cm buku nikah saya aja yg bsa sya ambil tp cuma ada foto dia...apakah bisa saya mengajukan perceraian saya dpengadilan...tmpa foto saya dbuku nikah tersebut?kpda bpk pengacara Mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa bu yg penting bukunikah aslinya masih ada, nanti di persidangan anda jelaskan saja kpd hakim mengapa foto anda smpai tdk ada.

      Hapus
    2. Pak pengacara yang terhormat....
      saya seorang suami yang sudah berpisah rumah selama 6 thn dan tdk memberi nafkah lahir batin istri saya. saya berniat menceraikannya karena dia meninggalkan saya saat saya susah/tdk bekerja dlu. tapi saat saya berniat mngurus perceraian trsbt,trnyata saya baru tau kalo akta nikah kami palsu (saya tidak tahu siapa yang memalsukannya). lalu apa kami bisa mngurus perceraian kami mngingat akta nikah kami saja palsu?
      terima kasih......

      Hapus
  153. Yth Bapak Pengacara,
    Saya seorang PNS satu instansi dengan suami, saya ingin mengajukan permohonan cerai dengan alasasn sbb:
    1. Saya sudah tidak bisa menaruh kepercayaan suami yg suka berbohong, dan kedapatan selingkuh dngan teman saya sendiri dan suami pun telah mengakuinya dan suami pun telah membuat surat prnyataan hitam diatas putih untuk tidak berhubungan lagi dengan wanita tersebut, tapi ternyata mereka masih berhubungan, apakah bukti surat pernyataan tersebut sudah bisa membuktikan bahwa suami saya telah berselingkuh dan apakah surat tersebut mempunyai kekuatan untuk saya dapat mengajukan gugatan cerai sehingga hak asuh anak bisa jatuh ketangan saya?
    2. Anak kami yg 1 belum mempunyai akta lahir krn penetapan dari pengadilan masih terkendala (krn pengurusan akta lebih dari 40 hr masa kelahiran),
    3. KTP dan KK keluarga kami ada di kota A dan kami menikah dikota B, dimanakah sebaiknya saya mendaftarkan gugatan perceraian?apakah bisa di kota B?
    4. Suami pernah berkata “Kita Cerai” dalam keadaan emosi dan 3 hari kemudian dia mengatakan menyesal telah mengatakan hal tersebut, apakah suami saya telah mentalak saya n apakah hubungan kami selanjutnya dikatakan “berzinah”
    Mohon penjelasannya terima kasih..
    5. Kami beragama islam pak, trims..

    BalasHapus
  154. 1. Bisa;
    2. Tetap bisak
    3. Jika mnikah secaa agama Islam maka di PA wilayah domisili saat ini si istri;
    4. Tidak;
    5. Ok.

    BalasHapus
  155. YTH bapak,
    apakah ketidak cintaan seorang isteri setelah kurang lbih 12 tahun berrumah tangga bisa dijadikan alasan untuk pengajuan gugatan ke pengadilan agama???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau alasan cerainya hanya krn itu maka tdk bisa. Alasan cerai bisa diliat di pasal 116 Kompilasi Hukum Islam.

      Hapus
    2. kalau misalnya, dari rasa tidak sukanya isteri kepada saya suami, menimbulkan beberapa perselisihan yang berkepanjangan, yang justru menjadikan adanya ketidak terusterangan masing2, apakah bisa dijadikan alasan untuk pengajuan gugatan ke pengadilan??

      Hapus
    3. Tidak sukanya itu harus dijelaskan sebab-musababnya.

      Hapus
  156. selamat malam pak pengacara.
    salam kenal dari saya suami (28th)saya seorang anggota polisidan mempunyai anak 1 perempuan.saya ada permasalahan keluarga yg berujung cerai.
    permasalahannya:
    1. tidak ada lagi unsur kecocokan/keharmonisan dlm rumah tangga
    2. sering melawan saya, ketika dinasehatin sering melawan,dan susah diatur. apabila keinginannya tdk dituruti saya tdk dimasakan berhari-hari.klo saya pulang dinas telat sering tdk dibukakan pintu.yang ujung-ujungnya terjadi pertengkaran.
    3. saya pernah diancam mau dibunuh ketika saya menasehatinnya
    4. sebagai seorang islam, istri saya tdk mau saya ajak sholat berjamaah
    5. saya pernah dipukul sampai mulut saya robek
    6. tanggal 18 agustus 2010 meninggalkan saya/pergi dari rumah tanpa sepengetahuan saya ketika saya dinas. dia pergi membawa harta benda.
    7. ketika pergi meninggalkan rumah anak saya berumur 1,5th.
    8. istri saya sering mengucapkan "ceraikan saya" saya menyesal menikah denganmu.
    kemudian saya penuhi proses perceraian dan mendapat ijin dari pimpinan.
    pertanyaannya: bisakah saya mengajukan perceraian di PA tanpa kehadiran istri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, dinamakan proses sidang secara verstek [proses sidang tanpa pernah dihadiri oleh si trgugat], utk detailnya usahakan adakan prtemuan knsultasi dgn sy. sy bs dihub di 087878722282. Tks

      Hapus
  157. Salam Hormat Bapak Pengacara, izinkan saya bertanya. Famili saya (WNI) digugat cerai oleh suaminya(WNI). Saat ini ia dan suaminya berdomisili (menetap dan bekerja) di Australia, namun gugatan cerai ditujukan di Jakarta, kota asal istri (sesuai KTP), ia baru mengetahui gugatan cerai tersebut setelah terjadi beberapa kali persidangan, apakah gugatan cerai yang sedang berlangsung dipengadilan negeri indonesia dapat di cabut karena si istri, akan segera mengajukan gugatan cerai di luar negeri, dan apakah putusan cerai yang diterbitkan lembaga berwenang di luar negeri atas perkawinan yang tercatat di indonesia itu juga diakui di Indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Bisa namun kalau mnikah nya di Indonesia maka proses cerainya pun di pengadilan Indonesia, kcuali di negara yg skarang itu praturannya sperti: prkawinan yg di Indonesia didaftar disana lalu cerai disana lalu dilaporkan ke KUA/ktr capil Indonesia;
      - Saran sy sbaiknya proses cerai nya di Indonesia.

      Hapus